Categories: Trending

5 Fakta Unik Macedonia, Mantan Negara Penguasa Dunia yang Kini Hanya Selebar Jawa Tengah

Hari ini tak banyak orang yang begitu tahu tentang Macedonia. Masuk akal memang, karena negara ini sangat kecil jika dibandingkan dengan negeri-negeri Eropa lainnya. Ya, dengan luas hanya sekitar 25 ribu kilometer, mayoritas orang pasti melewatkannya ketika membaca peta. Ironis sebenarnya apalagi jika ingat masa lalu negara ini yang benar-benar jemawa di dunia.

Ya, mereka dulu adalah salah satu kerajaan paling hebat di muka Bumi. Mereka menguasai wilayah yang sangat luas meliputi Yunani memanjang hingga persia dan India. Namun, kini cerita hebat mereka sudah usai dan berganti sebagai Macedonia yang kita tahu sekarang. Meskipun tidak lagi jumawa, namun negara ini tetap tak bisa diacuhkan sebagai salah satu destinasi oke dunia.

Ada begitu banyak hal unik yang bisa kita jumpai di negerinya Alexander The Great ini. Mulai dari tempat sampai kejadian-kejadian mencengangkan yang pernah terjadi di sana. Apa saja hal tersebut? Simak ulasannya berikut.

1. Macedonia Punya Salib Terbesar di Dunia

Setiap negara pasti punya landmarknya sendiri. India dengan Taj Mahal-nya, Malaysia dengan Petronas dan sebagainya. Macedonia pun juga punya bangunan landmark seperti ini. Bentuknya sendiri adalah salib alias cross. Tentu bukan salib biasa lantaran ukurannya yang benar-benar besar.

Millenuim Cross [Image Source]
Bernama Millenium, salib ini punya tinggi hingga 66 meter. Dengan tinggi seperti ini, Millenium pun digelari sebagai cross paling tinggi di dunia. Soal bangunan ini, sepertinya masih belum banyak orang yang tahu.

2. Salah Satu Negara di dunia yang Tak Punya Pantai

Pantai adalah satu obyek wisata yang bisa dibilang penting. Sayangnya, Macedonia tak memilikinya. Ya, jadi jika kamu ke sana dan mencari pantai, maka pihak agensi travel akan menertawaimu. Macedonia secara geografis memang tak memiliki pantai. Mereka berbatas darat dengan negara-negara di sekitarnya seperti Yunani dan Albania.

Peta Macedonia [Image Source]
Meskipun pantai tak punya, Macedonia memiliki banyak sekali bukit-bukit yang indah. Uniknya lagi, saking banyaknya bukit yang ada di sana, tak semuanya pernah dijejaki oleh manusia. Bisa tuh kita ke sana kemudian memberi nama puncaknya.

3. Macedonia Pemilik Danau Paling Dalam Se-Eropa

Danau Ohrid adalah salah satu yang paling dicari para traveler ketika mereka menginjakkan kaki di Macedonia. Alasan kenapa danau ini begitu populer karena ia menampilkan pemandangan yang luar biasa. Lansekap danau yang luas dipadu dengan bukit-bukit yang indah.

Danau Ohrid [Image Source]
Tak hanya pemandangan, alasan kenapa banyak orang ke sini adalah ingin tahu satu hal. Ya, membuktikan kedalaman Danau Ohrid. Dikatakan jika Ohrid adalah salah satu danau paling dalam di Eropa. Akan jadi pengalaman sendiri jika bisa melihat kedalaman danau ini secara langsung.

4. Pengangguran di Macedonia Lebih Parah daripada Indonesia

Dari alam kita beralih ranah sosial. Soal pengangguran misalnya, ternyata Macedonia adalah salah satu pemilik penduduk nganggur terbanyak. Kalau dilihat dari statistiknya, jumlah orang-orang Macedonia yang nganggur begitu banyak, bahkan sampai 55 persen dari total populasinya.

Pengangguran di Macedonia [Image Source]
Ngerinya lagi dari prosentase pengangguran itu, rata-rata masih berusia sangat produktif yakni antara 15 sampai 24 tahun. Fakta ini menjadikan Macedonia salah satu negara paling banyak pengangguran di Eropa.

5. Macedonia Pernah Mengalami Kiamat Kecil

Meskipun terkesan adem ayem lantaran jarang pemberitaan, Macedonia ternyata pernah mengalami kejadian besar yang sangat diingat oleh warganya hingga hari ini. Ya, kejadian ini adalah tentang gempa yang terjadi di Skopje, ibukota Macedonia.

Gempa Skopje [Image Source]
Di tahun 1963, kota ini diguncang oleh gempa dengan kekuatan 6,1 SR. Gempa ini pun langsung membuat Skopje kolaps. Sekitar 1.000 orang tewas seketika, 4.000 orang terluka serta 200 ribu orang kehilangan tempat tinggal. Yang paling parah, gempa ini menghancurkan sekitar 80 persen Skopje. Ngeri!

Nasib Macedonia ini kurang lebih sama seperti Mongolia. Ya, dua negara ini dulunya adalah penakluk dunia, namun hari ini kejemawaannya hanya tinggal cerita. Ditambah lagi wilayah Macedonia yang hanya seuplik kalau dibandingkan zaman Alexander dulu. Terlepas dari kisah kejayaan mereka di masa lalu, Macedonia tetap jadi salah satu negara yang layak untuk dikunjungi karena keindahannya.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago