Kasus mengenai artis terlambat bayar pajak sudah berkali-kali naik ke permukaan. Kesibukan mereka hingga lupa membayar pajak pada tenggat waktu sudah tak bisa menjadi toleransi lagi, karena banyaknya artis yang melakukan hal serupa.

Meskipun begitu, tak sedikit juga selebriti tanah air yang bertanggung jawab dengan selalu membayar pajak tepat waktu. Patut dicontoh dan dijadikan teladan, berikut ini 5 artis yang taat bayar pajak hingga berani sindir rekan-rekan selebritinya.

Ferry Salim, dapat penghargaan Wajib Pajak Orang Pribadi

Salah satu artis yang peduli soal pajak adalah aktor senior, Ferry Salim. Dikutip dari lama finance.detik.com, Ferry Salim sempat protes kepada petugas pajak untuk mempercepat penurunan bukti potong. “SPT perorangan saya harus lapor Maret, saya sudah minta dari akhir Januari,” ungkapnya.

Ferry Salim bayar pajak [sumber gambar]
Selalu menuntut agar pembayaran pajaknya segera beres, alhasil ayah dari Brandon Salim ini mendapat penghargaan Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kelapa Gading. Menurut Ferry, pajak merupakan satu hal yang esensial bagi pembangunan negara.

Deddy Corbuzier, sindir artis-artis lainnya

Tahun 2017 lalu, heboh jumlah pajak yang dibayarkan oleh Deddy Corbuzier capai Rp2,5 miliar. Padahal, jika dilihat dari performanya sebagai selebriti, ia tak sesering Raffi Ahmad atau Sule untuk tampil di televisi. Bahkan, dirinya hanya memiliki satu program saja di televisi, yaitu Hitam Putih. 

Deddy Corbuzier bayar pajak [sumber gambar]
Melalui finance.detik.com, Deddy Corbuzier mengungkapkan bahwa pajak yang dibayarkannya banyak yang berasal dari bisnis, bukan hanya penghasilannya sebagai artis. Selain itu, dirinya cukup bangga karena bisa membayar pajak sejumlah satu mobil baru dengan tepat waktu. Ia pun tak lupa mengingatkan artis lainnya—yang lebih tenar daripadanya, tentu, untuk membayar pajak tepat waktu.

Luna Maya, ikhlas saja jika selebgram harus juga bayar pajak

Jika Ferry Salim mendapat penghargaan dari KPP Pratama Jakarta Kelapa Gading, Luna Maya juga pernah diberi hal serupa. Luna Maya juga merupakan artis yang rajin membayar pajak, meski hingga kini dirinya masih hidup sendiri. Ketika isu mengenai selebgram dikenai pajak, Luna Maya pun menyambut baik ide tersebut.

Luna Maya bayar pajak [sumber gambar]
“Aku udah mulai ikhlas, nih, untuk bayar pajak, karena kita tahu arahnya ke mana. Kita lihat pembangunannya, terutama aku tinggal di Jakarta, jadi jelas pembangunannya ke mana,” ungkap Luna, dikutip dari arah.com. Ia mengaku masih belum tahu mekanisme pajak untuk endorsement, tetapi jika sudah diberlakukan peraturannya, ia mengaku tinggal mengikuti saja.

Ben Joshua, mengungkap banyak artis yang belum punya NPWP

Menerima penghargaan serupa dengan Ferry Salim, membuat Ben Joshua terbukti memiliki kapabilitas dalam membayar pajak. Meski sudah jarang terlihat di televisi, tentu Ben Joshua tidak tiba-tiba menghilang dan lalai pula menunaikan kewajiban membayar pajaknya.

Ben Joshua bayar pajak [sumber gambar]
Meskipun begitu, Ben Joshua mengungkapkan fakta yang cukup miris, di mana rekan-rekan artisnya masih banyak yang belum memiliki NPWP. “Dulu itu, waktu dengar kata pajak, pada mengerutkan dahi. Saya juga bingung, tuh, kalau ada kontrak kerja sama atau apa tapi belum punya NPWP kan gimana, ya,” ungkap Ben, dikutip dari ekonomi.kompas.com.

Sigi Wimala, sebut pelayanan pajak sekarang sudah enak

Sama seperti Ben Joshua, Sigi Wimala juga sudah jarang muncul di televisi. Film layar lebar yang terakhir kali dibintanginya juga sudah bertahun yang lalu. Meskipun begitu, dirinya terus menajalankan kewajiban sebagai warga negara yang baik, yaitu membayar pajak.

Sigi Wimala bayar pajak [sumber gambar]
Sigi Wimala pernah berpikir bahwa petugas pajak adalah orang-orang tua yang kolot dan enggak nyambung dengan kaum muda. Namun ternyata, ketika akhirnya ia rajin membayar pajak, ia sudah mengerti bahwa sistem telah berganti. “Petugas pajaknya sekarang anak-anak muda. Sudah enak sekali pelayanannya,” ujar Sigi, dikutip dari ekonomi.kompas.com.

BACA JUGA: Meski Tajir Melintir, 5 Artis Super Kaya Ini Nggak Malu untuk Hidup dan Tampil Sederhana

Beberapa artis yang rajin membayar pajak rupanya bukan mereka yang aktif tampil di televisi. Buktinya saja, beberapa tahun lalu, artis sekelas Raffi Ahmad pernah bermasalah dengan pajak, disebutkan dirinya menunggak pembayaran kewajibannya. Salut untuk para selebriti yang tetap bisa eksis dan juga membayar pajak tepat waktu.