Categories: Trending

8 Alasan Kamu Harus Bangga Menjadi Warga Negara Indonesia

Hari-hari ini, rasa nasionalisme rasanya semakin tergerus saat harga BBM melonjak dan nilai tukar rupiah makin terpuruk. Duh, boleh nggak sih pindah kewarganegaraan aja daripada terus menerus bertahan di Indonesia? Eits, hapuskan pikiran buruk seperti itu ya. Justru di balik segala kekurangan negeri ini, ada banyak kelebihan yang harus kita syukuri.

Lebih tepatnya, kita harus bangga tinggal dan menjadi warga negara Indonesia. Tahukah kamu, bahwa masyarakat di sini begitu kreatif dalam mengolah berbagai bahan pangan, bahkan bunga pepaya dan kulit melinjo saja bisa menjadi hidangan yang lezat dan mengenyangkan? Tidak hanya itu, ada 10 alasan lain kenapa kita wajib bahagia hidup di bumi pertiwi ini:

1. Warganya Ramah, Jangan Takut Kesasar di Tengah Jalan

Bohong banget deh jika kita tidak pernah kesasar satu kalipun seumur hidup. Pasti pernah dong salah belok, atau hilang arah di tengah jalan yang kita tidak pernah lewati? Namun akhirnya pasti nemu jalan keluar deh. Karena apa? dikasih tahu sama orang yang berada di sana!

Percaya atau enggak, cuma orang Indonesia lho yang suka berada di luar rumah misalnya untuk ngobrol dengan tetangga atau sekadar duduk-duduk di teras. Kalau kamu tinggal di luar negeri dan kesasar, bakalan repot banget karena aktivitas warganya mostly di dalam rumah atau di pusat kota. Udah gitu, warga Indonesia juga ramah dan ringan tangan dalam menolong. Hayo siapa yang udah pernah kesasar trus akhirnya bisa pulang karena dikasih petunjuk arah sama orang yang ditemui di jalan?

2. Jangan Khawatir Kehabisan Bahan Makanan, Berbagai Tanaman Bisa Dimanfaatkan

Buat yang bepergian ke luar negeri, pasti deh terasa kalau makanannya itu monoton. Paling seputar daging, sayurannya juga cuma itu-itu aja. Beda dengan di Indonesia, aneka tanaman beserta bagian-bagiannya bisa diolah menjadi menu yang lezat banget. Siapa sangka sih kalau kulit dari melinjo bisa dijadikan tumis dan daun ketela bisa jadi gulai sayur yang enak?

Kreatifitas orang Indonesia dalam mengolah aneka hasil tanaman patut diacungi jempol. Kamu boleh keliling dunia dan mencari negara yang punya hasil makanan, minuman dan jajanan yang banyak kayak Indonesia. Dijamin nggak nemu deh.

3. Indonesia Punya Wilayah Yang Sangat Luas, Jangan Takut Kehabisan Lahan Untuk Tempat Tinggal

Walaupun maju dan keren luar biasa, fakta bahwa negara di Eropa kebanyakan kecil-kecil dan cuma seluas satu Provinsi di Indonesia membuat harga properti seperti rumah harganya selangit. Jadi solusinya ya tinggal di apartemen, itupun tidak terlalu luas. Nah kalau tinggal di Indonesia, kamu bisa punya rumah seluas lapangan bola dengan taman hijau di desa, bisa! Harganya juga tidak mahal.

Buat yang kerjanya tidak harus ngantor atau ditempatkan di pelosok, jangan pesimis dulu. Ini kesempatanmu untuk tinggal di satu tempat dengan harga tanah dan rumah yang tidak terlalu mahal tapi lega. Bagaimanapun juga, memandang ke luar tidak langsung kepentok tembok itu menyenangkan lho.

4. Hubungan Antar Manusia Masih Erat, Jangan Takut Kesepian

Kamu belum punya pacar? Atau hidup habis menatap layar monitor di kantor? Rasanya pasti kesepian banget ya. Tapi bersyukurlah, saat kamu pulang ke rumah kamu punya tetangga samping kanan kiri depan belakang yang ramah dan bisa jadi temanmu. Saat kamu butuh bantuan, mereka akan datang dan juga menolongmu. Hubungan antar manusia di Indonesia memang kuat banget, bahkan melebihi dengan saudara sendiri.

Coba sekarang dipikir deh, emangnya di luar negeri ada pos kamling? Di sana mah semua orang bayar satpam aja. Kalau di Indonesia, bapak-bapak pada giliran jaga pos untuk keamanan bersama. Sambil jaga sambil main catur, nonton bola, seru banget. Gitu juga dengan ibu-ibunya, ada tetangga menggelar hajatan, pada bantuin tanpa diminta. Ya cuma ada di Indonesia!

5. Walau Jam Karet, Masyarakat Indonesia Masih Sadar Diri

Kalau kamu tinggal di kota besar, mungkin hal ini jarang terjadi. Tapi kalau di daerah, yang namanya orang tidak sengaja menginjak kaki orang lain walau hanya sedikit pasti langsung minta maaf. Begitu juga kalau datang telat, merusakkan barang dan lain sebagainya.

Rasa bersalah dan tidak enaknya masih tinggi, jadi tidak sakit hati banget deh ya kalau misal ada yang janjian sama kita trus mereka telat datang, setidaknya masih ada kata maaf. Egoisme juga rendah jadi berasa nyaman dan hangat di hati.

6. Sebutkan Objek Wisata Yang Tidak Ada di Indonesia, Hayo? Tidak Ada!

Kamu suka gunung? ada buanyak sekali gunung yang bisa didaki di Indonesia. Atau kamu hobi diving? negeri kita tercinta dinobatkan sebagai salah satu surga diving dunia. Kamu mau shopping sampe kantong jebol? mall di Indonesia menyediakan merek-merek yang kamu mau lengkap kap kap! Gua, pantai, bangunan tua, sampai wisata kuliner juga lengkap.

Kalau sudah begini, bagaimana bisa kita jalan-jalan ke luar negeri dulu sebelum khatam menjelajah negeri sendiri? Kalau nggak percaya, coba ketik ‘derawan’ ‘pink beach komodo island’ ‘pulau weh’ dan ‘belitong’ di Google, dijamin kamu batal deh liburan ke luar negeri.

7. Mau Makan Mahal, Ada. Mau Makan Harga Miring Luar Biasa? Ada

Kamu ingin makan enak? Resto macam apa sih yang tidak ada di Indonesia? Lengkap banget lho. Segala jenis menu dari berbagai negara ada di sini. Tapi gimana kalau duit mepet dan pengen makan dengan harga sangat murah? Kunjungi warung pinggir jalan, ga sampai 10ribu rupiah bisa kenyang. Keren kan?

Di luar negeri mah gak ada warung tegal dan warung pinggir jalan. Makanan paling murah ya fastfood model McD and KFC. Tiap hari makan begitu mah nggak sehat, ya kan? Kalau makan di warung kan ada sayurnya, ada ikannya. Kaya miskin tetap bisa makan enak dan sehat.

8. Sebenarnya Banyak Lowongan Pekerjaan Dan Potensi Usaha Yang Bisa Digali. Tidak Percaya?

Pernahkah kamu terpikir untuk menjadi pengusaha jamur? Atau kerja menjadi tour guide? Mungkin juga bisa beternak lele atau jualan bubuk bekas kayu yang diserut. Indonesia menjadi surga bagi mereka yang kreatif dan mau mencari pekerjaan apa saja yang mungkin tidak dipikirkan orang lain sebelumnya. Jika halal, kenapa tidak?

Jangan keburu cemberut jika Indonesia tidak semaju negara-negara di Eropa. Masih banyak sisi positif yang bisa diambil. Tetap bangga dan bahagia ya tinggal di Indonesia!

Share
Published by
Admin

Recent Posts

Perempuan Asal NTT Ini Melahirkan Sendiri dan Memutilasi Anak Hasil Hubungan Gelapnya

Tak jarang karena kesenangan sesaat, ada nyawa yang harus direlakan. Seperti yang terjadi di Nusa…

3 months ago

Mahasiswi UI Sekaligus Tiktoker Rahma Azzahra Meninggal Setelah Alami Kecelakaan di Tol

Kabar duka datang dari seorang Tiktoker bernama Rahma Azzahra Putri Hariyadi. Ia meninggal dunia di…

3 months ago

Polemik Uang Konsumsi dan Transport Pelantikan Anggota KPPS yang Diduga Disunat

Pemilihan umum atau Pemilu sudah makin mendekati hari H. Namun, beberapa hari lalu ada dugaan…

3 months ago

Profil dan Rekam Jejak Tom Lembong yang Namanya Mencuat Jelang Pilpres 2024

Nama Thomas Trikasih Lembong, atau lebih dikenal sebagai Tom Lembong, kembali mencuat setelah debat cawapres…

3 months ago

Komika Felix Seda Dikecam Netizen Setelah Lontarkan Pelecehan Verbal kepada Najwa Shihab

Nama komika Felixus Juang Seda, atau lebih dikenal sebagai Felix Seda, tengah menjadi pembicaraan hangat.…

3 months ago

Ada-Ada Saja, Orang Jatim Ini Mau Jual Ginjalnya Buat Modal Nyaleg

Sudah menjadi rahasia umum jika biaya kampanye sangatlah mahal. Kebutuhan kampanye memang membutuhkan banyak biaya.…

3 months ago