Beberapa hari lalu kita digemparkan oleh video mantan yang menyanyi pada sebuah pernikahan. Peristiwa itu terjadi di daerah Wajo, Sulsel. Berawal dari aksi seorang wanita yang mendendangkan lagu Balo Lipa, kemudian ia pun membuat si mempelai pria, yang ternyata mantan kekasihnya, jatuh pingsan di pelukannya. Entah apa alasan pria bernama Nokies Febrianto ini mengundang sang mantan, apalagi sampai terjadi hal-hal seperti ini.

Bola Lipa sendiri merupakan lagu yang familiar dibawakan saat pernikahan orang bugis. Bahkan sering menjadi soundtrack wajib yang mengalahkan lagu romantis milik Nella Kharisma atau Via Vallen. Meskipun lagu ini belum banyak diketahui tapi dari kejadian kemarin itu tentu bisa dilihat dahsyatnya tembang itu. Lalu, sebenarnya seperti apa lagu Balo Lipa ini? Simak ulasannya berikut.

Liriknya sangat menyentuh hati yang mendengarkan

Lirik Lagu Balo Lipa [image source]
Mendengarkan lagu Balo Lipa tentu adalah hal jarang untuk kita, karena lagu ini memang tidak begitu tenar di Indonesia kecuali mungkin di daerah Sulawesi. Tapi apabila kita melihat liriknya begitu dalam maknanya. Ya, meskipun tidak sedalam samudera tapi mampulah membuat para mantan terkenang. Salah contoh lirik seperti ini “Kessipa ro adammu, riwettu silolota, makkuleno ro anri, musolangi atikku, Monro ale ale madoko watakale” yang artinya Betapa indah tuturmu di saat kita, bertatapan, Sampai hati dirimu, adinda au hancurkan hatiku, ditinggal sendiri, menderita jiwa raga. Dengan lirik tersebut orang yang mendengarkannya pasti terpotong-potong hatinya. Bisa terbayangkan ya my love, apabila mantan yang mendengarkannya.

Lagu favorit di banyak pernikahan masyarakat Bugis

Bagi orang bugis tentu lagu ini menjadi primadona. Meskipun belum ada data yang valid tapi bisa dikatakan lagu-lagu pop milik Kangen Band, Hijau Daun, dan Wali pun kalah apabila dibanding dengan lagu satu ini pada acara nikahan. Balo Lipa pun laris pada setiap acara pernikahan suku Bugis, Makasar, dan Mandar dengan iringan electon atau mengundang orkes. Kalau sobat sendiri suka lagu apa saat menikah nanti?

Viral meski tidak banyak mengenal penciptanya

Electon Pernikahan [Image source]
Ya, bisa dikatakan lagu ini memang menjadi viral saat ini. Tetapi belum banyak orang mengetahui siapa yang menjadi penciptanya dan mengapa menciptakan lagu tersebut. Namun di sebuah video Youtube nama Ansar S dikatakan sebagai penciptanya. Tapi hal ini juga belum bisa dipastikan. Pada sebuah video nya di You Tube hanya tertera Video klip lagu ciptaan Ansar S. dan dibawakan Didin Pratama. Meskipun masih menjadi misteri tetapi lagunya sudah membuat pernikahan mas Nokies Febrianto menjadi agak kacau.

Menjadi bahan pembelajaran untuk pilihan lagu pernikahan

Pilihan Lagi [Image source]
Kalau tidak ingin pernikahanmu bernasib sama seperti mas Nokies Febrianto. Tentu kalian harus pintar-pintar memilih lagu untuk acara nikahanmu. Saran terbaik sih jelas pilih lagu yang bernuansa cinta. Haram hukumnya nih untuk memutar lagu yang artinya putus atau semacamnya. Dan yang nggak kalah penting juga adalah, kalau tidak siap mental jangan pernah undang mantan. Kalau berkaca dari kisah Nokies, sebenarnya lagu Balo Lipo bukan masalah besar. Hanya saja tembang ini dinyanyikan sang mantan sehingga terjadilah hal yang luar biasa itu.

Sebenarnya masih jadi misteri besar kenapa Balo Lipa populer dinyanyikan di pernikahan padahal artinya cukup memilukan. Namun, mungkin karena tembang ini kadung populer atau jadi trademark kawinan ala Bugis. Tentu tidak masalah hanya saja baiknya memang harus dikondisikan. Misalnya yang nyanyi Pak RT dan bukan mantan biar nggak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.