Masih jelas di ingatan kita betapa dahsyatnya dampak dari berbagai kejadian bencana alam yang terjadi. Bukan hanya yang terjadi di Indonesia, tapi di berbagai belahan dunia bencana alam merupakan hal yang tidak bisa kita hindari sebagai manusia. Siapa yang bisa lupa dampak gempa yang dialami oleh Jepang sampai kebakaran hutan besar-besaran yang terjadi di Amerika? Di Indonesia sendiri, meskipun mulai banyak alat yang dipasang untuk membuat kita waspada nyatanya masih belum bisa berfungsi dengan baik.

Namun tanpa sadar, kita seringkali lupa bahwa alam juga memproduksi ‘alarm’ tersendiri ketika ada bencana mendekat. ‘Alarm’ ini adalah keberadaan hewan-hewan yang ada di sekitar kita. Mulai dari yang biasa kita lihat di kehidupan sehari-hari maupun hewan nocturnal yang hanya beraktivitas di malam hari. Banyak dari kita yang melupakan keberadaan mereka padahal ada hewan yang bisa memprediksi datangnya bencana jauh sebelum alat yang diciptakan manusia mulai bereaksi lho! Kira-kira apa saja ya? Simak ulasan kita dibawah ini ya!

Kucing, bukan sekedar mengeong, tapi ia juga bisa merasakan getaran tertentu

Menggemaskan tapi juga penuh dengan kemampuan luar biasa [Sumber Gambar]
Hewan ‘ajaib’ yang kadang bertingkah nggak masuk akal ini juga sering banget dikaitkan dengan misteri. Pasti kamu juga udah pernah melihat sendiri ketika kucing jatuh dari ketinggian ia bisa menapak kembali dengan sempurna. Hal itu terjadi karena kemampuan kucing untuk tanggap dengan apa yang ada di bawahnya, termasuk mendeteksi adanya getaran-getaran yang ada di bumi. Kucing dipercaya bisa mendeteksi datangnya gempa beberapa saat sebelum manusia merasakannya.

Sapi, mereka juga dipercaya bisa menjadi petunjuk tentang bencana yang akan datang

Siapa sangka kalau sapi juga punya indra keenam? [Sumber Gambar]
Walaupun jarang dinobatkan sebagai hewan yang misterius, ternyata sapi juga memiliki kemampuan lebih untuk mendeteksi adanya bencana. Seperti yang terjadi pada tahun 1997 di salah satu kota di Italia, tiba-tiba sapi yang ada di gunung beramai-ramai turun ke tempat yang lebih padat. Ternyata dua hari kemudian gempa dengan kekuatan 6,7 skala richter mengguncang tempat tersebut. Tidak hanya itu, sebelum gempa mengguncang Jepang beberapa tahun lalu, produksi susu sapi juga menurun drastis beberapa minggu sebelum gempa terjadi. Nggak nyangka kan?

Kelelawar, nggak hanya jadi simbol Batman, ia bisa mendeteksi suara yang datang dari alam

Kemampuannya mendeteksi gelombang alam memang luar biasa! [Sumber Gambar]
Hewan yang tinggal dalam kegelapan dan biasa ditemukan di dalam gua ini memang sudah lama dijadikan simbol adanya hantu-hantu dan peristiwa misterius. Jika kucing bisa mendeteksi datangnya getaran-getaran yang terjadi dalam tanah, kelelawar menggunakan kemampuan telinganya untuk bisa mendeteksi frekuensi suara yang tidak terjangkau manusia. Terbukti pada tahun 2004 banyak kelelawar yang meninggalkan sarangnya sebelum tsunami datang.

Anjing, nggak heran deh kalo dibilang ia adalah sahabat terbaik manusia!

Nggak hanya menggonggong saat ada orang asing, ia juga mendeteksi bahaya! [Sumber Gambar]
Keberadaan hewan yang satu ini memang punya efek tersendiri dalam hidup manusia, selain ia bisa menjadi salah satu metode terapi, ternyata perilakunya bisa jadi pertanda sesuatu akan datang. Ia juga punya indra ke-enam sehingga tau apa yang majikannya rasakan, bahkan pada gempa pada tahun 1975 di Haicheng China banyak yang bilang kalau beberapa menit sebelum gempa terjadi anjing-anjing disana menggonggong dan kebingungan.

BACA JUGA: 10 Hewan Indah dan Sangat Unik yang Susah Kita Temui

Selama ini kita hanya menganggap keberadaan hewan hanyalah sebagai sumber makanan ataupun hanya jadi pajangan, namun sebenarnya mereka adalah salah satu elemen alam yang penting untuk manusia. Tidak hanya sebagai ‘alarm’ tanda bahaya, namun juga penyeimbang ekosistem. Semoga ulasan diatas bisa membuat kita semua lebih menghargai keberadaan hewan-hewan yang ada di sekitar ya! Menurutmu apakah ada hewan lain yang bisa menjadi pertanda bahaya akan datang?