Trending

Warga Negara China Ukur Tanah di Bekasi, Begini Fakta Sebenarnya yang Terjadi

Warga Jatimulya, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat sedang dihebohkan dengan kegiatan ‘ukur jalan’ yang dilakukan oleh para WNA asal China. Hal tersebut viral melalui sebuah video berdurasi tiga menit yang belum diketahui pihak pertama yang menyebarkannya. Dalam video tersebut tampak seorang lelaki –yang mengakui ketua RT setempat menanyakan pekerjaan yang mereka lakukan.

Namun, alih-alih menjawab, semuanya tak bisa berbahasa Inggris apalagi Indonesia. Belakangan, aktivitas mereka ternyata sebagai pekerja proyek. Lebih dalam fakta tentang para pekerja ini, simak dalam artikel berikut!

Pekerja proyek kereta cepat Jakarta-Bandung

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung [Sumber gambar]
Ketika ditemui oleh ketua RT setempat, para WNA ini berjumlah sekitar empat orang. Mereka memakai kostum pekerja dengan alat ukur digital serta ditemani beberapa pekerja dari Indonesia. Namun, saat ditanyakan apa kepentingannya, para pekerja asal Indonesia juga tak memberikan komentar. Belakangan ini pihak Corporate Communication PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC) mengatakan orang-orang tersebut mengerjakan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Mereka bernaung di bawah  salah satu kontraktor kereta cepat yaitu Sinohydro Co. Ltd (SINOHYDRO).

Kegiatan mereka bukan sekedar mengukur tanah seperti video yang viral

Jangan salah paham dulu, para pekerja asing ini tidak sedang mengukur tanah seperti yang diberitakan. Menurut  Corporate Communication PT KCIC, Febrianto Wibowo mereka melakukan pengontrolan (review control point). Dalam hal ini bisa disebut sebagai benchmark, yaitu memastikan desain konstruksi sudah sesuai dan tepat, jadi bahasanya bukan pengukuran tanah. Control point ini hanya sebatas pengontrolan saja, tidak membangun.

Lurah tidak mendapat laporan perizinan

Tidak diketahui oleh Lurah setempat [Sumber gambar]
Setelah video ini beredar, warga beramai-ramai memprotes tindakan tersebut karena mereka merasa pekerja tak pernah meminta izin akan memasuki wilayah mereka. Pak Lurah pun, Charles Mardianus mengaku tidak tahu menahu jika ada sebuah proyek yang akan dibangun di sana, karena tak ada surat izin –baik lisan maupun tulisan- yang masuk untuk dirinya. Berita ini juga sempat didengar oleh menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri. Hanif memastikan bahwa proyek ini sudah mempunyai kelengkapan dokumen. Bisa dilihat bahwa mereka adalah TKA profesional yang sudah sesuai dengan izin yang diterbitkan Kementerian Tenaga Kerja.

Permintaan maaf dari pihak Corporate Communication PT KCIC

Peninjauan pyoyek oleh Menteri Rini [Sumber gambar]
TKA yang mengerjakan banyak proyek di Indonesia ini menjadi perhatian serius tersendiri dari masyarakat dan DPR RI. Untuk menghilangkan kesalahpahaman, pihak Corportae Communication PT KCIC meminta maaf jika kedatangan para pekerja membuat orang di Jatimulya terganggu dan tak nyaman. Pihaknya memastikan bahwa kegiatan ini dipastikan berjalan dengan lancar sesuai prosedur yang ada.

Banyaknya jumlah tenaga asing yang bekerja di tanah air kerapkali menimbulkan kesalahpahaman, apalagi mereka tidak bisa menanggapi berbagai pertanyaan dari masyarakat. Tetapi dalam kasus satu ini, pihak ketenagakerjaan sendiri tidak menyebut hal tersebut bermasalah.

Share
Published by
Ayu

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

16 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago