Categories: Olahraga

4 Hal Menakjubkan ini Mungkin Akan Terjadi 1000 Tahun Lagi

Hanya dalam jangka waktu 100 tahun, wajah dunia sudah benar-benar berbeda. Peradaban makin maju, teknologi makin canggih, serta pencapaian-pencapaian gila lainnya yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Nah, jika hanya dalam 100 tahun saja sudah demikian banyak perubahan yang terjadi. Kira-kira hal apa saja ya yang bakal muncul 1000 tahun lagi? Yang pasti banyak khayalan kita tentang era masa depan bakal terwujud.

Baca Juga : 5 Berita Palsu yang Sempat Menggegerkan Dunia (Dan Mungkin Masih Dipercayai

1000 tahun lagi, mungkin kita sudah bisa hangout dengan teman alien. Bahkan mungkin cyber city seperti di film-film fiksi sudah jadi hal yang lumrah. Pencapaian di bidang penjelajahan luar angkasa juga pastinya makin menggila. Kira-kira apakah hal-hal tersebut bisa benar-benar terjadi di masa 1000 tahun lagi? Sangat mungkin! Berikut adalah penjelasan logisnya.

1. Alien Sudah Jadi Sahabat

Tak mungkin segala hal akan tetap seperti ini di masa 1000 tahun lagi. Semuanya akan berubah dan berkembang termasuk teknologi transportasi. Bukan hanya yang ada di Bumi, tapi juga kendaraan untuk berjelajah ke alam semesta. Teknologi 1000 tahun lagi pasti sudah mampu menciptakan semacam pesawat berkecepatan cahaya, sehingga manusia bisa wara-wiri antar galaksi.

Mampu mengaruhi alam semesta, tak menutup kemungkinan manusia bakal bersahabat dengan alien [Image Source]
Nah, karena teknologi semacam ini sudah tercipta, dampaknya adalah manusia kemungkinan akan bisa menemukan kehidupan lain selain Bumi. Jika demikian, maka kemungkinan besar pula yang namanya alien sudah bukan mitos lagi. Pada akhirnya manusia Bumi akan bisa menjalin hubungan pertemanan dengan para makhluk ekstraterestrial ini.

2. Masalah Energi dan Lingkungan Teratasi

Hutan-hutan banyak yang sudah habis terbakar, kandungan minyak Bumi juga makin menipis tiap tahunnya. Jika sekarang saja kondisinya sudah seperti itu, lalu apa yang bakal terjadi 1000 tahun lagi? Bayangan kita, tentu saja Bumi sudah tidak rupa lagi. Namun, belum tentu imajinasi buruk ini akan benar-benar terjadi.

Alih-alih jadi tempat gersang, Bumi bakal makin enak ditinggali di masa depan [Image Source]
Lagi-lagi dua masalah ini bakal bisa diatasi dengan bantuan teknologi. Salah satunya adalah dengan penciptaan nanoteknologi. Ya, berbekal teknologi mutakhir ini manusia sudah tidak perlu lagi mengkhawatirkan tentang lingkungan dan juga energi. Nantinya, udara dan air akan bisa dimurnikan, pohon-pohon bisa ditumbuhkan, dan ekosistem alami bisa dibuat. Energi pun sama, nantinya mungkin minyak dan gas bukan lagi jadi pilihan, namun lebih ke pemanfaatan air dan juga sinar matahari.

Membayangkan Bumi seperti di film Wall E memang mengerikan. Tapi, masa depan nanti bisa jadi sangat berkebalikan dengan itu. Ray Kurzweil, seorang ilmuwan kenamaan Amerika, mempercayai jika Bumi malah akan sangat enak ditempati nantinya.

3. Pacaran dan Menikah Dengan Robot? Mungkin Saja

Di banyak film, robot di masa depan sering diceritakan sebagai penghancur manusia. Tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena robot jahat murni spekulasi yang ngawur saja. Tidak menampik kalau robot di masa depan akan luar biasa pintar, namun untuk melakukan semacam kudeta terhadap manusia adalah hal yang tidak berdasar.

Di masa 1000 tahun lagi, bakal susah membedakan mana manusia dan robot [Image Source]
Alih-alih melakukan hal-hal jahat, robot di masa depan akan jadi pembantu manusia nomor satu. Dalam hal apa pun juga, mulai membangun konstruksi, pekerjaan rumah tangga, asisten pribadi, bahkan mungkin juga jadi pasangan hidup. Nantinya para robot akan dikemas menyerupai manusia. Tak cuma dari bentuk saja, tapi hal-hal lain mulai perasaan sampai emosi. Tahun ini saja sudah ada prototype-nya di Jepang. Maka tak perlu ditanya bagaimana mereka di 1000 tahun lagi.

4. Kematian dan Umur Sudah Bukan Lagi yang Ditakuti

Teknologi anti aging mungkin hanya ada di krim atau bedak, namun di masa 1000 tahun lagi bentuknya sudah lain dengan implementasi yang berbeda pula. Nanobot alias mesin berukuran sangat kecil akan jadi andalan manusia untuk kembali meremajakan dirinya. Nanobot ini akan bertugas untuk masuk ke dalam tubuh dan kemudian melakukan banyak hal. Mulai membersihkan sel dari patogen sampai memperbaiki susunan DNA. Alhasil, manusia pun takkan pernah terkena penyakit.

Di masa depan, tua dan kematian bukan lagi sesuatu yang ditakutkan [Image Source]
Perkembangan bioteknologi juga pasti akan makin canggih lagi. Sehingga bisa membuat manusia bisa hidup sangat panjang. Ketika tubuh seseorang mati, maka akan bisa dibangkitkan lagi dengan teknologi biologi. Lewat hal itu pula sel-sel bisa diregenerasi bahkan memori otak bisa dikemas menjadi data dan dipindah. Siklus hidup pun berubah dan kematian bukan lagi sesuatu yang ditakutkan.

Kita yang ada di zaman sekarang mungkin hanya bisa membayangkan saja. Namun, yang pasti masa depan sangat mungkin berjalan seperti ulasan di atas. Namun satu hal yang justru mungkin akan sirna di masa mendatang nanti jika teknologi sudah sedemikian canggih. Ya, apalagi kalau bukan kepercayaan terhadap Tuhan.

Baca Juga : 5 Tanda Paling Kuat Tentang Keberadaan Alien

Masalah apa pun bisa diselesaikan dengan bantuan teknologi bahkan kematian sekalipun. Sehingga tak menutup kemungkinan jika di masa depan nanti manusia akan mulai meragukan esensi dari beragama. Bahkan Tuhan pun akan mereka teliti untuk mengetahui kebenaran sesungguhnya.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago