Baru-baru ini lantaran kisruh Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan, nama Anang Hermansyah menjadi buah bibir dimana-mana. Banyak para pekerja seni musik yang mengkritiknya karena suami Ashanty itu, dianggap menjadi sosok yang bertanggung jawab atas hal tersebut. Pada umumnya mereka yang tidak menyetujui RUU itu, mempermasalahkan beberapa pasal kontroversial yang ada di rancangan tersebut, seperti terletak pada pasal 5, 18, 19, 32, 42, dan 50.

Polemik ini juga bisa dibilang layaknya bola salju, yang mana kian hari semakin besar dengan banyaknya penolakan dari para musisi. Namun, terlepas dari prahara tersebut bila kita tarik sejarah ke belakang, Anang Hermansyah ternyata merupakan pekerja seni yang tidak bisa disepelekan. Beberapa karyanya hits memenuhi tangga-tangga lagu di Indonesia. Tidak percaya? Berikut lagu-lagu Mas Anang Hijau yang menurut Crew Boombastis tak lekang oleh waktu.

‘Biarkanlah’ menjadi lagu solo pertama Anang di dunia musik

Bila beranggapan ‘separuh jiwaku pergi’ adalah lagu single pertama Anang, tentu hal tersebut salah. Hal ini lantaran jauh sebelum namanya di kenal oleh masyarakat luas, tembang ‘Biarlah’ menjadi lagu debutnya dalam format sendiri. Dari penelusuran penulis, lagu yang terdengar rock alternative itu muncul di Indonesia tahun 1992. Ketika itu ia memilih jalan solo setelah bergabung dengan grup band Kidnap. Lagu ini sendiri diciptakan oleh pria 50 tahun itu dengan eks gitaris Slank Formasi 13 Pay.

‘Aku lelakimu’ menjadi karya Anang yang kini masih kerap terdengar

Selain lagu ‘Biarlah’, karya dari ayah Aurel ini berjudul ‘Aku Lelakimu’ juga menjadi tembang hingga kini kerap didengarkan. Bahkan saat ini arasemen ulang oleh musisi jebolan ajang Indonesian Idol Virzha. Usut punya usut lagu Anang yang ini released pada tahun 2003. Dalam ‘Aku Lelakimu’, laki-laki asal Jember ini tidak lagi gunakan sentuhan ganre rock, melainkan Pop dengan lirik yang menggambarkan perjuangan seorang laki-laki terhadap sang kekasihnya. Untuk mengetahui bagaimana lagunya bisa kalian lihat di video di atas.

Bagi yang sedang patah hati ‘Separuh Jiwaku Pergi’ kerap jadi pilihan

Masih terkait tembang Anang Hermansyah yang tidak lekang oleh waktu. Agaknya lagunya berjudul Separuh Jiwaku Pergi kerap menjadi pilihan, untuk mereka yang terjebak pilunya asmara. Liriknya yang menggambarkan kesedihan pengkhianatan cinta, selalu bisa mewakili hati-hati yang terluka. Dilansir laman Liputan 6, menurut penuturan Anggota DPR ini lagu tersebut menjadi penyelamat perjalanan karier di dunia musik. Seperti yang diketahui saat itu karya itu tercipta selepas ia berpisah dengan Krisdayanti.

‘Makin Aku Cinta’ juga jadi lagu duet yang hits

Meski harus berpisah dengan Krisdayanti, tapi duet keduanya sempat hadirkan lagu-lagu hits di zamannya. Bahkan beberapa lagu sukses dianugerahi sebuah penghargaan. Seperti salah satu contohnya Makin Aku Cinta yang dinobatkan sebagai Best Song of The Year Planet Muzik Awards Singapura tahun 2002. Tidak berhenti disitu saja, beberapa album duet mereka juga antarkan Anang dan KD meriah sejumlah penghargaan. Contohnya adalah WMI Double Platinum 1997 dan WMI Quadruple Platinum 1997 untuk album Cinta. Lalu pada tahun 1998 meraih WMI’s Double Golden untuk album Kasih.

BACA JUGA: Alasan Kenapa Wacana Tentang RUU Permusikan Panen Kritikan dari Musisi Indonesia

Terlepas dari konflik yang dirasakannya memang harus diakui kalau sosok satu ini memang jempolan dalam masalah musik. Besar harapan polemik mengenai RUU tersebut segera menemui titik terang dan jagat musik tambah jaya ke depannya. Kira-kira lagu Mas Anang yang menjadi favoritmu apa sobat Boombastis?