Tahun politik datang, Indonesia semakin carut-marut. Banyak hal yang tiba-tiba menjadi sensitif, salah satunya pose jari ketika berfoto. Beberapa waktu lalu, sempat geger ketika Paspampres Jokowi mengubah pose seorang mahasiswa yang tengah membentuk tanda victory atau peace menjadi acungan jempol.

Masalah sensitivitas pose jari dalam berfoto juga ternyata menghampiri selebriti. Bukan hanya dikira mendukung paslon tertentu, tapi juga auto banjir kritikan dari netizen. Berikut ini selebriti siapa saja yang pernah mengalami protes gara-gara berpose, memang dunia ini semakin wedyan saja.

Ari Lasso, pose dua jari bersama Ahmad Dhani dan kawan-kawan Dewa 19

Kemarin, dunia maya dihebohkan dengan unggahan foto dalam twitter Fadli Zon. Di sana, tampak seorang Ari Lasso dikerumuni oleh anggota band Dewa 19 tengah mengacungkan pose dua jari. Unggahan Fadli Zon di twitter juga disertai caption, “kayaknya kenal,” dengan emoji tersenyum. Netizen pun ramai-ramai menyerbu akun instagram Ari Lasso dan menanyakan pilihannya.

Ari Lasso pose dua jari [sumber gambar]
Padahal, Ari Lasso tidak bermaksud mendeklarasikan dukungannya untuk paslon tertentu, tetapi foto-foto tersebut sudah terlanjur tersebar ke media sosial pendukung Prabowo-Sandi. Ketika ditanya, Ari Lasso menjawab guyone kenemenen—bercandanya kelewatan, sambil menyinggung Ahmad Dhani, dikutip dari news.detik.com.

Iqbaal Ramadhan, image polosnya segera terhapuskan

Sempat disinggung dalam ulasan berjudul 4 ‘Kenakalan’ Iqbaal Ramadhan, Bukti Bahwa Dirinya Hanya Manusia Biasa yang Tak Sempurna, pose foto Iqbaal saat bersama Joshua Suherman jadi sorotan. Kala itu, Joshua Suherman berpose finger heart ala idol K-Pop, tetapi Iqbaal Ramadhan malah mengeluarkan pose yang menurut sebagian orang, tidak senonoh.

Foto Iqbaal dengan Joshua Suherman [sumber gambar]
Netizen pun menyerang instagram Iqbaal setelah foto tersebut diunggah oleh Joshua Suherman. Iqbaal pun tidak mengklarifikasi apa-apa terkait dengan pose yang ia lakukan. Para penggemar pun mengaku kecewa, sebab selama ini Iqbaal dikenal sebagai artis yang cerdas, lugu, dan rajin beribadah.

Vidi Aldiano, dikaitkan deng Pilgbub tahun kemarin

Cukup kontroversial rupanya pose dua jari ini. Tak terjadi dalam Pilpres 2019, Vidi Aldiano juga harus memberikan klarifikasi usai bergaya dengan jarinya. Foto dengan Najwa Shihab, Vidi Aldiano tampak bergaya dengan 3 jari.

Vidi Aldiano pose tiga jari [sumber gambar]
Kala itu, Pilgub DKI Jakarta tahun 2017 memang memiliki tiga paslon. Namun, pada putaran kedua, hanya Ahok-Djarot dan Anies-Sandi saja yang bersaing. Vidi Aldiano sendiri mengungkapkan bahwa posenya tak menyinggung Pilgub sama sekali.

Tora Sudiro, meski sebuah video tetap bikin salah fokus

Tertangkap karena narkoba membuat Tora Sudiro benar-benar down pada tahun 2017 lalu. Banyak foto dan video dirinya beredar di media sosial saat berada di kantor polisi. Namun, hal yang bikin geger adalah Tora Sudiro tampak mengacungkan jari tengah ketika tengah ada konferensi pers mengenai penangkapan dirinya.

Tora Sudiro pose jari tengah [sumber gambar]
Hal tersebut membuat Tora Sudiro akhirnya buka suara. “Kalau saya, sih, enggak akan mungkin melakukan hal itu dalam keadaan yang down. Serebel-rebelnya saya, saya enggak akan lakukan hal itu. Lagipula dari awal saya diambil di rumah, polisi baik-baik, sopan,” ungkap Tora dikutip dari suara.com.

Fatin Shidqia, pose bak idol K-Pop malah dikira kampanye

Sama seperti Ari Lasso, Fatin Shidqia pun mendapat perlakuan serupa dari netizen. Bedanya, kejadian yang mengalami pemenang X Factor Indonesia ini terjadi saat Pilpres tahun 2014. Ia yang reflek bergaya victory atau peace disebut mendukung Paslon nomor dua.

Fatin Shidqia pose dua jari [sumber gambar]
Ketika dikonfirmasi, Fatin menyebut posenya tidak berkaitan sama sekali dengan Pilpres dan paslon tertentu. “Jagoan sudah ada. Pokonya jujur, tegas, baik, pintar, dan merakyat. Aku sudah cari tahu dan tanya orang terdekatku soal dia, jadi aku yakin,” jawab Fatin ketika ditanya soal pilihannya di Pilpres tahun 2014, dikutip dari palembang.tribunnews.com.

Annisa Pohan, unggah foto orang lain, sih, tapi disemprotnya sama saja

Berbeda dari Ari Lasso, Vidi Aldiano, dan Fatin Shidqia yang dituduh berkampanye lewat pose jari, Annisa Pohan justru terang-terangan mendukung sang suami saat Pilgub DKI Jakarta tahun 2017. Kala itu, Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni memang mendapat nomor urut satu ketika pemilihan umum berlangsung.

Annisa Pohan pose satu jari [sumber gambar]
Annisa Pohan mengunggah foto idol K-Pop, pentolan dan leader grup Bigbang, G-Dragon ke dalam akun instagramnya. Tunjuk jari telunjukmu dan tunjukkan kalau kita satu…LOL, tulisnya dalam caption. Netizen, terutama fans G-Dragon pun geram karena foto idolanya digunakan sebagai alat kampanye.

BACA JUGA: Berkat 8 Foto Ini, Sophia Latjuba Dihujat Habis-habisan oleh Netizen

Kebebasan berpose pun kini kian dibatasi, terutama setiap 5 tahun sekali. Padahal, berpose dengan satu, dua, hingga lima jari bukan berarti seseorang mendukung Paslon tertentu, tapi hanya karena pengin berpose saja. Namun, dilansir dari artikel Kompas.com, pose dua jari atau biasa disebut victory sign tersebut dapat merugikan banyak orang, loh. Katanya, sidik jari seseorang lebih jelas terlihat ketika kalian berpose dengan jari membentuk huruf “v.”