7 tahun berlalu semenjak Cinta Laura Kiehl memulai debutnya di Amerika Serikat. Lulusan terbaik dari Columbia University ini juga telah terbiasa dengan budaya barat karena ia telah lama tinggal di Amerika Serikat. Banyak hal yang dipelajari Cinta Laura selama menjadi mahasiswa Psikologi dan Sastra Jerman, Columbia University, salah satunya berpikiran terbuka dan juga isu pelecehan seksual.

Dewasa ini, banyak sekali selebriti yang mengalami pelecehan seksual secara verbal, atau bisa dikategorikan sebagai body shaming. Apalagi semenjak adanya akun gosip dan akun palsu yang hobinya berkomentar seenak jidat. Sebagian besar netizen tak menyadari bahwa komentarnya bisa dikategorikan sebagai pelecehan seksual atau penyerangan secara verbal.

Cinta Laura go international [sumber gambar]
Hal ini yang baru-baru ini dialami oleh Cinta Laura dalam sebuah acara televisi Indonesia. Talk show yang dipandu oleh Hotman Paris ini mendadak viral ketika menayangkan episode Cinta Laura sebagai bintang tamunya. Kala itu, Cinta Laura yang mengenakan setelan jas dan sepatu hak tinggi, tetap menampilkan aura internasionalnya meski sedang berada di Indonesia—kalau pakai bikini kan bisa dihujat seluruh negeri, ya. No, Cinta Laura sebagai wanita Indonesia pun tahu tentang budaya berbusana ketimuran kita. Hotman Paris selaku pembawa acara pun penasaran, mengapa Cinta Laura yang sudah lama berkarier di Amerika Serikat tak mencoba memoles dirinya seperti artis Hollywood.

“No, no, no, I don’t believe in that, aku suka badan yang atletik. Kalau masalah big boobs and big boots, that’s not me, that’s not my body type,” ungkap Cinta dengan percaya diri. Hotman Paris menyatakan bahwa tubuh cinta kurang menarik karena badannya terlalu ramping. Hal tersebut diungkapkan Hotman Paris dalam sebuah acara televisi yang seolah-olah sah untuk diperbincangkan. Padahal, apa yang dilakukan Hotman Paris merupakan sebuah tindakan body shaming, loh. Dilansir dari psychologytoday.com, sebuah jurnal berjudul Journal of Adolescent Health mengungkapkan bahwa citra buruk tubuh yang dikatakan orang lain merupakan penyebab terbesar mahasiswa di Amerika Serikat bunuh diri. Beruntung, kan, Cinta Laura enggak melakukan hal-hal yang tak diinginkan ketika pulang dari syuting talk show bersama Hotman Paris.

Cinta Laura di acara Hotman Paris [sumber gambar]
Tak berhenti sampai di situ, Hotman Paris terus menyatakan pada Cinta Laura bahwa cewek yang kurus kering itu tidak menarik. Ia juga menekankan bahwa lelaki selalu melihat fisik seorang wanita baru bisa menemukan ketertarikan, ketika Cinta Laura menyebutkan ia tak percaya bahwa ada lelaki yang secara natural mengharapkan fisik seorang wanita. “No, I don’t need to be sexy. Kalau mereka lagi cari peran yang seksi bisa dikasih ke mereka yang seksi, tapi kalau mereka cari peran cewek yang pintar, then they would choose me,” balas Cinta Laura menohok. Jawaban Cinta Laura pun mendapat pujian dari netizen. Mereka salut atas bagaimana Cinta Laura melawan pelecehan seksual secara verbal dengan berani dan elegan.

Cinta Laura 2018 [sumber gambar]
Sebelumnya, Cinta Laura juga pernah mendapatkan nyinyiran serupa. Pada bulan Ramadan lalu, ia mengunggah sebuah foto berbikini dalam akun instagram pribadinya (@claurakiehl). Netizen pun menyayangkan tindakan tersebut dan parahnya, mengarah pada kritikan terhadap tubuh Cinta Laura. Berpegang teguh pada prinsip “bodo amat,” ia kembali mengunggah foto mengenakan bikini, karena hal tersebut merupakan pekerjaan yang memang harus dilaksanakan. Selain itu, cara Cinta Laura menghadapi nyinyiran netizen, tak hanya pelecehan seksual verbal saja adalah dengan prestasinya. Bukan rahasia lagi, kan, kalau Cinta Laura berhasil lulus dengan predikat cumlaude dari Columbia University dengan dua jurusan? Belum lagi, baru beberapa bulan debut di Amerika Selatan, ia sudah mendapatkan kesempatan untuk rekaman lagu dengan perusahaan besar.

Cinta Laura dan Selena Gomez x Blackpink [sumber gambar]
Belum lagi, tawaran main film layar lebar yang seabreg. Sudah pada tahu kalau Cinta Laura hampir main film bareng Bonnie Wright—pemain Ginny Weasley dalam serial Harry Potter dan juga James D’Arcy, pemain Kolonel Winnant dalam film Dunkrik. Baru debut 7 tahun dan sudah dapat peran utama dalam film Hollywood benar-benar sebuah pencapaian, bukan? Apalagi, baru-baru ini Cinta Laura juga sempat pamer foto bareng Jisoo dan Rosé Blackpink dalam sebuah fashion show di New York. Prestasinya cukup banyak untuk bungkam haters, yes?