Kesuksesan memang bisa datang kapan saja dan di mana pun. Asal ada niat dan kerja cerdas dalam mengusahakannya. Seperti sosok wanita yang bernama Verayanti Wahidatur Rohma ini. Berangkat dari latar belakang sebagai ibu rumah tangga, ia justru sukses mengembangkan bisnis sekaligus menjadikannya sebagai ladang amal. Kok bisa?

Rahasianya,ia ternyata tak hanya sekedar menjalankan roda usaha. Di balik itu, ada sebuah cita-cita mulia untuk memberdayakan kaum perempuan. Utamanya mereka yang berstatus sebagai ibu rumah tangga. Kini, Verayanti tak hanya berhasil mengembangkan bisnisnya. Ia juga dikenal sebagai pegiat filantropi alias berbagi sukses pada mereka yang membutuhkan. Dilansir dari republika.co.id, inilah cerita dari sosoknya tersebut.

Berawal dari produk kosmetik herbal

Menjadi seorang pebisnis memang sebuah pilihan hidup. Hal ini pun lantas dilakukan oleh Verayanti yang kala itu memilih untuk menjadi mitra dagang produsen kosmetik herbal. Dari sinilah, pilihannya itu dijadikan sebagai batu loncatan bai dirinya untuk masuk ke dunia wirausaha.

Ilustrasi produk kosmetik herbal [sumber gambar]
Sebuah pekerjaan yang cukup menguji nyali dan batin bagi seorang ibu rumah tangga seperti dirinya. Verayanti pun masuk dan mulai menekuni pekerjaan barunya itu.

Berani mencoba sesuatu yang baru

Dari awalnya yang hanya seorang pemasar biasa, Verayanti akhirnya memberanikan diri ‘naik tingkat’ menjadi distributor. Ia berani memilih hal tersebut karena melihat peluang pasarnya yang cukup potensial. Alhasil, Verayanti pun memborong produk kosmetik yang biasa dijualnya dalam jumlah besar. Selain menjadi distributor, ia juga tergerak mencari kemitraan dari kalangan ibu rumah tangga untuk membantu dari sisi pemasaran.

Ilustrasi jadi distributor [sumber gambar]
Sebab kalau saya carinya agen, bisa dikatakan saya mencari (mitra) yang sudah mapan. Saya ingin mengajak mereka yang belum memiliki banyak modal bahwa mereka juga bisa merintis sebuah usaha,” ujarnya yang dilansir dari republika.co.id.

Manfaatkan platform online untuk tawarkan bisnis

Dalam usahanya mencari mitra dagang, Verayanti memanfaatkan platform Facebook untuk menjaring peminat. Hasilnya ternyata cukup ampuh. Terlihat ada beberapa tanggapan dan respons, yang mayoritas datang dari kalangan ibu rumah tangga. Di antara mereka akhirnya ada yang menyatakn diri berminat untuk ikut bergabung dalam bisnisnya. Rata-rata alasan mereka karena ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Ilustrasi manfaatkan facebook untuk berbisnis [sumber gambar]
Jadi saya sebar info untuk mencari marketers (pemasar) via Facebook. Saya bilang, saya ingin membentuk sebuah tim (dagang),” katanya yang dilansir dari republika.co.id.

Bentuk komunitas untuk berbagi bisnis sekaligus pelatihan

Saat awal-awal kemitraan, peserta tidak dipungut biaya apa-apa alias gratis hingga akhir 2015. Pada kesempatan berikutnya, Verayanti mulai menerapkan sistem pendaftaran untuk menyaring calon mitra dagangnya. Tak berhenti di situ, ia juga membuat sebuah portal bisnis secara online bernama bisniskita.net untuk memperluas jaringan kemitraan. Dari sinilah ia mulai serius membimbing para mitranya dengan memberikan pelatihan.

Komunitas BisnisKita [sumber gambar]
Jadi saya mengajarkan mereka kiat-kiat berdagang, mengenal target pasar, mengenal tipe-tipe customer, cara memanfaatkan media sosial (untuk memasarkan barang), termasuk cara menyusun redaksional yang tepat agar orang tertarik membeli,” ujarnya yang dilansir dari republika.co.id.

Dari program bisnis, berlanjut menjadi aksi sosial

Para mitranya yang kini tersebar di seluruh wilayah Indonesia, telah memiliki kemampuan untuk berdagang secara online. Oleh Verayanti, mereka yang dianggap cakap dalam berjualan, diangkat menjadi leader. Tak hanya itu, ia juga mulai mendirikan sebuah aksi sosial yang dinamakan “Aksi Kita”.

Ilustrasi aksi sosial [sumber gambar]
Hal ini sejalan dengan keinginan Verayanti yang mendirikan sebuah bisnis dengan nilai ibadah di dalamnya. Mereka pun akhirnya sepakat menyisihkan 2,5 persen pendapatan yang diperoleh. Salah satunya diimplementasikan oleh Verayanti dengan cara berbagi nasi kotak pada tunawisma di sekitaran Kota Malang.

Sebab, para mitra ini jadi tidak sekadar berdagang. Tapi juga merangkap menjadi kurir sedekah bagi yang membutuhkan uluran tangan,” katanya.  yang dilansir dari republika.co.id.

Tak banyak sosok ibu rumah tangga yang bisa memadukan sebuah bisnis dengan aksi sosial. Seperti sosok Verayanti di atas, ia tak hanya mengejar materi semata. lebih dari itu, dirinya juga berjuang agar orang lain bisa menikmati kesuksesan yang sama. Hal ini sejalan dengan impian dari Verayanti sendiri. Bahwa manusia harus bermanfaat bagi sesamanya.