Tips

5 Fakta Hepatitis Misterius, Penyakit Meresahkan yang Muncul Saat Covid-19 Mulai Terkendali

Baru saja pandemi Corona mereda, muncul penyakit baru yang mengkhawatirkan. Kasus penyakit hepatitis yang belum diketahui penyebabnya ini, sudah menjangkiti lebih dari 400 anak di berbagai negara. Di Indonesia, kasus hepatitis akut menyebabkan enam anak meninggal dunia dari 15 anak yang terjangkit.

Penyebaran virus itu terjadi di sejumlah provinsi di Indonesia, yakni Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kepulauan Bangka Belitung, hingga DKI Jakarta. Adenovirus diduga menjadi faktor penyebab infeksi hepatitis. Namun belakangan dugaan itu mulai diragukan, lantaran tak semua kasus dinyatakan positif infeksi adenovirus. Berikut beberapa fakta kasus hepatitis misterius yang dikutip dari berbagai sumber.

Kasus hepatitis misterius pertama kali dilaporkan dari Inggris Raya

Hepatitis misterius serang anak-anak [sumber gambar]
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan kasus hepatitis misterius pertama kali terjadi di Inggris Raya. Sebanyak 10 anak-anak mengidap hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya. Pada Jumat (8/4/2022), dilakukan penyelidikan lebih lanjut dan ditemukan 74 kasus di Inggris Raya. Bahkan, enam anak telah menjalani transplantasi hati. Namun hingga 11 April 2022, belum ditemukan kasus kematian akibat hepatitis tersebut. Kemudian mulai dari 21 April hingga Mei, kasus hepatitis misterius mulai bermunculan di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Muncul gejala mual, demam, hingga pingsan

Gejala hepatitis misterius [sumber gambar]
Pasien hepatitis akut mengeluhkan beberapa gejala, di antaranya gatal, kulit menguning, feses pucat, dan urine berwarna gelap. Gejala lainnya adalah nyeri atau pegal di sekujur badan yang disertai nyeri perut, mual, demam tinggi, dan muntah. Pasien juga mengalami diare, kejang, lesu, dan kehilangan nafsu makan. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta agar segera ke dokter saat mengalami gejala tersebut.

Jangkiti anak-anak dan orang dewasa

Virus hepatitis bisa jangkiti orang dewasa [sumber gambar]
Meski banyak kasus hepatitis menyerang anak-anak, penyakit ini juga dapat menjangkiti orang dewasa. Pasalnya, salah satu pasien berusia 16 tahun yang sudah memasuki usia remaja. Penularan hepatitis bergantung pada jenisnya. Hepatitis A menular lewat oral. Sedangkan hepatitis B dan C dapat menular lewat seks, jarum suntik yang tidak steril, dan kontak darah.

Menular dari makanan yang masuk ke mulut

Hepatitis menular lewat makanan [sumber gambar]
Budi juga mengatakan, virus hepatitis misterius yang pertama kali ditemukan menular melalui makanan yang masuk ke mulut. Sama halnya dengan penjelasan para dokter yang menyebut virus hepatitis bisa menular dari cairan tubuh. Dokter juga tak menutup kemungkinan jika hepatitis bisa menular lewat saluran napas, lantaran beberapa pasien mengalami gangguan di saluran pernapasan meski persentasenya kecil.

Cara mencegah penyakit hepatitis

Mencuci tangan untuk cegah hepatitis [sumber gambar]
Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) meminta agar orang tua mengikuti langkah-langkah pencegahan penyakit hepatitis dengan rajin mencuci tangan, membuang popok sekali pakai pada tempatnya, konsumsi minuman dan makanan yang matang dan bersih. Orang dewasa juga harus melakukan pencegahan dengan menghindari seks bebas dan tidak menggunakan alat makan yang sama agar tak tertular lewat air liur.

BACA JUGA: Belum Usai Dihajar Covid-19, Muncul Penyakit Baru Bernama Hantavirus yang Tak Kalah Mematikan

Kasus hepatitis yang terus bermunculan, membuat masyarakat takut virus ini akan menjadi pandemi baru. Namun, Juru Bicara Kementrian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi menegaskan penyakit hepatitis misterius ini tidak berpeluang menjadi pandemi. Kebiasaan hidup bersih dan menjaga kesehatan saat Covid-19 menurunkan risiko hepatitis menjadi pandemi.

Share
Published by
F A Agustina

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

2 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

3 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

3 weeks ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

4 weeks ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

4 weeks ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago