Ternyata, Ini Makna Lain di Balik Nama Kota Surabaya

oleh Febri
12:58 PM on Jun 9, 2015

Setiap daerah memiliki legenda asal-usul yang dipercaya sebagai alasan terbentuknya daerah tersebut. Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai macam latar belakang budaya yang berbeda satu sama lainnya, maka tak heran jika legenda-legenda seperti itu juga beragam.

Surabaya contohnya mempunyai cerita turun-temurun mengenai alasan kenapa daerah pelabuhan besar di Jawa Timur tersebut diberi nama “Surabaya”, terlepas dari benar atau salahnya cerita tersebut, tentu masih ada fakta lain yang berbeda. Selain itu, juga ada bukti sejarahnya, berikut ini adalah arti nama sebenarnya dari Kota Pahlawan.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

1. Asal-Usul Surabaya Menurut Legenda

Cerita tentang berdirinya Surabaya adalah cerita yang sama terkenalnya dengan legenda berdirinya Banyuwangi atau daerah lainnya di Nusantara. Jika kita melihat lambang kota surabaya, Anda akan menemui dua ekor binatang melegenda yang membuat warga surabaya terkesan yaitu ikan Sura (Hiu) dan Baya (Buaya).

Asal-Usul Surabaya Menurut Legenda
Asal-Usul Surabaya Menurut Legenda [imagesource]
Legenda Sura dan baya adalah kisah yang menceritakan perkelahian dua binatang tersebut untuk memperebutkan daerah kekuasaan, yaitu Sura yang berkuasa di lautan dan baya di daratan. Sura yang sebenarnya telah melanggar kesepakatan pembagian kekuasaan, akhirnya menyerah dan kembali ke lautan.

2. Dokumentasi Nama Surabaya Dalam Peninggalan Sejarah

Wilayah Kota Pahlawan awalnya tidak bernama Surabaya, tetapi lebih dikenal sebagai Ujung Galuh atau Jenggala. Sedangkan kata Surabaya sendiri, muncul beberapa kali di prasasti yang dibuat jauh sebelum masa penjajahan Belanda. Salah satunya tercantum dalam prasasti Trowulan I,  dengan waktu 1358 M.

Dokumentasi Nama Surabaya Dalam Peninggalan Sejarah
Dokumentasi Nama Surabaya Dalam Peninggalan Sejarah [imagesource]
Dalam prasasti tersebut dikatakan bahwa Surabaya (Churabaya) adalah sebuah daerah kecil yang berada di pinggiran sungai berantas. Selain itu, juga ada catatan dalam Kitab Negara Kertagama yang menceritakan tentang perjalanan Raja Hayam Wuruk dari Majapahit ketika melalui Surabaya. Akan tetapi ada beberapa ahli sejarah yang meyakini bahwa Surabaya berdiri pada masa pemerintahan Raja Kertanegara dari Singasari tahun 1275 M.

3. Arti Sebenarnya dari Surabaya

Ada berbagai versi mengenai asal-usul Ibukota Jawa Timur ini, mulai dari kisah ikan sura dan baya yang berebut kekuasaan darat dan air, ada juga versi yang mengisahkan perkelahian antara Adipati Jayengrono yang menguasai ilmu baya dan Sawunggaling yang menguasai ilmu sura.

Penyerangan pasukan Tar Tar
Penyerangan pasukan Tar Tar [imagesource]
Pemerintah Kota Surabaya sendiri tak tinggal diam mengatasi ketidak jelasan mengenai Arti nama Surabaya. Akhirnya ditetapkanlah 31 Mei 1293 sebagai hari jadi kota Surabaya . Dalam segi arti nama, Surabaya terdiri dari gabungan dua kata yaitu Sura yang berarti keberanian dan Baya yang artinya Bahaya, dua kata ini dihubungkan dengan keberanian pasukan Majapahit di bawah kepemimpinan Raden Wijaya mengalahkan Pasukan Tar-Tar yang berlabuh di Ujung Galuh karena ingin menguasai Nusantara.

Itulah makna lain di balik berdirinya kota Surabaya. Memang ada berbagai versi tentang asal usulnya. Tapi walaupun begitu, semuanya mensiratkan pesan moral yang baik, mulai dari keberanian, hingga kepahlawanan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA