Surabaya adalah salah satu dari kota terbesar di Indonesia. Ekosistem lingkungan yang nyaman dan hommy membuat Surabaya dikenal hingga mancanegara. Bahkan baru-baru ini, Kota Pahlawan tersebut masuk dalam nominasi Urban Innovation City dalam Guangzhou International Award 2018. Seperti yang sudah disebutkan dalam banyak media, Acara ini mendapatkan penghargaan Internasional yang diselenggarakan oleh Global Mayors ‘Forum & 2018 Urban Innovation Conference untuk Inovasi Perkotaan.

Masuknya Surabaya sebagai kota paling inovatif ini juga tak terlepas dari taman hijau yang menghias sepanjang jalannya. Salah satu yang sedang ramai di media sosial adalah Bunga Tabebuya, tanaman cantik yang membuat Surabaya bak musim semi di Jepang. Seperti apa sih bunga ini? Yuk, kita kepoin langsung ulasan berikut!

Berbagai macam jenis warna Bunga Tabebuya

Bunga Tabebuya [Sumber gambar]
Seperti yang marak di sosial media, bunga cantik berwarna kuning dan pink ini mekar di sepanjang jalan protokol Kota Surabaya, Jawa Timur. Bunga Tabebuya yang cantik ini sebenarnya memiliki banyak varietas warna lain loh, seperti orange, magenta, putih maupun merah. Hanya saja, warna tersebut cukup sulit ditemukan. Tabebuya memiliki lebar mekar 1-4 inci yang menggantung dalam beberapa kelompok. Pada saat berbunga, tumbuhan ini akan menghasilkan banyak bunga dan tidak putus sejak akhir musim kemarau sampai penghujan seperti sekarang.

Bunga asal Brazil yang memiliki banyak kelebihan

Tabebuya di Surabaya [Sumber gambar]
Meskipun sekilas mirip dengan Bunga Sakura, Tabebuya adalah tanaman asal Brazil. Mengenai habitatnya, ia bisa tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Perawatan Tabebuya sangatlah minim. Ia hanya perlu dipangkas saat ada tangkainya yang rusak atau mati. Karena berasal dari tempat yang beriklim kering, Tabebuya bisa bertahan saat kekurangan air sekalipun. Sangat indah terlihat di musim kemarau, akar Tabebuya ternyata juga tidak merusak rumah atau tembok walau berbatang keras.

Menjadikan suasana tambah romantis bak di Negeri Sakura

Menjadikan suasana sejuk dan romantis [Sumber gambar]
Selain menjadikan Surabaya masuk nominasi kota dengan Inovasi terbagus, Tabebuya tentu memberikan rasa bahagia kepada masyarakat Surabaya sendiri. Berkat kehadiran bunga ini, banyak sekali anak muda yang datang hanya untuk berselfie ria dan mempercantik feeds instagram mereka. Suasana juga bertambah romantis, seakan-akan seseorang sedang berada di Jepang yang punya Bunga Sakura.

Peran serta Walikota Surabaya dalam mempercantik Kota Pahlawan

Peran Bu Risma [Sumber gambar]
Semenjak menjabat sebagai Walikota Surabaya, Tri Rismaharini memang banyak melakukan gebrakan baru, salah satunya menghijaukan Surabaya yang terkenal panas dan gersang. Dengan adanya pohon-pohon cantik ini, tak heran jika Bu Risma banyak mendapat pujian dan tambah dicintai masyarakat. Tidak sedikit pula yang meminta agar Bu Risma menanam lebih banyak Bunga Tabebuya. Nah, kabar baiknya Pemkot pun kini menawarkan pohon Tabebuya  untuk ditanam secara gratis pada warga Surabaya dengan mengajukan permohonan pada Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya.

BACA JUGA: Demi Kemajuan Kotanya, Tri Rismaharini Rela Lakukan 5 Hal Ini

Itulah fakta seputar Tabebuya yang sedang mekar dan dijadikan spot instgaramable gratis oleh warga Surabaya. Kita berharap semoga ke depan, inovasi ini juga bisa dicontoh oleh daerah-daerah lain. Sehingga kita semua bisa mewujudkan Indonesia hijau dan asri dan sejuk.