Trending

Lulusan STM, Dokter Baik Hati yang Nggak Pernah Patok Tarif di Desa Ini Ternyata Gadungan

Kasus dokter gadungan ternyata masih saja kerap terjadi. Entah publik yang kecolongan atau si dokter ‘gadungan’ yang  pandai mencitrai diri bak dokter sungguhan. Baru-baru ini, kota Mojokerto dikejutkan dengan ulah dokter gadungan yang nyatanya tidak menempuh sekolah kedokteran.

Tersangka bernama Catur Purwanto (38), berhasil menjalakan aksinya door to door yang tentu sangat dibutuhkan oleh msyarakat saat pandemi. Aksi dokter illegal Catur harus berakhir di tangan Polres Mojokerto. Seperti apa fakta-fakta tentang Catur ‘dokter gadungan’?

Dokter gadungan yang hanya lulus STM

Berbekal pengalaman bekerja di klinik kesehatan, Catur berani menjajal aksi nyata menjadi dokter gadungan. Padahal, ia hanyalah seorang lulusan STM jurusan Elektro dan tidak memiliki latar pendidikan nakes. Catur berhasil dibekuk Unitpidter Satreskrim Polres Mojokerto pada Selasa (3/8/2021), saat sedang menangani pasien di Desa Mojojajar, Kecamatan Kemlagi.

Catur (depan kaos hitam) di Satreskrim Polres Mojokerto diringkus bersama barang bukti [sumber gambar]
Saat diminta menunjukkan Surat Tanda Register (STR) dan Surat Izin Praktik (SIP) kedokteran maupun keperawatan, Catur tak dapat menunjukkannya. Catur sendiri telah memiliki seorang istri yang mengajar di sekolah madrasah dan dua anak yang masih berusia balita.

Berkedok dokter keliling

Catur tak bekerja sendiri, ia ditemani oleh seorang rekan atau asisten perempuan, yang oleh polisi hanya ditetapkan sebagai saksi. Modus aksi Catur adalah bekerja sebagai dokter keliling dari rumah ke rumah. Praktik tersebut telah dijalani sejak Januari 2021 dengan jumlah pasien yang diperkirakan mencapai puluhan orang.

Perlengkapan lengkap seperti dokter sungguhan [sumber gambar]
Bahkan, ia memiliki peralatan lengkap bak dokter sungguhan sepeti infus, obat cair, pil, injeksi, serta alat-alat kesehatan yang semuanya ia dapat dari apotek. Ia juga memiliki buku yang berisi jadwal kontrol para pasien. Kebanyakan ia melakukan praktik di wilayah utara Sungai Brantas. Namun, belum diketahui motif pada aksinya tersebut.

Melayani dengan setulus hati

Catur ternyata sudah mendapat tempat di hati masyarakat. Ia dikenal sebagai sosok yang tulus dan tak pernah mematok tarif. Ia hanya merinci harga untuk obatnya saja. Catur juga bekerja dengan penuh semangat, penuh motivasi, humoris, sehingga pasien senang. Catur memang bersalah di mata hukum, tapi sangat dicintai karena sisi kemanusiaannya.

Catur saat ditangkap oleh pihak berwajib [sumber gambar]
Salah satu pasien Catur yang merasa kehilangan adalah Basuki. Ia merupakan warga Desa Betro, Kecamatan Kemlagi, yang mengaku sudah empat kali dirawat Catur yang mengontrol bekas operasi infeksi ususnya tiap pagi dan sore. Di mata Basuki, Catur adalah sosok yang dapat diandalkan masyarakat karena dapat dipanggil sewaktu-waktu.

BACA JUGA: Dokter Gadungan Beraksi 15 Tahun Tanpa Ketahuan, Praktik di Kapal dan Kontrak Rp600 Juta

Catur memang dicintai pasiennya, tapi tindakannya tetaplah tak dibenarkan. Kini, Catur harus mendekam di penjara dengan dijerat Pasal 78 juncto pasal 73 ayat (2) UU Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran dengan hukuman paling lama lima tahun penjara dan denda paling banyak Rp150 juta.

Share
Published by
Dessy Humairoh

Recent Posts

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

2 months ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago