Categories: Tips

5 Fakta Gempa Nepal Yang Akan Menggetarkan Nuranimu

Gempa Nepal tak hanya mengguncang negara terletak di Pegunungan Himalaya tersebut, namun juga membuat seluruh dunia kembali mengucapkan doa mereka untuk para korban. Bagaimana tidak? Gempa berkekuatan hampir 8 S.R itu meluluhlantakkan negara dengan banyak tempat eksotis tersebut.

Baca Juga : Inilah Wajah Nepal Sebelum dan Setelah di Guncang Gempa

Nepal yang cantik, seketika ‘menangis’. Banyak korban meninggal, orang hilang dan bangunan yang runtuh menjadi puing-puing. Beberapa fakta berikut ini akan menjelaskan bagaimana ngeri dan traumatisnya bencana alam yang tak terhindarkan tersebut.

1. Kolam Renang Seperti Bak Mandi Bergoyang

Dalam sebuah video yang mengumpulkan rekaman amatir detik-detik mengerikan gempa di Nepal. Anda akan melihat beberapa rekaman CCTV yang mampu membuat bulu roma berdiri. Bagaimana ketika kekuatan alam berbicara dan tak ada yang bisa manusia lakukan selain menyelamatkan diri serta keluarga.

Video Detik-Detik Mengerikan Gempa Nepal Terekam Kamera dan CCTV via Youtube

Kolam renang yang tenang, seketika bagai bak yang digoyang hebat sehingga air meluber seperti ombak ke seluruh penjuru bibir kolam. Bangunan megah luluh lantak, hingga tak ada orang yang berani menyinggahi bangunan yang masih berdiri. Karena bangunan itu sudah rapuh dan siap roboh.

Suasana masih mencekam pasca kejadian. Banyak orang hilang, terluka dan saling membantu satu sama lain. Ada juga yang menangis karena takut dan kehilangan.

2. Gunung Everestpun Longsor

Everest, gunung tertinggi dunia yang sering menjadi puncak pendakian idaman banyak orang, hari itu ikut ‘tunduk’ pada bumi yang menopangnya. Gempa yang begitu dahsyat membuat beberapa bagian dari Everest longsor.

Ketika Everest pun terguncang oleh gempa via Sindonews

Di saat yang bersamaan, beberapa pendaki sedang ada di sana. Banyak korban yang sedang mendirikan tenda atau mendaki di sana. Sementara longsor ini menyebabkan tumpukan salju yang menimpa dan menimbun tenda, pepohonan hingga para korban. Salah satu nama yang masuk dalam daftar korban di Mount Everest adalah Pejabat Eksekutif Google, Sebastian Lovera (22).

Longsoran salju menimbun korban dan tenda pendaki via Viva

Evakuasi yang dilakukan masih sedikit sulit. Tumpukan salju sama sulitnya dengan tumpukan puing bangunan di perkotaan yang agak menghambat pencarian.

3. 2.500 Orang Meninggal dan Masih Banyak Yang Hilang

Beberapa jam saja lepas dari momen gempa bumi tersebut, kabar mengenai korban dan orang hilang makin banyak setiap jamnya. Pada Minggu (26/4) dini hari waktu Indonesia, korban meninggal dinyatakan sejumlah 1.134 orang. Jumlah ini bertambah dari waktu ke waktu, pun dengan jumlah orang yang dinyatakan hilang.

Korban tak hanya berasal dari Nepal, namun juga turis dan pendatang yang ada di sana. Hingga Minggu (26/4) malam, korban meninggal mencapai 2.500 jiwa. Belasan orang dikabarkan hilang, termasuk 8 WNI yang belum diketemukan.

Pasangan muda asal Indonesia, baru sebulan menikah dan tengah berbulan madu di Nepal via Liputan6

2 korban meninggal merupakan WNI asal Bandung. Kadek Andana (26) dan Alma Parahita (32), baru menikah sebulan yang lalu. Mereka pergi ke Nepal untuk melakukan pendakian di Everest sebagai acara bulan madu ala sepasang pecinta alam. Namun sayang, maut menjemput pasangan muda ini. Keluarga Kadek menyampaikan pada media via telepon, bahwa beliau ikhlaskan kepergian anak-anaknya ini, karena bencana alam datangnya dari kehendak Yang Kuasa.

4. Gempa Sudah Diprediksi?

Ternyata, gempa Nepal sudah diprediksi sekitar sepekan yang lalu. Sekitar 50 orang ahli gempa didatangkan ke Nepal dalam rangka mengantisipasi kemungkinan akan dampak gempa tersebut.

Korban mencapai 2.500 jiwa via Dailymail

Yang menjadi kesulitan bagi para ahli ini adalah menemukan area yang akan menjadi lokasi gempa dan perkiraan waktu terjadinya gempa ini. Namun manusia hanyalah manusia. Setingginya ilmu yang dimiliki, ada kalanya bencana menjadi tak terhindarkan.

Relawan membantu korban di Nepal via Time

Kepala Ilmu Bumi Universitas Cambridge, James Jackson, menambahkan bahwa bencana ini semakin diperparah dengan konstruksi bangunan Nepal yang sangat mengerikan. Kebanyakan bangunan di sana memang kelihatan besar, tapi tergolong rapuh. Karena bangunan itu diturunkan dari orang tua ke anak cucu sehingga seringkali tak dipugar atau dikokohkan.

Konstruksi bangunan memicu efek gempa via Independent

Ketika bencana semacam ini datang, konstruksi bangunan ini lebih banyak membunuh korban dibandingkan gempa itu sendiri. Itulah mengapa banyak bangunan besar ditemukan dalam bentuk puing setelah kejadian gempa bumi yang dahsyat ini.

5. Nepal Masih Rawan Gempa

Laurent Bollinger dari lembaga penelitian CEA, Prancis menyampaikan bahwa masih ada kemungkinan gempa kuat yang mengguncang Nepal. “Perhitungan pendahuluan mengisyaratkan gempa hari Sabtu dengan kekuatan 7,8 kemungkinan tidak cukup besar untuk mengangkat pecahan sampai ke permukaan bumi, jadi masih ada kemungkinan lebih banyak gaya yang tersimpan, dan kita kemungkinan akan mengalami gempa besar lagi ke arah barat dan timur dari gempa yang sekarang dalam puluhan tahun ke depan,” ujarnya seperti disampaikan pada BBC.

Perkiraan patahan menurut Bollinger via BBC

Saat ini, banyak negara yang menawarkan bantuan pada Nepal. Bencana alam memang kejadian yang sekalipun bisa diprediksi, efeknya kerap kali tak terkira. Saat ini doa, dukungan moril dan materiil sangat dibutuhkan di sana. Mengingat begitu banyak korban yang sampai tidak bisa lagi ditampung di rumah sakit setempat.

Stay strong Nepal via Facebook

Saat seperti ini, jiwa kemanusiaan kita diuji. Mari kita bantu memberian doa dan dukungan bagi saudara kita sesama manusia yang ada di sana. Meski jauh, tak ada salahnya membantu, meski hanya untaian doa dan dukungan itu. #PrayForNepal

Baca Juga : 7 Gempa Bumi Paling Mengguncang Sejagad

Share
Published by
Orchid

Recent Posts

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

2 months ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago