Categories: Trending

Kisah Haru Ayah Curi HP Demi Anak Belajar Online, Sempat Ditahan Kemudian Dibebaskan Jaksa

Kurikulum daring digalakkan di semua sekolah sejak masa pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia. Murid-murid diwajibkan mengikuti kegiatan belajar mengajar di rumah secara online. Memang, murid-murid bisa belajar lebih aman di dalam rumah, di bawah pengawasan orang tua. Namun, kurikulum daring juga membawa dampak dan permasalahan yang sangat siginifikan, misalnya kebutuhan fasilitas saat online.

Seperti kasus yang baru saja terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat, ini mengundang perasaan haru bagi semua orang. Pasalnya, demi memenuhi kebutuhan anaknya agar tetap mengikuti belajar daring, sang ayah nekat mencuri ponsel tetangganya di Kampung Kubang, Desa Sakawayana, Kecamatan Malangbong. Mengapa sang ayah sampai rela melakukan tindakan seperti ini? Begini kisah selengkapnya.

Sebelumnya, sang ayah berniat meminta beras demi memenuhi kebutuhan pangan keluarganya

Ayah memeluk anaknya [Sumber Gambar]
Awalnya, pria bernama Comara Saeful datang ke kantor desa untuk meminta beras, lantaran kondisi keluarganya belum makan sama sekali. Kejadian berlangsung pada tanggal 7 September 2021 lalu. Pada saat itu, perangkat desa sudah memberikan beras kepada Comara. Setelah mendapatkan beras dari pihak kantor desa, Comara berniat untuk segera pulang.

Comara nekat mengambil HP milik pelajar PKL kantor desa

Comara dibekuk polisi [Sumber Gambar]
Entah apa yang ada di benak pikiran Comara, ia pun langsung nekat mengambil ponsel yang tergetak di atas meja piket pos pelayanan desa. Beberapa lama kemudian, sang korban terkejut setelah mengetahui ponselnya raib. Korban yang merupakan seorang pelajar PKL itu, langsung melaporkan kasus ini kepada pihak aparat desa. Dari kasus ini, korban mengalami kerugian ponsel bernilai sekitar Rp2,5 juta.

SELANJUTNYA: Isak tangis Comara pecah saat mengakui aksi nekatnya lantaran ingin memenuhi kebutuhan anaknya belajar daring

SELANJUTNYA: Setelah melihat kondisi sang ayah yang memprihatinkan, kasus ini akhirnya dihentikan demi kemanusiaan

Isak tangis Comara pecah saat mengakui aksi nekatnya lantaran ingin memenuhi kebutuhan anaknya belajar daring

Comara menangis saat pengakuannya [Sumber Gambar]
Dilansir dari TV One News, sang ayah sempat menjalani hukuman bui selama satu bulan lebih, sejak Bulan September lalu. Saat tertangkap, Comara menangis dan menjelaskan bahwa aksi nekatnya ia lakukan bukan untuk kepentingan pribadi, melainkan desakan kebutuhan anaknya. Dengan ponsel hasil curiannya, ia berharap anaknya bisa mengikuti kegiatan belajar daring seperti anak-anak lainnya. Akhirnya, Comara ditetapkan sebagai status tahanan titipan jaksa.

Setelah melihat kondisi sang ayah yang memprihatinkan, kasus ini akhirnya dihentikan demi kemanusiaan

Kasus Comara Dihentikan [Sumber Gambar]
Melihat kondisi Comara yang serba kekurangan dalam memenuhi kebutuhan keluarganya, Neva Sari Susanti selaku Kajari Garut, menerapkan restorasive justice berupa penghentian kasus tuntutan. Keputusan ini juga sudah didiskusikan dengan pihak korban. Karena memahami alasan dan motivasi pelaku, akhirnya korban ikut memafkan dengan jalan damai. Comara juga sudah mengembalikan ponsel hasil curian tersebut kepada pemiliknya.

SELANJUTNYA: Pihak Kejaksaan Garut ikut terenyuh sampai memberikannya hadiah

Pihak Kejaksaan Garut ikut terenyuh sampai memberikannya hadiah

Comara Dapat Hadiah [Sumber Gambar]
Perasaan haru dan iba dirasakan oleh Neva sendiri, kepada lelaki yang berprofesi sebagai buruh ternak ini. Atas dasar inilah, pihak Kejaksaan Garut akhirnya memberikan hadiah berupa ponsel pintar kepada Comara. Diharapkan ponsel tersebut bisa digunakan secara bijak. Kini, lelaki berusia 41 tahun ini dapat menghirup udara bebas dan bisa berkumpul kembali dengan keluarganya.

BACA JUGA: Bela Diri karena Kaki Disetrum Pencuri Ikan, Mbah Minto Malah Meringkuk di Tahanan Polisi

Tindakan seperti ini memang tidak dibenarkan, bahkan dikategorikan sebagai pencurian. Namun, terkadang kita tidak memahami permasalahan yang dialami oleh pelaku sampai terpaksa melakukan aksi nekat seperti ini. Mulai sekarang kita harus bisa memahami kasus dari berbagai sudut pandang. Selama masih bisa diputuskan dengan jalan damai, mengapa tidak? Semoga kasus seperti ini tidak terulang lagi ya.

Share
Published by
Nikmatus Solikha

Recent Posts

Fakta Rosmini Pengemis Viral, Tinggal di Jalanan Belasan Tahun hingga Diduga ODGJ

Beberapa waktu lalu, viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemis karena aksinya yang dianggap meresahkan.…

22 hours ago

4 Fakta Timnas Indonesia Masuk Semifinal, Larangan Nobar hingga Kalah dari Uzbekistan

Masyarakat Indonesia sedang berbahagia dan bangga terhadap Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang baru saja menorehkan…

2 days ago

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

3 days ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

4 days ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

5 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

7 days ago