Tips

4 Cara Ampuh Melegakan Kapasitas RAM Agar Androidmu Lebih Gesit, Dijamin Anti Lemot!

Kapasitas Random Access Memory (RAM) saat ini sudah jadi hal yang diutamakan pada saat kita mau membeli ponsel. Sebab, semakin besar daya tampung dari RAM, maka kinerja dari handphone akan lebih cepat. Berbeda lagi kalau RAM yang tersedia hanyalah 512 MB sampai 1 GB saja. Ponsel akan lebih lambat dan mudah eror ketika kita memaksakan untuk bekerja cepat.

Bagi Sahabat Boom yang kapasitas RAM-nya masih tergolong kecil, tenang aja. Tak perlu rogoh kocek dalam-dalam untuk beli ponsel baru. Cukup lakukan beberapa cara di bawah ini, dijamin kinerja ponsel kalian bisa menjadi lebih wuuss…wuss..wuuuss!!

1. Menggunakan aplikasi <2GB RAM Booster yang mudah untuk diterapkan

Aplikasi yang satu ini merupakan software penambah kapasitas RAM nomor satu. Sebab, penerapannya mudah dan tidak perlu lama untuk melakukan pengaturan. Hanya dengan sekali klik, Sahabat Boom bisa langsung menambah kapasitas RAM. Jadi, tidak heran kalau aplikasi yang bernama <2GB RAM Booster ini paling banyak dipakai oleh pengguna smartphone.

<2GB RAM Booster [Sumber Gambar]
Cara menggunakannya buka aplikasi terlebih dahulu kemudian jalankan seperti biasa. Lalu, di layar smartphone Sahabat Boom akan muncul prosesor yang bertuliskan Boost di bagian tengahnya. Kalau sudah, cukup klik tulisa tersebut dan tunggu beberapa detik. Nah, kalau ada tulisan total dan free RAM di atas gambar prosesor, berarti ponsel kalian sudah berhasil untuk ditambahkan kapasitasnya.

2. Memakai Smart Booster yang ukurannya kecil

Smart Booster adalah aplikasi penambah RAM lain yang juga banyak digunakan para pengguna smartphone. Selain karena ukurannya yang kecil, ia juga bisa mengatur aplikasi atau sistem yang sedang tidak dipakai dengan sendirinya. Oleh karena itu, Smart Booster hingga saat ini dipercaya untuk memberi kelegaan pada RAM yang kapasitasnya terbatas.

Smart RAM Booster [Sumber Gambar]
Untuk menggunakan aplikasi ini cukup buka dan jalankan seperti biasa lalu klik Start Now. Setelah itu, masuk ke menu Setting dan pilih Boost Level. Di sana terdapat beberapa macam pilihan yang disediakan mulai dari Gentle, Medium, Strong sampai Aggresive. Semuanya bisa dipilih sesuai kebutuhan para pengguna. Tapi, kalau ingin ponsel lebih gesit lagi bisa dipilih menu Aggresive. Masih pada menu Setting di Smart Booster, pastikan pilihan Boost When Screen Off dalam keadaan tercentang. Kemudian untuk Delay To Boost When Screen Off harus dalam kondisi Immediately. Kalau pilihan-pilihan tersebut sudah aman, maka klik gambar roket kecil untuk memulai proses boost. Selesai, kini RAM pada smartphone Sahabat Boom sudah lebih banyak kapasitasnya.

3. Aplikasi Swapper untuk smartphone yang sudah di-root

Jangan sedih untuk smartphone yang sudah terlanjur di-root. Ada satu aplikasi yang bisa melegakan kapasitas RAM yaitu Swapper. Tapi, memang caranya agak sedikit merepotkan daripada handphone yang belum di-root sama sekali. Karena, ia membutuhkan memori eksternal dengan spesifikasi class 8 ke atas supaya kemampuan bacanya lebih cepat.

Swapper root [Sumber Gambar]
Kalau Sahabat Boom tertarik dengan aplikasi satu ini, bisa di-download di play store. Lalu, instal dan buka Swapper tersebut kemudian pilih Swapp on Boot. Selanjutnya, isi Swappines Value dengan kapasitas kartu memori eksternal yang kalian miliki. Jika sudah, pastikan pilihan Enable SWAP to Start Android sudah dicentang. Barulah pilih Create Swapp dan tunggu beberapa saat.

4. Juwe RAM Script yang juga direkomendasikan untuk smartphone root

Ada lagi aplikasi penambah RAM khusus untuk smartphone yang sudah di-root. Nama aplikasinya adalah Juwe RAM Script. Caranya juga sama dengan aplikasi yang sebelumnya, ia membutuhkan memori eksternal untuk penerapannya. Tapi Juwe RAM Script ini terbilang agak rumit karena harus ada satu aplikasi tambahan lagi yang bernama CWM Recovery untuk melancarkan proses penambahan kapasitas.

Juwe RAM Script [Sumber Gambar]
Sebelum memulai, terlebih dahulu instal aplikasi CWM Recovery sampai selesai. Kemudian, dilanjutkan dengan men-download Juwe RAM Script tapi jangan dipasang dahulu. Kalau semuanya sudah dipasang, masukkan kartu memori eksternal ke dalam smartphone. Lalu, buka aplikasi CWM Recovery yang sudah dipasang, kemudian pilih install ZIP dari memori eksternal. Jika sudah berhasil, instal aplikasi Juwe RAM Script dan tunggu hingga selesai. Maka, kapasitas RAM akan bertambah dengan sendirinya.

Buat Sahabat Boom yang memiliki smartphone dengan kapasitas RAM kecil, cara di atas bisa banget dicoba. Daripada harus membeli smartphone baru, mendingan gunakan aplikasi-aplikasi di atas untuk melegakan kapasitas RAM. Selamat mencoba SaBoom sekalian!

Share
Published by
Firdha

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

22 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

3 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago