Tips

Jangan Abaikan Peringatan ATM Error, Bisa Jadi Itu Modus Kejahatan

Buat Sahabat Boombastis yang sering bertransaksi lewat mesin ATM, sebaiknya mulai waspada nih. Sudah banyak modus kejahatan yang berhubungan dengan mesin penarik uang ini seperti jackpotting, skimming dan lain sebagainya. Salah satunya seperti yang terjadi di Tulungagung akhir-akhir ini. Dialami pria bernama RN mengaku jika uangnya berkurang sejumlah Rp15 juta setelah mendapati peringatan error di mesin ATM yang baru dipakainya.

Pada awalnya, lelaki berusia 38 tahun itu berniat mengirimkan adiknya sejumlah uang melalui mesin ATM. Kemudian RN mendatangi bilik ATM di SPBU Jepun. Tanpa ada rasa curiga sedikitpun. RN langsung memasukkan kartunya ke dalam mesin ATM tersebut. Tak berapa lama, kartunya pun tertelan dan di layar mesin tersebut muncul kata error.

ATM tertelan [Sumber Gambar]
RN sempat panik, namun ia tak bisa berbuat apa-apa. Alasannya karena pada saat itu adalah hari sabtu, sehingga RN tidak dapat mengurus kartunya secara langsung. Akhirnya dirinya memilih untuk mengurusnya di hari senin. Ketika sudah di bank, RN melaporkan kejadian tersebut ke customer service. Tak lupa juga pria asal Kelurahan Bago tadi mencetak buku tabungannya.

Peringatan ATM error [Sumber Gambar]
Betapa kagetnya ia kalau ternyata saldonya berkurang hingga Rp15 juta. Di buku tabungan dituliskan jika uang sebesar Rp5 juta sudah ditarik si pelaku dan sisanya ditransfer ke rekening lain. Tanpa berpikir panjang lagi, RN langsung melaporkan kasus kejahatan ini ke Polres Tulungagung.

Saldo tabungan menghilang [Sumber Gambar]
Dari peristiwa ini ada beberap tips yang ingin Boombastis bagikan pada Sahabat pembaca semuanya. Pertama, kita sebaiknya lebih selektif memilih lokasi ATM yang digunakan. Ada baiknya, kita memilih mesin ATM di tempat yang aman seperti di bank itu sendiri. Sebab kalau tempatnya di SPBU, pinggir jalan dan semacamnya, mesin ATM rawan sekali dimanipulasi oleh pihak tak bertanggungjawab.

Tips kedua adalah hindari bertransaksi di hari sabtu atau minggu. Alasannya sudah jelas karena di dua hari tersebut, bank libur sehingga kita bakal kesulitan memproses kartu tertelan atau hilang tersebut secara langsung. Jadi usahakan untuk bertransaksi pada hari kerja saja ya, Sahabat Boombastis.

Ada baiknya mulai menggunakan saran pembayaran lain yang lebih aman. Misalnya Mobile Banking atau Internet Banking yang lebih praktis untuk bertransaksi. Sedangkan untuk penarikan tunai, Sahabat Boombastis bisa memilih gerai kasir minimarket yang menyediakan jasa tarik tunai.

Share
Published by
Firdha

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

19 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago