Terlepas dari segala kontroversi yang dibuat oleh Ayu Ting Ting, Irish Bella, hingga Syahrini, masih banyak artis Indonesia yang berprestasi. Bukan hanya dalam karier, tapi juga tak melupakan pendidikannya. Nama-nama seperti Tasya Kamila, Cinta Laura, hingga Maudy Ayunda dan Gita Gutawa pasti sudah tak asing lagi.

Sebagai selebriti lulusan kampus luar negeri yang banyak tekanan, mereka tetap memberikan karya terbaik sebagai artis tanah air. Jika Tasya Kamila hanya lulus S2 dan Cinta Laura baru menyelesaikan S1-nya di Columbia University, Maudy Ayunda dan Gita Gutawa borong gelar sarjana dan master di kampus luar negeri, loh. Intip perjalanan sekolahnya dalam ulasan ini, yuk!

Maudy Ayunda dan Gita Gutawa sudah siap sekolah di luar negeri dari awal

Dilihat dari jejak pendidikannya, ternyata dari SMP, Maudy Ayunda sudah menempuh pendidikan di sekolah internasional. Ia bersekolah di Mentari International School dan dilanjutkan ke British International School saat SMA. Tak ayal, dirinya memilih Oxford University ketika akan melanjutkan S1-nya.

SMP dan SMA Maudy Ayunda – Gita Gutawa adalah sekolah internasional [sumber gambar]
Sedangkan Gita Gutawa, ia bersekolah di SMP Al-Izhar dan dilanjutkan ke SMA Bina Nusantara. Meski tak terlihat ada label “international” di sana, bukan hal baru lagi jika banyak murid-murid di sekolah Al-Izhar dan Bina Nusantara yang melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Columbia University vs Oxford University, bikin Maudy Ayunda galau!

Jika banyak netizen yang menyebutkan Maudy Ayunda adalah the real definition of brain and beauty, maka yes, indeed, she is. Sebelum galau untuk menentukan kampus tempat menempuh pendidkan S2, Maudy juga dibuat bingung akan masuk ke sekolah mana untuk mendapat gelar sarjananya.

Maudy Ayunda diterima di 8 universitas top dunia [sumber gambar]
Ketika akan memulai studi S1-nya, Maudy Ayunda telah diterima dalam 8 universitas luar negeri dari Amerika Serikat hingga Inggris. Kala itu, hatinya mantap akan berangkat ke Columbia University (kampus Tasya Kamila dan Cinta Laura), lalu batal karena ia telah mendapat konfirmasi penerimaan di Oxford University, jurusan Philosophy, Politics, and Economy.

Gita Gutawa bulat tekadnya kuliah di Inggris

Berbeda dari Maudy Ayunda yang mencoba banyak kampus, Gita Gutawa fokus untuk menempuh pendidikan S1-nya di Inggris. Ia diterima di University of Birmingham, Inggris, pada tahun 2014 silam di jurusan Ekonomi Pembangunan. Lulus tepat waktu, Gita Gutawa tak berhenti di S1 saja, ia langsung melanjutkan sekolahnya ke gelar master.

Gita Gutawa S2 hanya satu tahun [sumber gambar]
Gilanya lagi, Gita Gutawa hanya butuh 1 tahun untuk menyelesaikan S2-nya di London School of Economics and Political Science, sekolah impiannya. Dapat beasiswa LPDP pula seperti Tasya Kamila. Kabarnya, sih, Maudy Ayunda juga bakal berangkat ke Amerika Serikat dengan sponsor LPDP.

Dua kampus ternama di Amerika Serikat memperebutkan Maudy Ayunda

Hal yang bikin dunia maya gonjang-ganjing belakangan ini adalah diterimanya Maudy Ayunda di kampus Harvard dan Stanford, Amerika Serikat. Ia diterima dalam program Master of Education di Harvard University juga Master of Business Administration (MBA) di Stanford University. Bahkan, bagi warga negara Amerika Serikat saja, dua kampus tersebut sangat bergengsi dan susah sekali menjadi mahasiswanya.

Maudy Ayunda galau antara Harvard atau Stanford University [sumber gambar]
Kini, Maudy Ayunda benar-benar harus memilih salah satu di antara dua kampus tersebut. Melansir dari ngobrol serunya bersama Boy William dalam video #NebengBoy, cita-cita Maudy Ayunda sebagai guru akan lebih terealisasi ketika ia melanjutkan studinya di Master of Education Harvard University.

BACA JUGA: Nggak Hanya Cantik, Prestasi 7 Wanita Muda Indonesia Ini Bikin Bangga Tanah Air

Dilema Maudy Ayunda diterima di dua kampus ternama di dunia lalu menjadi cambuk bagi netizen, terutama mereka yang sering berkicau di twitter. @handokotjung bilang “level bingung Maudy Ayunda: dilema mau masuk S2 Harvard atau Stanford, level bingung aku: dilema mau makan siang ayam geprek atau nasi padang.” Anyway, congrats Maudy Ayunda! Semoga bisa menyusul Gita Gutawa mengharumkan nama bangsa dalam kiprah pendidikan.