Categories: Trending

5 Foto Paling Kontroversial Dan Misterius dalam Sejarah

Sejak mengenal teknologi kamera, manusia tidak henti-hentinya mengabadikan momen demi momen. Teknologi tersebut juga menjadi hal yang penting dalam dokumentasi sejarah. Banyak sekali pelajaran dan kesan yang bisa kita ambil dari sebuah kara fotografi.

Baca Juga : 5 Kenyataan Pahit Warga Indonesia Yang Tinggal di Perbatasan

Namun, tidak semua foto membicarakan apa yang kita inginkan. Beberapa foto justru menjadi kontroversial karena waktu dan momen pengambilannya yang kurang tepat. Berikut adalah lima foto paling kontroversial dalam sejarah.

1. Bersantai di Tengah Pengeboman

Ketika pengeboman 9/11 terjadi, seluruh dunia tampak berduka. Adegan pengeboman tersebut terjadi seperti di film action, begitu cepat dan mematikan. Ribuan orang kehilangan nyawa dan ratusan ribu lainnya kehilangan sanak famili.

Bersantai di Tengah Pengeboman (via)Listverse

Ketika kejadian tersebut sedang berlangsung, seorang fotografer Jerman berhasil mengabadikannya dari jarak jauh. Namun, dia juga mendapatkan sebuah foto yang penuh dengan paradoks. Sekelompok orang tampak duduk santai sambil memandang kejadian pemboman itu seperti layaknya pemandangan yang indah. Mereka tidak tampak panik atau ketakutan, justru duduk santai “menikmati” pemandangan yang ada.

2. Bocah yang Bersimbah Darah Orangtuanya

Foto ini diambil oleh seorang fotografer yang dinominasikan untuk penghargaan Pulitzer Prize, Chris Hondros. Pada 18 Januari 2005, Chris sedang berada di Iran untuk meliput perang. Ketika itulah dia mengambil foto seorang anak yang sedang bersimbah darah dari orangtuanya.

Bocah yang Bersimbah Darah Orangtuanya (via)Listverse

Orang tua dari anak ini dibunuh oleh para tentara Amerika Serikat yang curiga bahwa mereka tengah melakukan aksi bom bunuh diri. Anak tersebut menangis ketakutan dan tepat saat itu kamera Chris mengabadikannya. Sejak itu tentara Amerka Serikat memberlakukan peraturan yang lebih ketat soal peliputan perang oleh para wartawan.

3. Model Belia

Foto ini adalah versi terpotong dari foto utuh yang diambil oleh fotografer Garry Gross. Pada tahun 1975 Gross memulai proyeknya yang berjudul “The Woman in Child”. Pada versi asli foto ini, Gross mengambil foto seorang gadis kecil berusia 10 tahun bernama Terry Shields dalam keadaan tanpa busana.

Model Belia (via)Listverse

Tidak hanya itu, sang gadis kecil itu juga melakukan pose menantang, lengkap dengan make up dan rambut yang ditata layaknya model profesional. Foto ini mendapat banyak sekali protes dari aktivis perlindungan anak. Foto ini juga dinilai terkait dengan pelanggaran undang-undang pornografi.

4. Sampul Album Girls Generation

Girls Generation adalah salah satu girlband dari Korea Selatan yang sangat populer. Mereka menuai kesuksesan internasional dan memiliki fans fanatik yang tersebar di seluruh dunia. Namun, ada sebuah kontroversi yang menyelimuti girlband beranggotakan 9 orang wanita cantik ini.

Sampul Album Girls Generation (via) Listverse

Pada sampul album mereka di tahun 2009 mereka memakai simbol-simbol yang sangat mirip dengan simbol Nazi. Mereka juga mengambil lokasi pemotretan di replika pesawat tempur Jepang yang pernah dipakai negara sakura untuk menggempur Korea pada masa Perang Dunia II. Pihak manajemen Girls Generation segera meminta maaf dan menarik sampul album ini dari peredaran.

5. Karikatur Nabi Muhammad

Nabi Muhammad adalah sosok pemimpin paling utama bagi umat Islam. Beliaulah yang menyebarkan agama Islam dan memberikan banyak teladan hidup bagi umatnya. Sosok Nabi Muhammad sangat dicintai oleh umatnya.

Kaligrafi Nabi Muhammad

Dalam peraturan Islam, sosok Muhammad tidak boleh digambar dalam bentuk apapun, baik karikatur, lukisan atau patung. Hal tersebut diberlakukan karena kekhawatiran untuk “menuhankan” Muhammad. Namun, beberapa media tetap nekat memuat karikatur Nabi Muhammad. Hal ini menuai kemarahan dari muslim di seluruh dunia.

Masih banyak lagi foto yang mengandung kontroversi yang beredar di antara kita. Oleh sebab itu kita harus pintar-pintar mengambil sudut pandang dari sebuah foto. Apalagi di era informatika dimana sebuah foto bisa tersebar ke seluruh dunia dalam hitungan detik.

Baca Juga : 5 Kisah Kulit Manusia Yang di Jadikan Barang Antik

Namun, apapun kontroversi yang ada dalam sebuah foto, kita harus tetap menyikapinya dengan kepala dingin. Kita tidak boleh terpancing dan terprovokasi oleh sebuah foto. Karena melihat dengan mata tanpa menggunakan hati dan pikiran tidaklah cukup. (HLH)

Share
Published by
Centralismo

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago