Dalam memulai bisnis biasanya ada dua hal yang paling dipikirkan kebanyakan orang. Pertama adalah jenis usahanya dan yang kedua yakni modal. Nah, di antara dua hal ini modal lah yang paling dianggap penting. Masuk akal memang, karena tanpa modal sebagai penggerak bisnis hanya akan jadi angan-angan. Tapi pemirsa, pemikiran konvensional seperti itu hendaknya kita singkirkan. Kenapa?

Faktanya, bisa lho bikin usaha dengan modal dengkul doang, atau paling nggak tak perlu keluar begitu banyak uang kita sudah bisa menjalankan sebuah bisnis. Ya, di zaman sekarang apa yang nggak mungkin sih? Bocah SMP saja bisa hack website NASA. Kembali soal bisnis, lalu jenis-jenis usaha apa sih yang bisa berjalan tanpa modal yang begitu banyak? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut.

Reseller, pedagang yang nggak punya dagangan

Reseller yang dimaksudkan di sini beda dengan tengkulak ya. Jadi, proses awal bisnisnya tidak dimulai dari membeli barang, tapi langsung jualan. Sederhananya, kita menjualkan barang dari supplier atau siapa pun dengan harga yang sedikit lebih tinggi. Nah, keuntungan yang kita ambil adalah selisih dari harga aslinya. Bisa dimengerti ya?

Ilustrasi reseller [Sumber Gambar]
E-commerce dan sosmed adalah senjata utamanya para reseller di zaman sekarang. Selain karena masyarakat sudah familiar dengan metode belanja online, usaha untuk kita promosi juga tidak terlalu susah. Hal yang diperlukan tinggal belajar bagaimana menampilkan barang dagangan serta keterangannya semenarik mungkin. Serta jangan lupa servis ramah dan responsif. Sudah banyak reseller yang sukses padahal mereka tak punya barang dagangan sendiri. Mantap ya bosque!

PPOB, bisnis yang dibutuhkan semua orang

Hal yang berhubungan dengan hajat hidup orang banyak selalu punya nilai bisnis. Termasuk salah satunya adalah kebutuhan masyarakat untuk membayar iuran-iuran rutin mereka. Yup, hal ini bisa jadi peluang bisnis menyenangkan lho dan memang tengah cukup populer belakangan. Bisnis ini bernama PPOB.

Bayar listrik lewat PPOB

Bentuk usahanya adalah dengan membuka loket pembayaran iuran rutin masyarakat, termasuk air dan listrik. Kamu mungkin bingung bagaimana caranya. Gampang kok, sekarang ini sudah banyak aplikasi yang memungkinkan hal tersebut. Salah satunya adalah Mitra Tokopedia. Melalui apps ini kamu bisa membuka usaha PPOB sendiri yang tak hanya melayani pembayaran listrik dan air, tapi juga pulsa, voucher, BPJS, dan lain sebagainya.

Bahkan nih, Mitra Tokopedia juga punya fitur grosir di mana kamu bisa membeli barang-barang kebutuhan secara online untuk dijual lagi. Oh iya, jika kamu tertarik lebih jauh dengan aplikasi ini, sudah ada lho grup WA nya di mana kamu bisa bertanya dan mendapatkan pencerahan. Silakan bergabung dengan grup “Belajar Bisnis ala Tokped” ini ya.

Konsultan sesuai ekspertismu

Bisnis konsultasi juga jadi jenis usaha yang bisa kamu buat dengan modal minim. Syaratnya tentu saja hanyalah kemampuan alias skill-mu. Misal nih, kamu jawara untuk urusan dapur, bisa tuh buka jasa konsultasi masak. Atau misalnya jago bikin kreasi unik, bisa juga bikin semacam kelas. Apa pun keahlianmu asal dibutuhkan, maka pasti bisa dijadikan bisnis konsultasi.

Ilustrasi bisnis konsultan [Sumber Gambar]
Sekarang bagaimana biar caranya lebih mudah dan murah? Hmmm, tentu saja pakai teknologi. Misal membuka konsultasinya via WA, atau bikin grup chat. Mekanismenya tinggal bayar saja bagi siapa yang ingin ikut. Agar lebih menarik kamu juga bisa tawarkan paket-paket khusus. Misalnya memasak dari dasar sampai jago dan semacamnya. Keahlian bisa jadi ladang duit jika kamu bisa melihat peluangnya.

Freelance alias pekerja lepas

Freelance adalah bisnis tanpa modal yang juga tengah digeluti banyak orang sekarang ini. Alasan kenapa begitu karena pekerjaan ini sangat fleksibel alias bisa dikerjakan kapan dan di mana saja, asal tidak melebihi deadline. Untuk urusan fee juga sangat beragam, bahkan kadang seseorang bisa punya gaji setara pegawai kantoran padahal ia hanyalah freelancer saja.

Ilustrasi freelance [Sumber Gambar]
Hal yang harus dipersiapkan di bisnis ini tentu dirimu sendiri sebagai modal utama serta kemampuan apa yang kamu miliki. Sekarang ada begitu banyak pekerjaan lepas yang ditawarkan. Mulai dari menulis, bikin grafis, sampai admin media sosial. Kunci untuk jadi freelancer sukses nggak banyak kok, hanya butuh memahami kebutuhan klien, memenuhi standar mereka, dan tepat waktu. Jika bisa memiliki ketiga hal itu, maka selain duit kamu bakal mendapatkan kepercayaan yang artinya bersiap-siaplah dengan banjir tawaran pekerjaan.

Jastip yang sedang marak

Jastip alias jasa titip juga jadi bisnis menggiurkan karena kemudahannya serta kebutuhan modal yang sedikit. Cara kerjanya simpel kok, kita menawarkan jasa membelikan kepada siapa yang menginginkan. Misal ada seseorang yang ingin beli barang di Surabaya sedangkan ia di Jakarta, kemudian kamu kebetulan tinggal di kota ini. Singkatnya, kita menawarkan untuk membelikan barang tersebut. Tentu dengan harga yang sedikit berbeda plus ongkir, karena dari situlah laba didapatkan.

Ilustrasi jastip [Sumber Gambar]
Belakangan banyak kok model bisnis murah seperti ini. Bahkan mekanismenya makin canggih karena melalui media sosial seperti Instagram. Lewat platform ini kita juga bisa bikin semacam open request sehingga calon pembeli bisa pesan macam-macam. Bisnis ini mungkin terlihat remeh, tapi banyak lho orang-orang yang per bulannya bisa menghasilkan belasan juta dari usaha ini.

Ada banyak peluang bisnis tanpa modal yang bisa dilakukan, asal kita jeli menangkap peluang dan memang dibutuhkan konsumen. Tentu jenis usaha minim modal tak hanya apa yang sudah disebutkan di atas, tapi masih banyak lagi. Kalau kamu pengen tahu apa saja, bisa nih bergabung dengan grup “Peluang Bisnis Tokopedia”. Di situ kamu bakal mendapatkan banyak inspirasi soal bisnis karena dibina oleh mereka yang sudah pakar. Ditunggu join-nya ya!