Inspirasi

Cerita 4 Ibu Rumah Tangga yang Sukses Bantu Suaminya Lantaran Berbisnis Online

Wanita karier atau IRT? Inilah problem besar yang sering sekali dihadapi oleh para Ibu Rumah Tangga masa kini. Bagaimana tidak, kerja full time di luar rumah dinyinyiri tetangga, kata mereka menelantarkan suami dan anak tak terurus, di rumah terus juga dibilang enggak kasian dengan suami yang pergi pagi pulang malam demi mencari nafkah. Bingung kan jadinya?

Sebenarnya, ada nih jalan tengah untuk masalah di atas, berbisnis online dari rumah. Dengan begitu, keluarga tetap terurus, Rupiah juga mengalir. Tetapi, tak sedikit pula yang kesusahan untuk memulainya. Yap, ibarat pepatah ‘getting started is the hardest thing’. Beda lagi kalau kamu ada di kubu yang setuju dengan ‘mulai aja dulu’ ala Tokopedia. Mungkin kisah keberhasilanmu tak akan jauh beda dengan para emak-emak yang sudah sukses besar ini, bisa banget dijadikan panutan.

Resign dari pekerjaan lama dan menjadi CEO HijUp

Kalian mungkin sering mendengar atau pernah membeli barang-barang di HijUp? Tapi, tidak semua orang tau kalau pemiliknya adalah seorang Ibu Rumah Tangga. Dialah Diajeng Lestari. Diajeng awalnya bekerja sebagai marketing researcher di sebuah perusahaan, tetapi karena tekad kuat untuk memulai bisnis sendiri, ia mulai merintis karier di bidang busana muslim.

Diajeng Lestari [Sumber gambar]
Besarnya minat masyarakat terhadap hijab, busana muslim kekinian memang sedang tumbuh subur di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Dengan konsep fashion mall, didirikan pada tahun 2011, hingga sekarang bisnisnya terus berkembang, di dalamnya tak hanya ada busana muslim saja, tetapi juga ada berbagai fashion perempuan. Kerjanya di mana? Ya, onlen-onlen dari rumah saja.

Bisnis sambil beramal ala Verayanti Wahidatur Rohma

Mematahkan stigma bahwa wanita hanya boleh di dapur, sumur, dan kasur, Verayanti Wahidatur Rohma berhasil menjadi satu dari banyak Ibu Rumah Tangga yang sukses berbisnis online. Awalnya ia hanya mitra pedagang produk kosmetik herbal biasa. Memanfaatkan platform seperti facebook, Verayati kemudian serius terjun ke dunia wirausaha. Ia mencoba menjadi distributor dengan memborong produk yang ia jual dalam jumlah besar. Bagaimana cara menjualnya?

Bisnis sukses ibu Verayanti [Sumber gambar]
Melalui laman medsosnya, Vera mengajak ibu-ibu lain untuk ikut bergabung, alhasil ia bisa menggaet banyak mangsa yang ingin ikut andil menjual produk itu demi punya penghasilan tambahan. Tak berhenti di situ, Vera membuat portal online bisniskita.net untuk memperluas jaringan kemitraan. Hingga sekarang, mitra bisnisnya tersebar di seluruh Indonesia. Dari Rupiah yang mengalir, Vera pun rutin menggalang kegiatan sosial membantu mereka yang membutuhkan.

Dulu berjualan door to door, sekarang punya banyak brand terkenal

Menjadi seorang sales yang berjualan dari satu pintu rumah ke rumah yang lain memang banyak menelan kepedihan. Begitulah yang dialami oleh Rizki Rahmadianti. Penolakan adalah hal yang hampir setiap hari ia alami. Capek dengan hal tersebut, ia mulai memanfaatkan internet dan bekerja dari rumah memasarkan hijab melalui Rumah Jilbab Ananda pada tahun 2007. Sukses memang butuh banyak pengorbanan.

Rizki Rahmadianti [Sumber gambar]
Setelah brand Rumah Jilbab Ananda terkenal, Rizki yang ingin membuatkan hak paten atas usahanya harus gigit jari, karena brand tersebut sudah dipakai oleh orang lain. tak mau berdebat, ia kemudian memulai usaha lagi dari nol dan membangun merk baru bernama Rhizani. Hebatnya, walaupun statusnya Ibu Rumah Tangga, Rizki sukses besar dan berhasil membuat berbagai nama lain dengan modal kuota internet dan kemauan saja.

Bisa kulakan dengan Mitra Tokopedia [Sumber gambar]
Saat sudah memulai bisnis, kamu tentu tak mau hal buruk terjadi pada bisnismu seperti Ibu Rizki, tiba-tiba brandnya udah diclaim orang lain. Tenang, kamu bisa belajar dari nol mengenai bagaimana cara, trik jitu, serta berbagai skill lain agar bisnis lancar. Di mana bisa belajarnya? Kalau kepo, kamu bisa kok join bersama kita di WA Belajar Bisnis ala Tokped. Kapan lagi mau belajar seru dari ahlinya, kan?

Cerita dari seorang owner Fabil Skincare, Tri Widayanti

Wanita yang dipanggil Mbak Tiwi ini sudah memulai bisnis sedari ia berstatus mahasiswa. Dulu, ia hanya sebagai distributor dan belum punya produk sendiri. Setelah menikah, tak hanya diam dan menunggu jatah uang bulanan dari suami, ia berinisiatif membangun bisnisnya sendiri. Melapak di berbagai media online, kini omset yang didapatnya sudah miliaran Rupiah. Owner Fabil Skincare ini tak hanya memasarkan produk saja, tetapi juga membangun jaringan Komunitas Emakpreneur Indonesia agar mereka –perempuan yang sudah berkeluarga – enggak hanya diam di rumah, tapi juga menghasilkan uang belanja.

Fabil skincare [Sumber gambar]
Kalau dulu, mungkin perjuangan Mbak Tiwi masih susah sebagai reseller, tapi sekarang sudah sangat mudah. Ada banyak sekali situs yang menawarkan kemudahan berbisnis, contoh paling mudah saja Mitra Tokopedia di mana kamu bisa jual beli grosir untuk nanti dijual kembali. Kenalan dapet, untung juga dapet, emak-emak sekarang mah udah diberi banyak kemudahan oleh internet, sayang kalau enggak dimanfaatkan.

BACA JUGA: Inilah 5 Jenis Bisnis Online yang Bisa Sukses Hanya dengan Modal Dengkul

Jangan mau kalah dengan anak muda yang berebut menguasai pasar bisnis, 4 sosok di atas adalah contoh nyata kalau kesuksesan itu memang milik siapapun yang gigih dan mau berusaha, Ibu Rumah Tangga yang sedang gendong anak sekalipun. Ah, tapi saya belum punya modal usaha nih, gimana dong? Udah, mulai aja dulu dengan join di grup Peluang Bisnis Tokopedia, siapa tau memang ada peluang yang mengantarmu kepada kesuksesan besar. Kuylah, ditunggu ya kehadirannya!

Share
Published by
Ayu

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

24 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago