Berbekal akses yang mudah untuk menjadi artis, banyak selebriti tanah air yang setelah sukses tak lagi melanjutkan pendidikannya. Bahkan beberapa di antara mereka tak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Berbeda dengan idol K-Pop yang harus lulus dari jurusan kesenian serta menjalani masa trainee selama bertahun-tahun.

Namun, ternyata oh ternyata, masih ada 5 dari ratusan artis tanah air yang masih peduli akan pendidikannya. Bahkan, di sela-sela kesibukan syuting dan mengurus rumah tangganya mereka berhasil memperoleh gelar masternya. Penasaran siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini.

1. Ashanty, berhasil raih gelar Master dalam waktu 1,5 tahun

Setelah menikah dengan Anang Hermansyah, nama Ashanty mulai terangkat kembali. Banyak lagu-lagu yang dikeluarkan serta acara televisi yang dihadirinya. Namun, beberapa hari terakhir ia tak pernah terlihat lagi di layar kaca. Tampaknya, hal tersebut dikarenakan ia sedang fokus dengan kuliahnya.

Ashanty Wisuda S2 [sumber gambar]
Ia mengambil pendidikan S2 di jurusan Manajemen Bisnis, Binus University, Jakarta. Di tengah-tengah kesibukannya mengurus Arsy dan Arsya, serta bisnisnya yang bejibun, ia berhasil menyelesaikan pendidikannya tepat waktu. Hal ini membuktikan bahwa tak semua artis Indonesia menyepelekan pendidikan.

2. Annisa Pohan, selebriti yang konsisten dengan pendidikannya

Lahir di Boston, Amerika Serikat tak membuat Annisa Pohan kesulitan belajar di Indonesia. Ia merupakan siswi berprestasi dari SD hingga SMA. Ia lalu melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu Ekonomi, Universitas Padjadjaran, Bandung.

Annisa Pohan Wisuda S2 [sumber gambar]
Tak berhenti sampai di situ, ia pun kembali melanjutkan pendidikannya di ranah yang sama, yaitu Manajemen, Universitas Indonesia. Padahal, saat-saat ia mengerjakan tesis merupakan momen terberat dalam mengurus anak satu-satunya. Namun pada akhirnya, ia berhasil meraih gelar M.M-nya dengan gelarĀ cumlaude dan IPK 3,98 pada tahun 2013 berkat dukungan penuh dari suami dan juga keluarga.

3. Oki Setiana Dewi, pakai toga sambil gendong sang buah hati

Sama seperti Annisa Pohan, Oki pun termasuk salah satu selebriti yang konsisten dengan pendidikannya. Jurusan yang ditempuh semasa kuliah pun tak biasa. Ia mengambil S1-nya di jurusan Sastra Belanda, Universitas Indonesia. Tak kapok, ia pun melanjutkan pendidikan di jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta.

Oki Setiana Dewi Wisuda S2 [sumber gambar]
Kakak dari Ria Ricis ini berhasil mendapat gelar masternya pada tahun 2015 lalu, sembari mengurus 3 buah hatinya. Bahkan, ia masih sempat mendekap hangat anaknya ketika wisuda loh! Pada tahun 2016 lalu, ia kembali melanjutkan kuliahnya di jurusan Pengkajian Islam, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

4. Hefiza Novianti, banting setir dari dunia hiburan ke pendidikan

Jika beberapa tahun lalu kita sering melihat Herfiza Novianti berkiprah di FTV ataupun film layar lebar, kini kita hanya bisa menemuinya di sekitaran kampus Universitas Moestopo, Jakarta. Hal tersebut dikarenakan ia sudah diangkat menjadi dosen tetap di sana, setelah melalui perjalanan panjang.

Herfiza Novianti Wisuda S2 [sumber gambar]
Menjadi dosen tentu saja tak bisa sembarangan, tenaga pendidik tersebut harus memiliki latar belakang pendidikan yang baik pula. Maka dari itu, istri Ricky Harun ini bisa mendapatkan posisi tersebut setelah lulus dari IPB dengan gelar Master pada tahun 2017 lalu. Meski kuliahnya sempat tertunda karena masa kehamilannya, ia membuktikan pada masyarakat bahwa dirinya memang konsisten terhadap pendidikan.

5. Dian Sastrowardoyo, kuliah di tengah hamil anak keduanya

Siapa yang tak kenal Dian Sastrowadoyo? Pasti Saboom juga sudah paham bagaimana kiprahnya di dunia hiburan. Selain menjadi aktris nomor satu di Indonesia, sepak terjang pendidikannya juga tak bisa diremehkan loh. Sama seperti Oki Setiana Dewi, jurusan S1 yang diambil oleh lawan main Nicholas Saputra di AADC ini juga tak main-main.

Dian Sastrowardoyo Wisuda S2 [sumber gambar]
Ia mengambil jurusan Filsafat di Universitas Indonesia. Setelah menikah dan memiliki satu putra, ia pun kembali kuliah untuk menggapai gelar Masternya di jurusan Manajemen, Universitas Indonesia. Hamil besar pun tak menjadi halangan baginya untuk tetap belajar dan menyelesaikan pendidikannya dengan baik.

Ulasan di atas ini membuktikan bahwa selebriti kita tak hanya modal tampang tapi memiliki kualitas yang oke juga. Lewat ulasan ini pula, kita bisa memilah dan memilih mana artis yang bisa dijadikan panutan, mana yang cukup hanya diketahui saja. Di antara 5 artis di atas, siapa yang paling kalian idolakan?