Categories: Trending

5 Hal ini yang Membuat Amerika Segan Dengan Indonesia

Media tidak pernah bohong ketika menyebut amerika adalah negara adidaya. Ya, negerinya Obama itu adalah negara gila yang saat ini menggenggam dunia. Mereka menguasai hampir sektor mana pun. Mata uang, hiburan, militer dan sebagainya. Amerika ibarat monster di antara negara-negara lainnya yang diumpamakan seperti hobbit. Meskipun begitu, Amerika tidak bisa berpongah terhadap beberapa negara tertentu. Indonesia, negara kita masuk dalam daftar keren tersebut.

Baca Juga : 5 Kontribusi Hebat Indonesia Untuk Dunia Ini Akan Membuatmu Selalu Bangga

Secara logika, Amerika menang jauh dari Indonesia dalam banyak hal. Ya, memang, namun ada banyak alasan kenapa Negeri Paman Sam itu justru seakan sungkan dan segan ketika ingin macam-macam, setidaknya secara langsung.

Inilah alasan-alasan kenapa Amerika yang se-jumawa itu sampai takut dengan negara kita.

1. Insinyur Soekarno

Dari banyaknya tokoh penting sepanjang sejarah Indonesia, hanya nama presiden pertama kita yang paling disegani Amerika. Tegas, berani, dan juga punya pengaruh kuat di mata jutaan rakyat, membuat Soekarno adalah tantangan besar bagi Amerika untuk menaklukkannya.

Dari semua tokoh di Indonesia, Soekarno adalah yang paling ditakuti Amerika [Image Source]
Kembali ke awal-awal Freeport dulu pertama kali mendapatkan izin, Soekarno dengan tegas memaksa pihak pengelola dalam hal ini Amerika memberikan sebagian hasilnya kepada rakyat. Presiden Amerika saat itu, John F. Kennedy sudah setuju. Namun, kemudian beredar konspirasi macam-macam yang kebenarannya masih abu-abu itu, sehingga pada akhirnya Amerika berhasil mengeruk Freeport habis-habisan, tanpa memberikan banyak kepada rakyat.

Jika Soekarno berani mengatakan tetangga sebelah “Cecunguk Malayan,” apalagi Amerika yang jauh di sana. Mungkin jika berani cari gara-gara, Soekarno tak segan memaki lebih gila lagi.

2. Melawan 249 Juta Penduduk Indonesia? Jelas Bikin Keder

Per tahun 2015 inilah jumlah penduduk di Indonesia. Sangat lah banyak untuk ukuran negara yang kalau dibandingkan dengan Amerika hanya sekitar sepersepuluhnya saja. Karakteristik orang Indonesia gampang terpancing dengan hal-hal sensitif mengenai kedaulatan negara. Ingat saat Malaysia cari ribut beberapa waktu lalu? Rakyat bereaksi keras dan tak segan ikut berbondong melakukan perlawanan. Amerika pun akan merasakan kemurkaan rakyat Indonesia kalau sampai berani macam-macam.

Ya, melawan ratusan juta orang Indonesia, tentu bikin Amerika keder [Image Source]
 Penduduk Amerika mungkin 300 juta lebih, namun tipikal orang sana beda dengan kita. Penduduknya banyak yang acuh dengan negaranya. Mungkin ada yang patriotik, namun bukan mayoritas. Sehingga kalau sampai berperang, mungkin mereka akan lebih memilih menyelamatkan diri dari pada tergabung dalam kamp-kamp militer.

3. Jangan Lupakan Tentara Mematikan Milik Negara Kita

Di bidang kemiliteran, Indonesia bukan nomor satu. Meskipun demikian, soal pamor, tentara kita sudah cukup membuat negara lain begidik ngeri kalau sampai berhadapan di medan perang. Mendominasi dalam kejuaraan ketentaraan beberapa waktu lalu hanya segelintir dari banyak hal gila yang bisa ditunjukkan tentara nasional kita kepada dunia.

Tentara kita punya pamor mematikan di dunia. Bahkan Amerika sendiri juga mengakui hal tersebut [Image Source]
Amerika mungkin juga tahu kalau tentara kita memiliki unit-unit spesial yang lebih gila dari tentara regular. Paskhas, Kopassus, dan jajaran pasukan elit lainnya sudah cukup untuk membuat Indonesia menjadi negara yang disegani, bahkan oleh Amerika.

4. Indonesia Didukung Oleh Negara-Negara Penting

Seumpama skenario terburuk terjadi, Amerika menyerang Indonesia, mungkin yang akan melawan mereka bukan hanya kita. Tapi, juga negara-negara sahabat Indonesia. Seperti yang kamu tahu, negara kita ini memang disukai di dunia karena keramahan dan sikap pertemanannya yang kuat. Layaknya seorang sahabat, ketika temannya diganggu tentu saja takkan tinggal diam.

Indonesia berkawan dengan negara-negara besar yang jadi bebuyutan Amerika [Image Source]
China, Korea Utara dan Rusia adalah teman baik Indonesia dan secara historis punya hubungan buruk dengan Amerika Serikat. Indonesia sendirian sebenarnya sudah cukup kuat, tapi bantuan dari negara-negara sahabat akan membuat tanah air kita makin tak terkalahkan.

5. Amerika Punya Kepentingan Besar di Indonesia

Satu alasan logis kenapa Amerika tidak pernah melakukan intervensi apa pun terhadap Indonesia, adalah lantaran negaranya Obama tersebut punya kepentingan besar di Sini. Secara politis dan Ekonomi khususnya. Sebagian pendapatan Amerika disumbang Indonesia lewat operasi tambang-tambang seperti Freeport dan lainnya. Amerika ngawur dengan Indonesia, tinggal depak saja itu mesin-mesin tambang yang akan membuat mereka kehilangan miliaran dolar.

Sampai kepentingan besar mereka usai, Amerika takkan berani macam-macam [Image Source]
Tapi, namanya juga kepentingan, kalau sudah tak butuh lagi, bukan tidak mungkin mereka berani mengusik. Namun, kalau dilihat dari potensi Indonesia yang begitu besar, Amerika takkan pernah melepaskan kita bahkan setelah Freeport dan tambang lainnya hanya tinggal pasir-pasir limbah saja.

Baca Juga : 6 Bukti Ini Menunjukkan Kalau Penduduk Timor Leste Sulit Lepas dari Indonesia

Inilah alasan kenapa Amerika sangat segan dengan Indonesia. Kita harus bangga karena negara ini dihormati dan tak dipandang sebelah mata oleh mereka. Memang, ketika sangat serius negara ini bisa berubah menjadi macam dan kemudian menerkam siapa pun yang mengganggunya. Proud to be Indonesian!

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Harga Beras Melambung Tinggi, Berdampak ke Ekonomi hingga Sosial di Masyarakat

Masyarakat Indonesia sedang dihebohkan dengan kenaikan harga beras yang tengah terjadi. Melambungnya harga beras jadi…

2 months ago

Kasus Perundungan di Binus School Serpong, Seret Anak Vincent Rompies

Kasus perundungan beberapa kali mencuat ke publik setelah video viral yang beredar di dunia maya.…

2 months ago

Keguguran Calon Anak Kedua, Nikita Willy Ungkapkan Rasa Bersalah dan Hancur

Menikah dengan pengusaha muda, Indra Priawan Djokosoetono, pada tahun 2020 lalu, aktris cantik Nikita Willy,…

2 months ago

Mayor Teddy Viral karena Aksi Heroik, Sampai Digosipkan dengan Celine Evangelista

Belakangan, nama Mayor Teddy jadi perbincangan hangat netizen, foto wajah tampannya terlihat dibagikan netizen di…

2 months ago

Sebulan Kenal Langsung Lamaran, Ini Fakta Pertunangan Ayu Ting Ting dan Muhammad Fardhana

Kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan datang dari penyanyi dan pembawa acara Ayu Ting Ting. Setelah berpisah…

2 months ago

Pakai Foto Nyeleneh sampai Tak Diusung Partai, Ini Alasan Komeng Maju Nyaleg DPD Jawa Barat

Ada kejadian menghebohkan saat penyelenggaraan Pemilu 2024 yang diadakan serentak pada 14 Februari 2024 lalu.…

3 months ago