Berbicara mengenai kiprah negara tetangga di cabang olahraga (cabor) sepak bola Asian Games 2018, Vietnam dan Malaysia bisa dibilang memiliki perjalanan yang hebat. Bahkan bila dibandingkan dengan Timnas Indonesia mereka juga sedikit lebih unggul. Berada di grup D dan E mereka pertontonkan kualitas permainan yang bagus, sehingga mampu mengalahkan Timnas negara besar Asia.

Kegemilangan tersebut kini memiliki dampak yang besar untuk kedua negara tersebut. Seperti meningkatkan kepercayaan diri tim dan membuktikan apabila Malaysia dan Vietnam menjadi kuda hitam yang berbahaya di Asian Games. Apakah kondisi tersebut adalah pertanda mereka akan juara? Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Dari pada berandai, mari kita lihat kembali bagaimana kehebatan kedua tim itu lewat ulasan berikut. Yuk Mari!

Malaysia menjungkal negara tangguh Korea Selatan di laga kedua Asian Games

Mungkin berita Malaysia mengalahkan Korea Selatan kini sudah tersebar seantero kawasan Asia. Namun lebih dari itu apa yang dicatatkan oleh para punggawa Harimau Malaya bukan hanya sekedar kemenangan semata. Mereka juga menciptakan sejarah yang belum tentu bisa terulang di laga berikutnya. Momen kemenangan ini, diciptakan kala mereka mampu mengalahkan Korsel dengan skor 2-1. Di pertandingan tersebut anak asuh Ogh Kim Swee ini, tidaklah mendominasi pertandingan, namun efektivitas dalam menyerang membuat mereka bisa unggul dahulu dengan gol. Sebelum akhirnya diperkecil oleh punggawa Korea Selatan. Hasil ini menjadi pertama setelah tahun1974.

Timnas Jepang harus pulang dengan kepala tertunduk oleh Vietnam

Negara tetangga kita lain yang ciptakan kejutan adalah Vietnam. Menghadapi salah satu raksasa di sepak bola Asia yakni Jepang, mereka mampu tampil perkasa dengan kemenangan manis 1-0. Kendati Jepang tidak bertanding dengan komposisi terbaik, namun laga kedua tim tetap berjalan seru. Hal ini lantaran mereka sama-sama ingin memuncaki klasemen grup. Namun memasuki tiga menit berjalan salah satu punggawa The Golden Stars, Nguyen Quang Hai sukses menciptakan gol. Lesatan yang pada akhirnya menjadi satu-satunya pada laga Asian Games 2018 tersebut. Vietnam menang dengan skor 1-0

Vietnam torehkan hasil sempurna selama babak penyisihan group D

Timnas Vietnam [Sumber Gambar]
Kemenangan di akhir pertandingan tadi, juga mencatatkan apabila mereka memperoleh hasil sempurna. Pasalnya sebelum menjamu Jepang, Vietnam sudah terlebih dahulu memperoleh hasil positif dengan menundukkan Nepal dan Pakistan. Hasil ini juga menjadi perolehan poin terbaik bila dibandingkan dengan Timnas negara tetangga lain yang mengikuti ajang di cabor sepak bola Asian Games 2018. Bahkan poin sembilan dari tiga laga tersebut juga sangat pantas untuk di labeli kategori sempurna.

Harimau Malaya langkahi Korea Selatan sebagai juara grup

Tim Harimau Malaya [Sumber Gambar]
Sebagai salah satu wakil Asia Tenggara, Malaysia bisa dibilang mengikuti jejak para tetangganya, macam Indonesia dan Vietnam yang sukses menjadi juara grup di Asian Games 2018 cabor sepak bola. Dua kemenangan awal yang hasilkan poin 6 menjadi penyebab Tim Harimau Malaya tersebut sukses memuncaki klasemen. Malahan Korea Selatan yang digadang-gadang jadi nomor satu di grup E, harus rela duduk di peringkat dua. Pencapaian bagus ini merupakan pengobatan dari beragam masalah yang ditemui mereka saat melakukan persiapan untuk event besar tersebut.

Goresan manis yang mereka catatkan adalah bukti bagaimana tidak hanya Indonesia saja yang mengalami perkembangan di olahraga ini. Negara-negara tetangga rupanya juga terus melangkah lebih baik. Apabila hal tersebut terus berada di jalur yang positif, maka sangat besar kemungkinan Timnas di kawasan Asia Tenggara juga diperhitungkan di jagad sepak bola.