5 Buku Ini yang Mengisi Rak Buku Anak-anak Tahun 90an

oleh Tetalogi
15:17 PM on Feb 7, 2016

Anak yang tumbuh di awal tahun 90an dulu belum ngerasai zaman internet seperti sekarang ini. Sumber informasi atau hiburan anak-anak sekolah pada masa itu adalah buku-buku dan majalah yang begitu banyak beredar di pasaran.

Pada masa itu, ada banyak buku yang populer di kalangan anak-anak. Rasanya belum keren kalau belum membaca atau mengoleksi buku-buku tersebut. Berikut ini beberapa diantaranya.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

1. Novel Lima Sekawan

Novel Lima Sekawan dulu termasuk bacaan favorit anak-anak dan remaja 90an. Karya fiksi Inggris ini bercerita tentang petualangan Julian, Dick, Anne, dan George serta anjing mereka, Timmy. Lima sekawan ini sering terlibat dengan kasus-kasus misterius yang membuat mereka mengalami perjalanan dan petualangan seru.

Novel Lima Sekawan [Image Source]
Novel Lima Sekawan [Image Source]
Bersama-sama, kelimanya berusaha memecahkan mister-misteri menantang yang ada di depan mereka. Ceritanya yang ringan dan seru sangat cocok untuk usia anak-anak. Bahkan buku ini begitu disukai tidak hanya di Inggris, tapi hingga ke mancanegara termasuk Indonesia. Dulu, belum keren rasanya kalau belum baca novel ini.

2. Novel Lupus

Novel Lupus pertama kali terbit pada tahun 1986 dengan judul Lupus I: Tangkaplah Daku Kau Kujitak. Menyusul kepopuleran novel remaja ini, maka munculah seri-seri novel selanjutnya dan bahkan sampai dibuat sebagai serial televisi.

Novel Lupus [Image Source]
Novel Lupus [Image Source]
Novel ini menceritakan tipikal kehidupan anak remaja SMA. Cerita yang disajikan ringan dan menarik, namun juga tidak muluk-muluk atau mengada-ada dalam menceritakan kejadian dan permasalahannya. Itu sebabnya novel ini terasa begitu dekat di hati para remaja saat itu.

3. Majalah Bobo

Majalah Bobo juga menjadi salah satu bacaan populer anak-anak Indonesia. Majalah ini pertama kali terbit pada tahun 1973. Bobo sebenarnya adalah majalah versi Indonesia dari majalah yang serupa di Belanda. Kalau di Indonesia terbit mingguan, Bobo versi Belanda terbit bulanan.

Majalah Bobo [Image Source]
Majalah Bobo [Image Source]
Bobo memuat berbagai cerita menarik seperti Bona dan Rong Rong, Kisah Negeri Dongeng dengan peri Nirmala dan Oki yang nakal, serta masih banyak lagi. Dengan slogan “Teman Bermain dan Belajar”, majalah Bobo tidak hanya berisi hiburan dan cerita menarik, tapi juga memiliki unsur pendidikan yang sesuai untuk usia anak-anak. Selain itu, Bobo juga rutin memuat artikel dan soal-soal pelajaran sekolah tingkat SD.

4. Majalah Mentari

Selanjutnya, ada majalah Mentari yang berisi informasi seputar artis cilik yang sedang ngetrend. Tidak hanya berisi tentang informasi seputar artis cilik saja, tapi juga banyak memiliki cerita-cerita seru dan mendidik di dalamnya.

Majalah Mentari [Image Source]
Majalah Mentari [Image Source]
Majalah Mentari lekat dengan cerita Abunawas dan Gino CS. Selain cerita bergambar, majalah ini juga menampilkan humor, cerpen, kiriman gambar, dan masih banyak lagi.

5. RPUL dan RPAL

Bisa dibilang RPUL (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap) dan RPAL (Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap) itu hampir seperti wikipedianya anak sekolah zaman dulu. RPAL dan RPAL memiliki berbagai rangkuman informasi lengkap tentang pengetahuan umum dan alam.

RPAL-RPUL [Image Source]
RPAL-RPUL [Image Source]
Anak-anak sekolah dulu akan merasa sangat bangga jika punya buku RPUL dan RPAL ini. Di RPUL, pembaca bisa mencari tahu arti huruf pada nomor plat kendaraan, nama mata uang, informasi tentang negara-negara di dunia, keajaiban dunia, dan lain-lain. Sebaliknya, di RPAL ada banyak informasi tentang berbagai macam ilmu pengetahuan alam.

Itulah tadi beberapa buku yang menemani masa tumbuhnya anak-anak tahun 90an. Teknologi internet belum sehebat sekarang ini dan segala informasi didapatkan melalui buku. Bacaan yang seru dan menghibur juga bisa didapatkan dari novel-novel dan majalah yang banyak beredar. Namun jika dibandingkan dengan sekarang, sepertinya sudah banyak berubah. Buku-buku sekarang sudah tidak terlalu disukai karena informasi sudah bisa didapatkan dengan lebih cepat lewat browsing di internet.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA