in

Kisah Pria 21 Tahun yang Berhasil Ungkap Letak Harta Karun Legendaris Kekaisaran Tsar Rusia

Bukan Inggris saja yang hidup dalam gelimang harta yang tampaknya tak habis tujuh turunan, Rusia juga memiliki koleksi yang tak kalah membuat kita tercengang. Istana Kekaisaran Rusia adalah salah satu istana terkaya di Eropa. Berbagai macam jenis berlian, batu rubi, serta safir semua memberikan aura superior.

Sayangnya, ada banyak sekali hal misterius dan tak bisa dijelaskan dari harta kekaisaran Rusia di masa lalu. Pernah ada berita bahwa kapal yang mengangkut harta karun ditemukan di perairan Korea. atau seperti yang baru-baru ini dialami oleh seorang matematikawan muda berusia 21 tahun.

Harta karun berupa batangan emas [Sumber gambar]
Si jenius asal Siberia ini tak mau disebutkan namanya, sehingga semua media yang pernah mengangkat berita ini tidak memberikan identitas jelas mengenai dirinya. Bagaimana penemuan ini terjadi? Nah, berawal dari dipecahkannya kode rahasia yang konon sudah berusia 99 tahun. Ia menyebutkan bahwa tempat harta karun adalah sebuah terowongan yang berada di Irkustk.

Harta karun ini sudah disembunyikan tahun 1918 dan merupakan kepemilikan pasukan anti-Bolshevik saat mereka mundur dari Tentara Merah setelah Revolusi Rusia. Saat itu diperkirakan bahwa cadangan emas terbesar disimpan di kota Kazan, demi alasan untuk keamanan selama perang dunia ke II. Satu dekade setelahnya, pengadilan New York mendapat berita bahwa ada emas lain yang terkubur di dekat kota Kazan. Hal ini tentu membuat Kazan seperti ladang emas dan tempatnya harta karun. Jika ditotal secara keseluruhan, mungkin mencapai 400 triliun rupiah.

Terowongan lokasi penemuan harta karun [Sumber gambar]

Berita ini sontak saja membuat tempat itu sensasional dan bikin heboh. Ya, siapa juga yang enggak penasaran dengan harta karun yang paling melegenda sepanjang masa. Lalu apa saja barang berharga yang ditemukan di sana? Ia mengatakan harta itu berupa banyak batangan emas dengan lambang Romanov bersama dengan harta lainnya, seperti dilansir dari Grid.id.

Selain batangan emas, ada juga ‘mahkota yang pernah dipakai oleh kaisar Rusia terakhir’. Harta-harta yang berhasil ditemukan ini kemudian langsung dipindahkan ke Bank Sentral Rusia dalam beberapa jam saja setelah ditemukan.

Lokasi penyimpanan emas Rusia di Kazan pada tahun 1918 [Sumber gambar]
Uniknya, sebelumnya selama beberapa dekade para ahli gagal memahami kode-kode (instruksi) aneh yang  ditulis dalam bahasa Prancis, Rusia, dan Inggris. Sementara, sang matematikawan ini hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam memecahkan kode kompleks yang terdiri dari angka 1 dan 4 yang ada. Ternyata, pria ini memang seorang hacker loh, Sahabat. Ia juga sempat dicurigai oleh FBI sebagai orang di balik peretasan email Hillary Clinton.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Juara AFF dan Lolos Piala Dunia, Kehebatan Vietnam Ini Buat Timnas Tidak Ada Apa-apanya

Suicide Bag, Upaya Bunuh Diri Pakai Gas Helium yang Saat Ini Ramai Dibicarakan