in

5 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia Tahun 2015, Indonesia Silakan Bangga!

4. Janet Yellen

Amerika memang negerinya muslihat dan tipu daya, namun kita harus akui jika negara ini memang tempatnya orang-orang hebat di seluruh dunia. Salah satunya buktinya bisa dilihat dari daftar wanita berpengaruh dunia yang mayoritas memang berasal dari Negeri Paman Sam. Selain Hillary dan Melinda,  ada pula sosok Janet Yellen di sana.

Terlihat biasa, tapi ucapannya sangat mempengaruhi perekonomian dunia [Image Source]
Terlihat biasa, tapi ucapannya sangat mempengaruhi perekonomian dunia [Image Source]
Namanya mungkin asing di telinga kita, tapi petuahnya berarti perubahan ekonomi secara global. Yellen adalah gubernur dari bank sentral Amerika bernama Federal Reserve (The Fed) yang merupakan salah satu lembaga keuangan terpenting di negeri demokrasi itu. Keberadaan The Fed bagi dunia juga tak kalah penting karena di tempat inilah suku bunga dollar dimainkan. Seperti yang kamu tahu, dollar adalah mata uang internasional yang keberadaannya penting. Salah satu alasan kenapa ekonomi kita carut marut belakangan juga bisa jadi gara-gara si alumni SMA Brooklyn ini.

Keputusan The Fed di bawah kendali Janet Yellen. Artinya wanita ini lah yang sejatinya mampu menggerakkan ekonomi dunia. Seringkali keputusannya jadi acuan banyak bankir dan ekonom menentukan kebijakan. Sehingga banyak yang mengatakan, jika akan hancur ekonomi sebuah negara jika gagal menerjemahkan kata-kata yang diluncurkan oleh Janet.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Fakta Tentang Pablo Escobar, Raja Kokain Paling Gila di Dunia Tahun 90an

5 Alasan Mengapa Korea Utara Sangat Ditakuti Dunia!