in

Inilah Sosok Doan van Hau, Pemain Timnas U-22 Vietnam yang Bikin Evan Dimas Cedera

Sosok Doan van Hau mendadak jadi sorotan netizen Indonesia, usai meriah juara setelah berhasil mengandaskan perlawanan skuad Garuda muda 3-0. Selain mencetak dua gol di menit ’40 dan ’73, pemain bernomor punggung 5 itu secara diam-diam ternyata menjadi penyebab cederanya Evan Dimas Darmono.

Kejadian yang luput dari pantauan wasit Mohammed Majed Alshamrani asal Arab Saudi itu, sempat terekam kamera yang memperlihatkan Doan menginjak kaki Evan Dimas. Alhasil, pemain Barito Putera tersebut ditarik ke luar lapangan dengan kondisi tertatih-tatih. Lantas, seperti apa sosok Doan van Hau yang kini jadi sorotan di Tanah Air?

Mempersembahkan sederet prestasi yang membuat dirinya dikenal publik Vietnam

Sosok muda yang memiliki prestasi di dunia sepak bola Vietnam [sumber gambar]
Doan van Hau mengawali karirnya sebagai pemain sepakbola di klub Hanoi FC pada usia 17 tahun, di mana ia saat itu dinobatkan menjadi salah satu pemain Vietnam termuda di liga Vietnam atau V League. Tercatat, pemuda kelahiran 19 April 1999 itu berhasil mempersembahkan Piala Super Vietnam pada 2018 bersama Hanoi FC. Sejak saat itu, figur Doan van Hau mulai diperhitungkan oleh publik Vietnam.

Pesepakbola muda yang bermain untuk klub SC Heerenveen di Liga Belanda

Memperkuat klub Eredivisie SC Heerenveen [sumber gambar]

Sekian lama membela Hanoi FC, Doan akhirnya berkesempatan mencicipi atmosfer pertandingan di benua Eropa, tepatnya Liga Belanda (Eredivisie). Dengan status sebagai pinjaman dari Hanoi FC dengan durasi selama setahun, ia resmi memperkuat klub Eredivisie SC Heerenveen pada 2 September 2019 dan bermain di posisi bek tengah.

Mencetak sejarah baru di debut pertamanya bersama Timnas Vietnam

Mencetak sejarah bersama Timnas Vietnam [sumber gambar]
Debutnya bersama timnas Vietnam terjadi pada saat Doan masih berusia 16 tahun. Saat itu, ia berlaga di Kejuaraan AFC U-19 2016 melawan Korea Utara. Pertandingan inilah yang membuat dirinya mencetak sejarah baru bagi Vietnam. Di mana Doan berhasil mencetak gol yang membuat skuad The Golden Star berhasil mengalahkan Korea Utara dengan skor 2-1.

Sarangkan dua gol di pertandingan final SEA GAMES 2019 melawan Indonesia

Saat bersua di partai Final SEA GAMES 2019 cabang sepakbola melawan Indonesia, pemain bernomor punggung 5 itu menyumbangkan dua gol di menit ’40 dan ’73. Torehan inilah yang akhirnya mengantarkan Vietnam menjadi juara dan berhak atas medali emas, setelah menutup pertandingan dengan hasil akhir 3-0.

Membuat Evan Dimas cedera dan kemudian meminta maaf

https://youtu.be/APQZM2rEeN4

Sayang, prestasinya itu kemudian banyak disorot lantaran tindakan tidak terpujinya terhadap pemain Indonesia, Evan Dimas. Kejadian yang terekam oleh kamera itu, memperlihatkan Doan sengaja menginjak kaki gelandang andalan Indonesia itu sehingga dirinya mengalami cedera. Tak ingin berlarut-larut, Doam pun menyampaikan permintaan maafnya.

“Di lapangan ada benturan, namun di luar lapangan kami punya hasrat yang sama terhadap sepak bola. Saya meminta maaf pada Dimas dan ini adalah pelajaran untuk saya,” ucap Doan van Hau dikutip dari Bongda.

BACA JUGA: Evan Dimas Sukses Dalam Debut Pertamanya

Meski telah meminta maaf pada Evan Dimas, banyak dari netizen di Indonesia yang merasa tidak menerima hal tersebut. Mereka pun melampiaskan kekesalannya dengan membanjiri akun Instagram dengan beragam hujatan. Gimana nih menurut pendapatmu Sahabat Boombastis?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

5 Fakta ‘Teror’ Kobra di Beberapa Daerah yang Bikin Masyarakat nggak Bisa Tidur

5 Hal Menarik dari Trailer Milea: Suara Dari Dilan, Fans Banjiri Momen Launchingnya