in

Misterius! Apapun Barang yang Diletakkan di Dalam Gua ini Berubah Jadi Batu

Sampai abad ke-21 ini, ratusan teknologi telah berkembang untuk  membantu kebutuhan manusia, mulai dari adanya fenomena ojek online, online shopping dengan harga terjangkau, sampai hiburan yang bisa kita akses di mana saja. Pantas kalau berbagai kemudahan ini membuat kita lebih dekat dengan layar smartphone ataupun laptop. Akhirnya kita jarang menemukan waktu untuk menjelajah alam yang ada di sekitar kita, padahal masih banyak misteri luar biasa yang dimiliki alam lho.

Salah satunya adalah keajaiban alam yang membuat kita takjub seperti adanya tempat-tempat dengan pemandangan yang indah. Entah itu gunung, pantai sampai bahkan situs-situs sejarah yang sering kita lupakan. Keajaiban alam tidak hanya membuat kita kagum, tapi juga harus hati-hati nih, karena ternyata ada gua di Inggris yang bisa membuat apapun di dalamnya berubah jadi batu! Kok bisa terjadi ya? Simak ringkasan kita berikut ini!

Mitosnya gua ini penuh kutukan dari para penyihir zaman dahulu

Bentuknya yang nggak biasa membuat gua ini unik sekaligus misterius! [Sumber Gambar]
Terletak di area bernama Nidd yang ada di tempat bernama Knaresborough, Inggris, gua ini bukan sekedar jadi tempat wisata karena indah, tapi juga penuh cerita yang mistis dan bikin merinding. Isu yang banyak beredar dan tercatat oleh masyarakat sekitar, gua yang dinamai The Petrifying Well of Knaresborough ini dulunya banyak ‘dikunjungi’ oleh orang-orang yang dituduh sebagai penyihir. Tak hanya itu gua ini juga mempunyai bentuk seperti tengkorak di salah satu sisinya, membuat anggapan kalau gua ini penuh kutukan juga semakin kuat.

Mulai mengundang perhatian ketika ilmuwan menemukan kandungan yang tidak biasa

Inilah salah satu benda yang kemudian ditinggalkan dengan sengaja [Sumber Gambar]
Berawal dari kisah-kisah mistis yang terjadi, banyak orang-orang yang akhirnya berkunjung ke tempat ini, sampai pada sekitar tahun 1500-an seseorang bernama John Leyland yang mengatakan bahwa air dalam gua ini bisa menyembuhkan penyakit. Namun setelah dicoba oleh penduduk sekitar, malah penyakit yang datang. Kejadian ini sempat membuat gua sepi dari kunjungan, namun karena masih diselimuti rasa penasaran, beberapa ilmuwan datang ke gua untuk mengambil sampel air. Dengan teknologi modern, diketahui bahwa air yang ada di gua ini mengandung mineral tinggi yang bisa membuat lapisan mengeras di objek apapun yang dialiri air.

Akhirnya banyak benda yang sengaja ditinggalkan di tempat ini lho!

Mulai dari vas, sepatu sampai kaos kaki udah jadi ‘korban’ di gua ini! [Sumber Gambar]
Walaupun tidak terlihat berbahaya, air yang ada di dalam gua ini tidak boleh diminum oleh siapapun, jelas karena kandungan mineral super tinggi. Jangan sampai organ yang ada dalam tubuh juga ikutan mengeras dan membatu. Beredarnya kabar tentang gua ‘ajaib’ ini juga membuat wisatawan mulai bereksperimen dengan meninggalkan banyak barang seperti boneka, topi, topeng bahkan sepeda lho! Proses pengerasan objek jadi batu ini pun memakan waktu yang tidak sebentar, contohnya saja ada boneka teddy bear yang berubah jadi batu setelah 6 bulan, sedangkan benda yang mempunyai bahan dasar metal lebih cepat.

Walaupun sedikit angker, nyatanya keberadaan gua ini membantu ekonomi masyarakat

Walaupun angker, kalau diberi oleh-oleh boneka ini kamu susah nolak kan? [Sumber Gambar]
Rupanya tidak hanya turis yang meninggalkan barang di gua, tapi juga masyarakat sekitar yang membuka toko souvenir. Kapan lagi kamu bisa membawa pulang boneka yang telah membatu secara alami? Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh para pemilik toko dan pengelola gua untuk meraih keuntungan. The Petrifying Well of Knaresborough kini semakin dikenal oleh wisatawan yang ingin melihat sendiri bagaimana suasana mistis namun menarik yang dimiliki oleh gua ini.

BACA JUGA: Gua Surocolo, Keraton Gaib di Bantul yang Dipercaya Bisa Memberi Kekayaan

Tempat ini menjadi salah satu bukti bahwa alam punya banyak misteri yang belum terpecahkan, kandungan mineral yang ada dalam gua ini tentu jadi salah satu keajaiban alam yang belum tentu ada di semua tempat. Kira-kira di Indonesia ada nggak ya tempat ajaib seperti ini? Share komentar kamu dibawah yuk!

Written by Fany

Leave a Reply

4 Hewan Ini Terlihat Biasa Saja, tapi Ketika Ada Bencana Merekalah yang Pertama Tahu

10 Potret Ekspresi Kocak Hewan Liar Saat Tertangkap Kamera, Asli Bikin Ngakak