Unik Aneh

Alexander Hare, Raja Zaman Kolonial yang Doyan Membuat Budak Nusantara jadi Selirnya

Zaman sekarang ini sangat banyak pria yang dicap sebagai playboy. Ya, sering gonta-ganti pasangan dan tak mau hubungan serius adalah salah satu ciri dari mereka. Mungkin karena zaman sudah maju, makanya menjadi seorang playboy saat ini jadi sangat mudah. Tinggal modal HP sudah bisa menggaet banyak wanita.

Di zaman dulu, ternyata juga ada playboy namun kelas sangat berbeda. Bukan hanya menjalin asmara dengan banyak wanita, namun juga membuat mereka jadi selirnya. Dialah Alexander Hare si playboy pemimpin Maluka yang namanya sempat bikin geger. Lalu bagaimana kisahnya? Simak ulasan berikut ini.

Alexander Hare si raja di Maluka

Kamu mungkin sering dengan Maluka, tapi pernah dengar tempat itu ada? Dulu tempat bernama Maluka itu benar ada dan daerahnya dipimpin oleh seorang penguasa bernama Alexander Hare. Pada masa kolonial, Maluka sendiri terletak di Kalimantan Selatan dan dianggap sebagai sebuah kerajaan.

Penjajah zaman dulu [sumber gambar]
Dilansir dari laman Tirto, saat Inggris sempat memiliki wilayah di sana, saat Thomas Stamford Raffles memegang jabatan gubernur Jenderal, Hare diberikan jabatan besar di Maluka. Sejak saat itulah dia memimpin dan mengembangkan bisnisnya di sana. Hingga akhirnya Hare harus meninggalkan kerajaannya itu karena beberapa alasan.

Pertemuan dengan budak wanitanya

Satu hal yang lekat dari sosok yang satu ini adalah hubungannya dengan budak-budaknya. Salah satu kisah yang terkenal adalah saat Hare terpikat dengan budaknya dari India yang bernama Dishta. Budak itu akhirnya menjadi istri Alexander Hare, bahkan mewarisi banyak hartanya. Tidak hanya Dishta, banyak budak lain seperti Moskina dari tanah Bugis, Sarinten Jagolan dari Sunda, Mariatim dari Timor, Kodarmina dari Papua.

Harem milik Hare [sumber gambar]
Semua budak perempuan itu dijadikan selir dan nyai yang akan selalu ikut ke mana pun Hare pergi. Hingga akhirnya Belanda berkuasa lagi di nusantara dan Hare harus terusir dari Hindia Belanda. Sebenarnya sebelum benar-benar hengkang, Hare sempat singgah ke Batavia hingga Lombok, namun akhirnya diketahui petugas dan diusir kembali.

Kehidupan di Pulau Cocos

Alexander Hare setelah hengkang dari Maluka dengan semua kekayaannya, memilih untuk pergi ke Afrika. Namun karena tak kerasan, dirinya memilih membeli perahu dan pindah lagi ke Kepulauan Cocos. Di sana, dirinya hidup tentram dengan para budak yang dijadikan selir-selirnya itu.

Memilih hengkang [sumber gambar]
Bahkan ia punya kebiasaan tak lazim, yaitu mandi dengan bertelanjang dada di tempat umum dengan para selirnya itu. Hingga akhirnya dia mengakhiri mandinya dengan melakukan hubungan suami istri dengan para selirnya. Keberadaan Hare di Kepulauan Cocos cukup memberikan dampak yang besar, karena sejak saat itu kampung Melayu dan Banten di sana jadi ada.

Tak tentram dan kembali ke Nusantara

Kehidupan tentram di Pulau Cocos sepertinya tak lama, ketika bawahannya ikut ke sana dia merasa terganggu. Ya, mantan bawahannya itu berjenis kelamim laki-laki bernama Kapten John Clunies Ross bersama dengan rombongannya.

Selir raja [sumber gambar]
Para selir dan budak dari Hare tertarik dengan kedatangan mereka dan sebagian memilih pisah dengan Hare. Bahkan selir yang awalnya berjumlah belasan orang, tinggal 4-5 orang saja. Akhirnya Hare memutuskan untuk kembali ke Bengkulu dan berbisnis di sana. Alexander Hare meninggal pada tahun 1831 dan istrinya Dishta mewarisi semua hartanya.

BACA JUGA: Pria Pengangguran Ini Punya 16 Istri dan 151 Anak, tapi Nggak Pernah Kekurangan Duit

Kisah Alexander Hare ini sempat termuat dalam beberapa buku sejarah. Meskipun keberadaannya penuh dengan kontroversi, namun dapat membantu kita mengetahui keadaan nenek moyang zaman dulu. Ternyata di Indonesia dulu juga tidak terlepas dari perbudakan.

Share
Published by
Arief

Recent Posts

Fakta Rosmini Pengemis Viral, Tinggal di Jalanan Belasan Tahun hingga Diduga ODGJ

Beberapa waktu lalu, viral sebuah video yang memperlihatkan seorang pengemis karena aksinya yang dianggap meresahkan.…

2 days ago

4 Fakta Timnas Indonesia Masuk Semifinal, Larangan Nobar hingga Kalah dari Uzbekistan

Masyarakat Indonesia sedang berbahagia dan bangga terhadap Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang baru saja menorehkan…

3 days ago

Buat Video Penistaan Agama, Tiktoker Galih Loss Ditangkap

Media sosial kini menjadi tempat berbagi cerita dan mencari hiburan, tak heran banyak orang yang…

4 days ago

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

5 days ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

6 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

1 week ago