Categories: Trending

5 Buku Ini yang Mengisi Rak Buku Anak-anak Tahun 90an

Anak yang tumbuh di awal tahun 90an dulu belum ngerasai zaman internet seperti sekarang ini. Sumber informasi atau hiburan anak-anak sekolah pada masa itu adalah buku-buku dan majalah yang begitu banyak beredar di pasaran.

Pada masa itu, ada banyak buku yang populer di kalangan anak-anak. Rasanya belum keren kalau belum membaca atau mengoleksi buku-buku tersebut. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Novel Lima Sekawan

Novel Lima Sekawan dulu termasuk bacaan favorit anak-anak dan remaja 90an. Karya fiksi Inggris ini bercerita tentang petualangan Julian, Dick, Anne, dan George serta anjing mereka, Timmy. Lima sekawan ini sering terlibat dengan kasus-kasus misterius yang membuat mereka mengalami perjalanan dan petualangan seru.

Novel Lima Sekawan [Image Source]
Bersama-sama, kelimanya berusaha memecahkan mister-misteri menantang yang ada di depan mereka. Ceritanya yang ringan dan seru sangat cocok untuk usia anak-anak. Bahkan buku ini begitu disukai tidak hanya di Inggris, tapi hingga ke mancanegara termasuk Indonesia. Dulu, belum keren rasanya kalau belum baca novel ini.

2. Novel Lupus

Novel Lupus pertama kali terbit pada tahun 1986 dengan judul Lupus I: Tangkaplah Daku Kau Kujitak. Menyusul kepopuleran novel remaja ini, maka munculah seri-seri novel selanjutnya dan bahkan sampai dibuat sebagai serial televisi.

Novel Lupus [Image Source]
Novel ini menceritakan tipikal kehidupan anak remaja SMA. Cerita yang disajikan ringan dan menarik, namun juga tidak muluk-muluk atau mengada-ada dalam menceritakan kejadian dan permasalahannya. Itu sebabnya novel ini terasa begitu dekat di hati para remaja saat itu.

3. Majalah Bobo

Majalah Bobo juga menjadi salah satu bacaan populer anak-anak Indonesia. Majalah ini pertama kali terbit pada tahun 1973. Bobo sebenarnya adalah majalah versi Indonesia dari majalah yang serupa di Belanda. Kalau di Indonesia terbit mingguan, Bobo versi Belanda terbit bulanan.

Majalah Bobo [Image Source]
Bobo memuat berbagai cerita menarik seperti Bona dan Rong Rong, Kisah Negeri Dongeng dengan peri Nirmala dan Oki yang nakal, serta masih banyak lagi. Dengan slogan “Teman Bermain dan Belajar”, majalah Bobo tidak hanya berisi hiburan dan cerita menarik, tapi juga memiliki unsur pendidikan yang sesuai untuk usia anak-anak. Selain itu, Bobo juga rutin memuat artikel dan soal-soal pelajaran sekolah tingkat SD.

4. Majalah Mentari

Selanjutnya, ada majalah Mentari yang berisi informasi seputar artis cilik yang sedang ngetrend. Tidak hanya berisi tentang informasi seputar artis cilik saja, tapi juga banyak memiliki cerita-cerita seru dan mendidik di dalamnya.

Majalah Mentari [Image Source]
Majalah Mentari lekat dengan cerita Abunawas dan Gino CS. Selain cerita bergambar, majalah ini juga menampilkan humor, cerpen, kiriman gambar, dan masih banyak lagi.

5. RPUL dan RPAL

Bisa dibilang RPUL (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap) dan RPAL (Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap) itu hampir seperti wikipedianya anak sekolah zaman dulu. RPAL dan RPAL memiliki berbagai rangkuman informasi lengkap tentang pengetahuan umum dan alam.

RPAL-RPUL [Image Source]
Anak-anak sekolah dulu akan merasa sangat bangga jika punya buku RPUL dan RPAL ini. Di RPUL, pembaca bisa mencari tahu arti huruf pada nomor plat kendaraan, nama mata uang, informasi tentang negara-negara di dunia, keajaiban dunia, dan lain-lain. Sebaliknya, di RPAL ada banyak informasi tentang berbagai macam ilmu pengetahuan alam.

Itulah tadi beberapa buku yang menemani masa tumbuhnya anak-anak tahun 90an. Teknologi internet belum sehebat sekarang ini dan segala informasi didapatkan melalui buku. Bacaan yang seru dan menghibur juga bisa didapatkan dari novel-novel dan majalah yang banyak beredar. Namun jika dibandingkan dengan sekarang, sepertinya sudah banyak berubah. Buku-buku sekarang sudah tidak terlalu disukai karena informasi sudah bisa didapatkan dengan lebih cepat lewat browsing di internet.

Share
Published by
Tetalogi

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

3 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

1 day ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

3 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago