Dewasa ini, definisi artis di Indonesia bukan lagi mereka yang produktif menghasilkan karya dan berprestasi, tetapi siapa yang paling banyak memiliki followers instagram dan bisa viral dalam sekejap. Hal ini berbanding lurus dengan banyaknya artis yang telah dilingkupi dengan harta tapi menolak untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Namun, hal tersebut tampaknya tak berlaku bagi 4 artis ini. Bisa dibilang, mereka adalah pengecualian. Selain latar belakang pendidikannya yang oke, mereka juga menguasai dan fasih dalam banyak bahasa. Siapa sajakah selebriti yang patut jadi panutan ini?

Maudy Ayunda, kuasai bahasa Spanyol dan Mandarin

Bukan sebuah hal yang mengejutkan, jika Maudy Ayunda masuk dalam jajaran artis yang fasih banyak bahasa. Diperebutkan kampus bergengsi di Amerika Serikat, bahkan dunia, Harvard dan Stanford, serta setelah lulus sarjana dari Oxford University, Inggris, prestasi akademiknya memang tak bisa diragukan lagi.

Maudy Ayunda diterima di 8 universitas top dunia [sumber gambar]
Selain berbahasa Indonesia dan Inggris, Maudy Ayunda fasih berbahasa Spanyol dan Mandarin. Tak hanya itu, Maudy memiliki kemampuan public speaking yang top markotop, sehingga dirinya memiliki banyak pengalaman sebagai delegasi Indonesia dalam forum internasional. Padahal, dirinya tak ada keturunan bule, loh. Mengagumkan, ya!

Cinta Laura, sering dibanding-bandingkan dengan Maudy Ayunda

Setelah Maudy Ayunda berhasil mendapatkan tiket masuk untuk studi di Harvard dan Stanford University, banyak netizen yang membanding-bandingkannya dengan Cinta Laura. Padahal, Cinta Laura juga enggak kalah keren dalam urusan pendidikan dan karier, loh. Lahir di Jerman, Cinta Laura jelas mengilhami bahasa Jerman sebagai bahasa ibu.

Selain itu, dirinya yang besar di Indonesia juga membuat bahasa Indonesia sebagai bahasa pertamanya. Baru setelahnya, ia belajar beberapa bahasa lain termasuk Prancis dan Spanyol. Lidah bule Cinta Laura pun enggak membuatnya kesulitan untuk belajar bahasa-bahasa Eropa yang kental dengan aksen yang banyak disebut orang-orang, seperti sedang ngorok.

Nirina Zubir, diam-diam menghanyutkan!

Selama ini, Nirina Zubir selalu memiliki image yang konyol. Acapkali, peran yang dimainkannya tak jauh-jauh dari karakter wanita yang lucu dan menggemaskan. Mengejutkan, di mana ternyata dirinya menguasai 3 bahasa lain selain bahasa Inggris dan Indonesia.

Meski tidak seperti Maudy Ayunda dan Cinta Laura yang latar belakang pendidikannya telah terkuak ke publik, Nirina Zubir fasih berbahasa Prancis, Mandarin, dan Jerman, loh. Hal ini disebabkan oleh pekerjaan ayahnya sebagai diplomat, yang mengharuskan Nirina juga mengikuti perpindahan ayahnya dari negara ke negara.

Velove Vexia, bisa bahasa isyarat juga, lho

Nama Velove Vexia mungkin akhir-akhir ini sedikit tenggelam. Namun, jika dilihat sepak terjangnya dalam dunia akting, Velove Vexia merupakan aktris yang cukup brilian, loh. Karakter yang diperankannya, meski agak lempeng dan lemah gemulai selalu memiliki ciri khas yang berbeda dari orang biasa. Tak ayal, anak dari pengacara kondang OC Kaligis ini sampai belajar

Velove Vexia Bisa Bahasa Prancis [sumber gambar]
bahasa isyarat. Namun, bicara soal bahasa asing, Velove juga tak kalah dari rekan-rekan lainnya. Ia menguasai bahasa Indonesia (tentu saja), Inggris, Prancis, dan Jepang. Mahir berbahasa Prancis karena Velove pernah tinggal untuk studi di sana dan bahasa Jepang karena dalam film terakhirnya, Hujan Bulan Juni, dirinya berperan sebagai dosen Sastra Jepang.

BACA JUGA: Salut! 5 Seleb ‘Mama Muda’ Ini Berhasil Raih Gelar Master, Ada yang IPK-nya 3,98

Selain 4 selebriti di atas, sebenarnya masih banyak lagi yang menguasai bahasa asing. Agnez Mo dan Olivia Zalianty dengan bahasa Mandarinnya, Ira Wibowo dengan bahasa Jermannya, Raline Shah dan Anggun C Sasmi dengan bahasa Prancis, serta Yuki Kato dan Sherina dengan Bahasa Jepangnya. Namun, mereka hanya menguasai satu bahasa asing selain bahasa Indonesia dan Inggris, sedangkan 4 selebriti di atas hingga dua atau lebih.