Categories: Tips

7 Lelucon April Mop Paling Menggemparkan Selama 7 Tahun Terakhir

Hari pertama bulan April dikenal sebagai April Mop oleh sebagian besar orang barat. Ini disebut juga dengan istilah April Fools’ Day yang selalu diperingati pada tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu orang-orang dianggap boleh melakukan kebohongan ataupun membuat berita hoax sebagai lelucon tanpa dianggap bersalah.

Baca Juga :15 Hal Gila yang Hanya Dapat Ditemukan di Jepang

Menurut sejarah April Mop telah ada sejak abad ke-15, sejak saat itu telah muncul berbagai berita bohong per tanggal 1 April. Tak sedikit pula orang-orang yang tertipu dengan berita-berita hoax yang diberitakan terutama oleh stasiun televisi ternama. Dari berbagai sumber, inilah 7 lelucon April Mop paling menggemparkan selama 7 tahun terakhir.

1. Google Mengeluarkan Produk yang Memungkinkan Pengiriman Kopi ke Rumah Pelanggan – 2014

Berbagai lelucon mengisi April Mop tahun 2014. Mulai dari pemberitaan yang menyatakan warga Amerika kehilangan minat membaca, sampai kabar perusahaan teknologi Microsoft peluncuran produk behel yang berfungsi sebagai kamera sekaligus video proyektor. Dari sekian banyak berita hoax ada satu yang menarik perhatian dunia.

Perusahaan Google merilis sebuah produk bernama Coffee-To-The-Home (CTTH). Ini merupakan sebuah program terbaru dari Google Fiber yang memungkinkan kopi untuk bisa langsung disalurkan ke rumah-rumah pelanggan. Kopi akan disalurkan melalui colokan Google Fiber. Jadi orang-orang tidak perlu repot membuat kopi, mereka cukup mengoperasikan aplikasi bawaan guna memilih campuran kopi yang diinginkan. Setelah itu tinggal membuka kran Fiber dan kopi pun siap dinikmati. Apa kata Google perihal temuannya? “Selamat, Anda kena April Mop!”

2. Penemuan Mesin Teleportasi – 2013

Pada tahun 2013, lelucon April Mop lebih ekstrim lagi. Pasalnya pada tahun itu berbagai berita hoax yang seolah-olah nyata banyak bermunculan. Beritanyapun dikemas dengan cara yang menarik sehingga membuat banyak orang tertipu. Dimulai dari kantor berita kenamaan Daily Mail yang memberitakan peluncuran toilet bertema Fifty Shades of Grey, hingga maskapai penerbangan Virgin Airlines memberitakan jika mereka mempunyai pesawat berlantai kaca.

Namun yang paling menyita perhatian dan membuat banyak orang penasaran adalah sebuah video yang dikeluarkan oleh Fakultas Teknik Universitas Michigan. Video tersebut memperlihatkan bahwa para peneliti telah berhasil menciptakan sebuah mesin teleportasi yang artinya manusia telah berhasil menciptakan semacam pintu kemana saja milik Doraemon. Tentu saja orang-orang diseluruh dunia menjadi gempar (sampai akhirnya tahu kalau hari itu adalah April Mop).

3. Cat Mobil Peugeot Berubah Warna Sesuai Mood Pengemudi – 2012

Beberapa pemberitaan bohong yang ada pada April Mop tahun 2012 cukup beragam, mulai dari kabar dari situs media sosial Twitter yang mengurangi jumlah karakter menjadi 133 karakter saja per posting dengan dalih penghematan sampai berita dari Selandia Baru yang memiliki bus tingkat tiga.

Berita yang tak kalah menggemparkan dari pabrikan mobil merk Peugeot yang merilis sebuah video peluncuran varian mobil baru mereka. Mereka meluncurkan mobil berteknologi canggih yang dapat mendeteksi mood atau suasana hati pengemudinya. Mobil Peugeot seri RCZ ini mampu merubah warna catnya sesuai dengan suasana hati sang sopir. Canggih sih, sayangnya hanya bualan April Mop.

4. Koran yang Dapat Dimakan – 2011

April Mop tahun 2011 ditandai dengan sebuah berita mengejutkan dari sebuah perusahaan media asal Inggris ternama, UK Metro Herald yang mengumumkan akan mengeluarkan surat kabar yang bisa dimakan. Tujuannya adalah sebagai salah satu cara untuk mengkampanyekan proses daur ulang terhadap sampah koran.

Foto via Hoaxes

Proses pencetakan surat kabar ini akan menggunakan bahan-bahan seperti tepung jagung, minyak sayur, air dan asam sitrat yang nantinya akan dicampur menjadi satu dan dibentuk menjadi lembaran tipis. Produk tersebut akan ditambahkan aroma vanili agar menggugah selera makan dari pembacanya. Andai bukan hoax, bisa-bisa koran ikut jadi menu sarapan nih.

5. Google Berubah Nama Jadi Topeka – 2010

Setiap tahun Ggogle selalu rutin membuat berita hoax untuk memperingati April Mop. Tahun 201,0 perusahaan ini memberitakan bahwa meraka secara resmi mengubah namanya menjadi Topeka. Perubahan nama ini berkaitan dengan keputusan terbaru walikota Topeka, Kansas yang mengubah nama wilayahnya menjadi Google.

Foto via Hoaxes

Google juga memperingatkan para pengguna produk layanan Google untuk segera membiasakan diri dengan nama baru pasalnya semua produk akan berganti nama juga menjadi Topeka seperti Google Maps yang berubah menjadi Topeka Maps dan lain sebagainya.

6. Isi Ulang Permen Karet – 2009

Tahun 2009 media dunia digemparkan dengan berita yang menyatakan pesawat super sonik Concorde terbang kembali. Maskapai milik Prancis ini sudah berhenti beroperasi sejak 2003 setelah kecelakaan maut yang merenggut banyak korban. Namun pemberitaan utama yang bikin heboh bukanlah mengenai pesawat Concorde yang beroperasi kembali, melainkan sebuah berita tentang permen karet yang dapat diisi ulang.

Foto Via Hoaxes

Situs HowStuffWorks memberitakan sebuah perusahaan baru, ReBubble sedang mengeluarkan produk terbaru mereka berupa alat isi ulang permen karet. Jadi permen karet yang sudah hambar akan dicolokkan pada stasiun pengisian khusus dengan cara mencolokkan permen karet pada soket listrik. Setelah diisi ulang permen karet akan mengembang lagi dengan rasa yang sama saat pertama kali dibeli. Meski disebut hoax, namun ada web ini juga mengatakan bahwa hal tersebut bukan tidak mungkin dilakukan.

7. Penguin Terbang – 2008

Kantor berita BBC mengumumkan bahwa kru kamera syuting di dekat Antartika telah menangkap rekaman berupa penguin Adelie yang bisa terbang. Berita hoax ini sempat dipercayai banyak orang, terbukti dengan banyaknya orang yang melihat video ini yang diunggah di Youtube bahkan saat itu video penguin terbang menjadi video dengan penonton terbanyak di dunia.

Dalam video tersebut memperlihatkan seorang presenter bernama Terry Jones yang menjelaskan bahwa penguin-penguin tersebut terbang ke udara dan melakukan migrasi menuju hutan hujan di Amerika Selatan. Tidak ada penjelasan mengenai bagaimana BBC membuat efek khusus dari pinguin terbang tersebut.

Itulah lelucon April Mop paling menghebohkan sepanjang tujuh tahun terakhir. Kita tunggu berita heboh apa yang akan terjadi pada April Mop tahun ini.

Share
Published by
Alfry

Recent Posts

Perempuan Asal NTT Ini Melahirkan Sendiri dan Memutilasi Anak Hasil Hubungan Gelapnya

Tak jarang karena kesenangan sesaat, ada nyawa yang harus direlakan. Seperti yang terjadi di Nusa…

3 months ago

Mahasiswi UI Sekaligus Tiktoker Rahma Azzahra Meninggal Setelah Alami Kecelakaan di Tol

Kabar duka datang dari seorang Tiktoker bernama Rahma Azzahra Putri Hariyadi. Ia meninggal dunia di…

3 months ago

Polemik Uang Konsumsi dan Transport Pelantikan Anggota KPPS yang Diduga Disunat

Pemilihan umum atau Pemilu sudah makin mendekati hari H. Namun, beberapa hari lalu ada dugaan…

3 months ago

Profil dan Rekam Jejak Tom Lembong yang Namanya Mencuat Jelang Pilpres 2024

Nama Thomas Trikasih Lembong, atau lebih dikenal sebagai Tom Lembong, kembali mencuat setelah debat cawapres…

3 months ago

Komika Felix Seda Dikecam Netizen Setelah Lontarkan Pelecehan Verbal kepada Najwa Shihab

Nama komika Felixus Juang Seda, atau lebih dikenal sebagai Felix Seda, tengah menjadi pembicaraan hangat.…

3 months ago

Ada-Ada Saja, Orang Jatim Ini Mau Jual Ginjalnya Buat Modal Nyaleg

Sudah menjadi rahasia umum jika biaya kampanye sangatlah mahal. Kebutuhan kampanye memang membutuhkan banyak biaya.…

3 months ago