Categories: Trending

Menjelajahi Feng Du, Kota Arwah di Tiongkok yang Dipercaya Menjadi Jalan Masuk ke Neraka

Selama ini kita hanya mengenal Jepang sebagai negara yang banyak menyimpan tempat unik dan aneh. Di sana kita bisa menemukan banyak kuil dengan desain dan cerita yang kadang tidak masuk akal. Selain Jepang, Tiongkok juga memiliki tempat unik yang salah satunya bernama Feng Du atau sering dijuluki kota arwah atau kota setan.

Kota ini ada sejak abad ke-2 sebelum masehi. Semua bangunannya memiliki arsitektur kuno dengan patung atau diorama yang lengkap. Saat ini kawasan Feng Du digunakan sebagai tempat wisata yang menarik banyak orang untuk datang. Terlebih, sebuah mitos mengatakan bahwa kota ini digunakan sebagai pintu menuju neraka. Yuk, coba kita jelajahi seperti apa kota yang agak ngeri ini.

Lokasi Kota Arwah Feng Du

Feng Du atau sering dijuluki sebagai kota arwah atau kota hantu ini berlokasi di sebuah gunung bernama Ming. Di gunung yang tidak terlalu tinggi ini berdirilah bangunan yang memiliki arsitektur cukup unik. Apa yang ada di sini merupakan gabungan antara Taoisme, Confusius, dan Buddha. Semua melebur menjadi satu menjadi kesatuan bangunan yang khas.

Lokasi Feng Du [image source]
Akses menuju Feng Du cukup mudah meski letaknya berada di pegunungan. Pemerintah Tiongkok sengaja membangun akses ke kawasan ini dengan baik. Siapa saja bisa datang ke kawasan ini dengan mudah untuk menyaksikan seperti apa kota arwah itu dan seperti apa wujud dari neraka yang akan dihuni oleh mereka yang memiliki kelakuan jahat ketika berada di bumi.

Sejarah Berdirinya Feng Du

Kawasan Feng Du tidak berdiri begitu saja tanpa alasan. Di masa lalu, pada masa dinasti Ming, dua orang dari kerajaan ini melakukan pertapaan di Gunung Ming. Mereka mempelajari Tao perlahan-lahan dan akhirnya jadi immortal alias tidak bisa mati. Mereka memperoleh keabadian hidup hingga akhirnya membangun kawasan ini sebagai pengingat agar manusia mau berbuat baik.

Patung Hantu [image source]
Nama Feng Du akhirnya digunakan untuk menamai bangunan yang perlahan-lahan dibangun. Awalnya di sini hanya ada beberapa kuil saja. Namun seiring berjalannya waktu atau saat Dinasti Tang berjalan kawasan ini dibangun menjadi semakin besar meski tidak menghilang tingkat kesakralannya.

Bangunan yang Ada di Feng Du

Bangunan yang ada di Feng Du jenisnya cukup banyak. Namun yang terlihat dengan jelas adalah kuil untuk melakukan sembahyang. Selain kuil, bangunan ini juga memiliki beberapa aula, patung, dan diorama yang ada di taman atau di depan bangunan kuil yang besar. Patung atau diorama ini mengambil tema neraka yang sesuai dengan kepercayaan Taoism.

Kawasan di dalam Feng Du [image source]
Di sana, pengunjung bisa menyaksikan patung yang melambangkan penyiksaan arwah ketika berada di neraka. Dewa yang bertugas mengeksekusi akan berada di belakang untuk memecut atau bahkan memenggal kepala. Semua siksaan yang ada di sini dianggap sebagai karma atau balasan yang setimpal bagi manusia yang kerap melakukan kejahatan.

Tes orang Baik dan Jahat di Feng Du

Pengunjung yang datang ke sini biasanya disarankan untuk melakukan tiga tes apakah mereka layak masuk neraka atau tidak. Tes ini dilakukan dengan menyeberangi sebuah jembatan yang tidak terlalu panjang. Seseorang yang konon melakukan kejahatan akan jauh ke kolam air yang ada di bawahnya.

jembatan Uji Coba [image source]
Tes kedua dilakukan dengan melewati patung yang menceritakan penyiksaan-penyiksaan. Seorang yang konon cocok masuk neraka akan mendadak ketakutan. Terakhir di Istana Tianzi di mana di depannya terdapat sebuah batu. Untuk mengetes apakah mereka baik atau jahat pengunjung bisa naik ke batu. Kalau dalam tiga menit tidak jatuh berarti tidak pantas dimasukkan ke neraka.

BACA JUGA: Serem, Begini Loh Asal-usul Munculnya Hantu yang Ada di Pelosok Indonesia

Inilah sekilas tentang Feng Du yang mendapatkan julukan sebagai kota arwah. Di tempat ini, pengunjung bisa mendatangi diorama tentang neraka yang mengerikan. Oh ya, beberapa bagian dari Feng Du konon memang jalan ke neraka. Namun, hanya orang yang benar-benar masuk ke sana yang bisa melihatnya. Berani datang ke sini?

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago