Categories: Trending

7 Festival Aneh dan Enggak Masuk Akal yang Hanya Terjadi di India!

India adalah negara yang memiliki budaya yang sangat unik. Tak ubahnya Indonesia, negara ini juga memiliki segudang suku bangsa yang berbeda setiap daerah. Hal ini mengakibatkan, adanya banyak upacara tradisional yang beragam. Bahkan rata-rata sangat aneh dan kadang enggak bisa kita nalar.

Baca Juga : 5 Pengumuman Kocak yang Hanya Ada di India

Negara yang terletak di Asia Selatan ini tak hanya dikenal karena aksi Bollywood-nya saja. Tapi juga karena keragaman budaya yang banyak dicari oleh turis dari mancanegara. Well, inilah tujuh festival aneh dan enggak masuk akal yang hanya terjadi di India saja!

1. Dahi Handi

Dahi Handi adalah sebuah festival yang  diadakan di negara bagian Maharashtra. Festival ini berada dalam rangkaian Janmashtami yang mengusung tema Legenda masa muda Dewa Khrisna. Saat kecil dewa berwujud manusia ini kerap sekali mencuri mentega dari guci-guci besar. Ia akan memecah guci itu lalu memakan isinya sampai kenyang.

Dalam Dahi Handi, akan ada banyak pria yang berkumpul di lapangan. Setiap kelompok terdiri dari banyak orang. Misinya adalah mengambil guci yang digantungkan lalu memecahnya. Konsepnya seperti panjat pinang, namun yang dipanjat adalah manusia. Setiap kelompok harus lihai membuat piramida manusia lalu mengambil guci yang digantung dan memecahkannya dengan tangan agar isinya berceceran ke bawah.

Ada hadiah uang dan juga mentega belimpah bagi pemenangnya!

2. Nag Panchami

Nag Panchami adalah sebuah festival yang dilakukan hampir di seluruh India. Orang di sana merayakan festival ini sekitar bulan Agustus, atau tepatnya di hari kelima bulan Srava kalender Hindu. Pada bulan ini orang India wajib memberikan persembahan kepada dewa ular yang akan memberikan keberkahan berupa ilmu.

Nag Panchami [image source]
Dalam festival ini, keluarga-keluarga di India akan menyiramkan susu di kepala ular kobra secara bergantian. Dengan begitu mereka tidak akan mendapatkan kesialan berupa gigitan ular dalam setahun ke depan. Festival ini telah ada di India sejak ribuan tahun dan masih bertahan hingga sekarang.

3. Lathmar Holi

Lathamar Holi adalah sebuah festival yang terjadi di bagian Uttar Pradesh, India. Dalam festival yang terjadi setahun sekali ini, beberapa wanita dalam kelompok berkumpul sambil membawa kayu. Lalu para pria akan membawa pelindung. Saat festival dimulai para wanita akan datang dan memukulkan kayu ke tubuh pria yang secara spontan akan menangkisnya.

Festival ini diselenggarakan saat Dussher di kuil Devagargattu. Festival ini mengikuti legenda Dewa Siwa yang bertarung melawan raksasa. Orang akan saling pukul hingga menghasilkan luka serta pendarahan pada malam hari. Well, don’t try this at home, ya! Nanti malah dikira KDRT.

4. Thimithi

Timithi diselenggarakan pada bulan Oktober dan November di India, tepatnya di bagian Tamil Nadu. Dalam festival ini, banyak orang akan berjalan di atas bara api secara bergantian. Festival ini untuk memperingati dan menghormati tokoh hebat Drupadi yang merupakan istri dari Pandawa.

Thimithi [image source]
Pria, wanita akan bergantian menginjak bara api yang sangat panas. Anehnya dari banyak peserta, tak ada satu pun yang kakinya jadi melepuh. Hal ini diyakini karena ada pertolongan dari Dewa Khrisna yang juga menolong Drupadi saat berjalan di atas bara api.

Baca Juga : Lima Hal Unik yang Hanya Ada di India

5. Jallikattu

Jallikattu adalah sebuah festival yang berlangsung di Madya Pradesh dan Maharashtra, India. Biasanya bergabung dengan Govardhan, dan diikuti dengan Diwali. Dalam festival ini, para pria akan dibiarkan tidur di lapangan. Lalu sapi yang telah didandani disuruh atau dituntun untuk menginjak pria yang tengkurap di tanah.

Diinjak Sapi [image source]
Injakan dari sapi ini dianggap berkah oleh banyak orang. Semakin kuat injakannya maka tahun depan akan banyak rejeki yang datang. Dalam festival ini tak jarang banyak terjadi insiden yang cukup parah. Itulah mengapa sejak tahun 2014 pemerintah India kerap melakukan pelarangan. Namun pada kenyataannya festival ini masih dilakukan.

6. Thaipoosam

Thaipoosam adalah sebuah festival yang banyak dilakukan di India bagian selatan. Festival ini dilakukan untuk memberi penghormatan kepada Dewa Kartikeya yang berhasil membunuh iblis bernama Surapadman. Ia melakukannya dengan tombak yang diberikan oleh Dewi Parwati.

Thaipoosam [image source]
Dalam festival, banyak orang akan menindik tubuhnya. Entah dengan jarum atau benda tajam lainnya. Beberapa orang rela digantung di tiang dengan tubuh ditancapi jarum. Lalu beberapa wanita juga menancapkan jarum ke pipinya. Ngeri sekali bukan? Meski demikian setiap tahun festival ini tak berhenti dilakukan, bahkan kian ramai.

7. Mourning of Muharram

Meski dikenal sebagai negara Hindu, beberapa bagian dari India juga masih terdapat komunitas muslim. Malam sebelum datangnya tahun baru Islam, atau bulan Muharram, banyak dari para komunitas melakukan ritual yang bisa dibilang agak ngeri. Pasalnya mereka akan melukai dirinya sendiri hingga berdarah-darah.

Mourning of Muharram [image source]
Banyak dari peserta festival yang mengaku tak merasakan sakit sama sekali. Bahkan mereka justru merasa bahagia. Darah yang keluar ibarat dosa yang hilang. Dengan begitu, mereka bisa menyambut tahun baru dengan lebih bersih dan terlepas dari segala dosa.

Baca Juga : 7 Fakta Tentang India yang Harus Anda Tahu

Sebagian besar dari festival dilakukan berdasarkan tradisi. Namun jika tradisi ini justru melukai orang atau pelakunya juga miris sekali. Namun apa yang mereka lakukan adalah cara terbaik untuk merayakan sesuatu. Dan kita akan susah menemukan makna yang terkandung di dalamnya!

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago