in

Juara AFF dan Lolos Piala Dunia, Kehebatan Vietnam Ini Buat Timnas Tidak Ada Apa-apanya

Menakar sepak bola Vietnam, tentu kata luar biasa agaknya bukanlah sesuatu yang berlebihan disematkan kepada mereka. Apalagi kalau kita melihat prestasinya beberapa tahun belakang, negara-negara besar sepak bola Asia Tenggara, macam Indonesia, bisa dikatakan tidaklah ada apa-apanya. Bahkan terlihat sepak bola di sana mulai menemui titik terang mengenai masa depan di olahraga ini.

Meski bukan yang spektakuler, namun cukuplah membuat negara ini kini dipandang lebih agung di sepak bola Asia Tenggara. Sedangkan, para fans tetangga sedikit dibuat iri dengan catatan emas tim tersebut. Apakah ini merupakan mukjizat atau kebetulan? Menurut pelatih mereka Park Hang Seo ada darah dan keringat menyertainya. Dan berikut Boombastis akan mengulas bagaimana hebatnya sepak bola Vietnam sekarang ini.

Tahun ini menjadi raja sepak bola Asia Tenggara

Sebagai negara yang sudah lama tidak mencicipi menjadi yang terbaik di AFF, kiprah Timnas Vietnam di ajang tersebut tahun ini memanglah mengejutkan. Seperti menjadi pelipur lara dari kegagalan juara Asian Games 2018 dan beberapa turnamen kelompok usia, mereka tampil menggila di kejuaraan termasyur Asia Tenggara tersebut.

Pemain Vietnam [Sumber Gambar]
Anak asuh Park Hang Seo mencatatkan rekor tidak pernah kalah dari babak awal sampai pamungkas. Alhasil, berkat performa itu mereka sukses menjadi juara di ajang tersebut. Gelar AFF 2018 menjadi kedua untuk mereka setelah sebelumnya tahun 2008 juga menjadi pemenangnya.

Sempat membawa nama Asia Tenggara ke Piala Dunia

Tidak berhenti di AFF saja, Timnas berjuluk The Golden Star juga sempat tembus Piala Dunia U-20. Ketika itu, mereka lolos ke ajang tersebut saat pagelarannya diadakan di Korea Selatan pada tahun 2017 lalu. Berada di grup E, negara biribukota Hanoi tergabung dengan Honduras, Selandia Baru dan Prancis.

Meski pulang dengan tangan hampa dengan hanya mengoleksi satu poin dari dua kekalahan satu hasil imbang, tapi apa yang dicatatkan tersebut merupakan prestasi besar. Apalagi melihat persaingan begitu ketat untuk lolos, tentu sampai di babak fase group seperti tetaplah sejarah yang hebat. Bahkan hingga berita ini dituliskan Indonesia masih bisa berharap meraihnya.

Sudah berprestasi di tingkat usia muda wilayah Asia

Selain beberapa hal tadi, prestasi di wilayah dunia lain yang juga sempat dicatatkan Vietnam adalah mampu lolos ke putaran babak kualifikasi Olmpiade Bejing tahun 2008. Masih, terkait prestasi, Januari bulan lalu mereka juga buat kejutan di Piala Asia U-23. Melansir laman BBC, negara tetangga kita tersebut mampu lolos ke partai puncak ajang tersebut.

Timnas Vietnam Piala Asia [Sumber Gambar]

Walaupun pada akhirnya juara kedua yang diraih, namun cukuplah membuktikan kalau negara ini tunjukkan progres yang luar biasa. Ketika itu gagalnya The Golden Star merengkuh trofi Piala Asia disebabkan oleh kekalahan 2-1 atas Uzbekistan di partai pamungkas yang digelar di di Stadion Guangzhou Sport Complex.

Cara Vietnam menjadi raja sepak bola

Apa yang ditorehkan oleh Vietnam tadi bukanlah akibat magic, seperti halnya Bandung Bondowoso membangun banyak candi dalam satu malam. Di balik kecemerlangan tersebut, ternyata ada sistem pengelolaan sepak bola yang baik. Dimulai dengan pembuatan pondasi pengembangan pemain usia muda yang meniru Jepang. Berkat hal itu menurut Fachri Husaini, Vietnam mempunyai gaya sepak bola jelas dari berbagai tingkat usia.

Latihan para pemain [Sumber Gambar]
Mereka juga menghadirkan fasilitas penunjang seperti lapangan sampai keperluan lain. Beberapa tim Eropa juga digait untuk lakukan kerjasama demi terciptanya SDM kompeten di olahraga ini. Berkaca dari hal tersebut bisa dibilang prestasi besar negara tetangga kita itu rupanya tidak hanya disebabkan oleh wartawan Vietnam yang baik saja.

BACA JUGA: Kesempurnaan Timnas Malaysia, Calon Kuat jadi Raja Sepak Bola Asia Tenggara

Melihat apa yang terjadi pada sepak bola Vietnam memang tidak bisa dipungkiri sangatlah luar biasa. Seperti halnya kuda mereka terlihat begitu kuat dan sangat cepat meninggalkan negara tetangga lain. Mungkin apa yang dilakukan oleh negara The Golden Stars bisa ditiru oleh negara kita agar bisa berprestasi.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Hati-hati! 4 Serangga Ini Bisa Membunuh Manusia Hanya dalam Hitungan Detik

Kisah Pria 21 Tahun yang Berhasil Ungkap Letak Harta Karun Legendaris Kekaisaran Tsar Rusia