Jujur saja, menulis tentang wanita memang tidak akan pernah membosankan. Boleh kita puas akan ulasan wanita paling cantik, namun sejatinya perempuan tidak hanya tentang fisik saja. Jauh dari itu, para wanita mampu membuat pria terkagum-kagum akan kiprahnya. Apalagi jika levelnya sudah mendunia.

Baca Juga : 7 Wanita Muda Paling Berpengaruh di Dunia!

Forbes beberapa waktu lalu berjibaku dengan statistik dan analisa untuk menerbitkan daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia. Ada beberapa nama yang sudah tidak asing, tapi ada pula yang belum familiar di telinga. Namun yang tak kalah penting, ada kejutan yang akan sedikit mencubit bangsa Indonesia.

Sosok berikut ini memang sudah dikenal di dunia akan pemikirannya yang revolusioner baik di bidang politik, sosial atau ekonomi. Mengingatkan lagi, akan ada kejutan di daftar paling akhir di ulasan ini.

1. Angela Merkel

Berangkat dari remaja jahil namun gemar berpikir, Angela Merkel bertumbuh menjadi salah satu orang paling penting di Jerman. Tiga kali menjadi kanselir atau jabatan setingkat perdana menteri adalah raihan gila yang tidak banyak diraih wanita di dunia. Belum lagi ia adalah doktor fisika kenamaan yang membuat jejak karirnya begitu susah untuk disaingi oleh siapa pun.

Berangkat dari mahasiswa sains, Merkel jadi wanita yang paling berpengaruh di Jerman dan dunia [Image Source]
Berangkat dari mahasiswa sains, Merkel jadi wanita yang paling berpengaruh di Jerman dan dunia [Image Source]
Angela berkali-kali dinobatkan menjadi orang paling hebat sedunia selama 10 tahun terakhir. Hal ini bukan karena asal, atau lantaran Forbes adalah media barat. Merkel benar-benar menunjukkan banyak hal yang layak sekali diapresiasi orang bahkan sebetulnya tak perlu dengan media menulisnya.

Merkel pernah menyelamatkan Jerman dari krisis ketika negara lain kolaps seperti Yunani. Ia juga pernah terlibat secara aktif dalam mediasi Rusia Ukraina. Si jago fisika ini juga pernah mengirimkan bantuan persenjataan kepada pejuang Kurdi. Belum cukup dengan itu, ia juga menjadi yang paling lantang menentang ISIS. Melihat kiprahnya yang seperti ini, memang susah untuk tidak memberikan gelar pertama wanita paling berpengaruh di dunia kepadanya.

2. Hillary Clinton

Tidak usah sungkan untuk mengatakan jika wanita ini sangat cantik untuk ukuran perempuan 67 tahun. Namun bukan hal tersebut yang membuat kita atau Bill Clinton terpesona, tapi lantaran kiprahnya yang tidak biasa untuk wanita Amerika khususnya dan dunia pada umumnya.

Terlepas dari kiprahnya yang fenomenal, wanita ini sangat cantik di usianya yang lebih dari separuh abad [Image Source]
Terlepas dari kiprahnya yang fenomenal, wanita ini sangat cantik di usianya yang lebih dari separuh abad [Image Source]
Meskipun sekarang dikenal sebagai menteri luar negeri, Hillary membangun karir politiknya sedari muda. Sejak berada di High School alias SMA, ia terlibat aktif dalam banyak organisasi. Karir politiknya makin mentereng ketika wanita bernama asli Hillary Diane Rodham ini menikahi Bill Clinton dan jadi First Lady di tahun 1993.

Ibu dari Chelsea Victoria ini terkenal sangat murah hati dan sering membuat kebijakan yang gemilang namun kadang juga kontroversial. Misalnya saja ketika ia dituduh menggunakan email pribadi terkait dengan dokumen-dokumen rahasia Amerika, serta pernah juga menyinggung ISIS yang ternyata sangat berkaitan dengan Amerika Serikat. Hillary rencananya akan maju di pilpres Amerika 2016 nanti dan aroma dukungan kuat untuknya sudah tercium sangat kuat.

3. Melinda Gates

Jika gelar wanita paling dermawan di dunia bisa dikalungkan ke leher seseorang, maka tidak ada yang layak menerimanya selain Melinda Gates. Terlepas lantaran ia adalah istri mantan orang paling kaya sejagat, Melinda memang dikenal sebagai orang yang keranjingan sedekah yang dalam bahasa kerennya disebut filantropis.

Bersama Bill Gates, Melinda sudah membantu banyak sekali mereka yang membutuhkan [Image Source]
Bersama Bill Gates, Melinda sudah membantu banyak sekali mereka yang membutuhkan [Image Source]
Jejak kedermawanannya sendiri mulai makin mencuat ketika ia bersama sang suami membangun Bill & Melinda Gates Foundation. Organisasi ini sudah memberikan banyak sekali donasi dan bantuan yang jika kita baca laporannya mungkin tidak habis dalam semalam.

Baca Juga : Fakta 5 Keluarga Paling Berkuasa dan Berpengaruh di Dunia

Selain tetap aktif memberikan bantuan kepada negara-negara yang membutuhkan, Bill & Melinda Gates Foundation, khususnya Melinda sendiri ingin fokus kepada para wanita di dunia. Ya, wanita berumur 51 tahun itu ingin semua perempuan di dunia bisa makin berprestasi dan berani menunjukkan muka jika mereka bisa sama hebatnya seperti laki-laki.

4. Janet Yellen

Amerika memang negerinya muslihat dan tipu daya, namun kita harus akui jika negara ini memang tempatnya orang-orang hebat di seluruh dunia. Salah satunya buktinya bisa dilihat dari daftar wanita berpengaruh dunia yang mayoritas memang berasal dari Negeri Paman Sam. Selain Hillary dan Melinda,  ada pula sosok Janet Yellen di sana.

Terlihat biasa, tapi ucapannya sangat mempengaruhi perekonomian dunia [Image Source]
Terlihat biasa, tapi ucapannya sangat mempengaruhi perekonomian dunia [Image Source]
Namanya mungkin asing di telinga kita, tapi petuahnya berarti perubahan ekonomi secara global. Yellen adalah gubernur dari bank sentral Amerika bernama Federal Reserve (The Fed) yang merupakan salah satu lembaga keuangan terpenting di negeri demokrasi itu. Keberadaan The Fed bagi dunia juga tak kalah penting karena di tempat inilah suku bunga dollar dimainkan. Seperti yang kamu tahu, dollar adalah mata uang internasional yang keberadaannya penting. Salah satu alasan kenapa ekonomi kita carut marut belakangan juga bisa jadi gara-gara si alumni SMA Brooklyn ini.

Keputusan The Fed di bawah kendali Janet Yellen. Artinya wanita ini lah yang sejatinya mampu menggerakkan ekonomi dunia. Seringkali keputusannya jadi acuan banyak bankir dan ekonom menentukan kebijakan. Sehingga banyak yang mengatakan, jika akan hancur ekonomi sebuah negara jika gagal menerjemahkan kata-kata yang diluncurkan oleh Janet.

5. Sri Mulyani Indrawati

Sama sekali tidak salah baca jika kamu mengeja nama Sri Mulyani di daftar wanita paling berpengaruh di dunia ini. Kami pernah mengulas sedikit kiprahnya yang dramatis dan miris itu. Dulunya Sri Mulyani adalah ekonom handal yang juga merangkap Menteri Ekonomi. Sepak terjangnya layak diapresiasi lantaran berhasil membuat negara ini selamat dari krisis ketika negara lain terancam kolaps.

Bangga, sekali lagi sang wanita tangguh masuk ke dalam daftar membanggakan ini [Image Source]
Bangga, sekali lagi sang wanita tangguh masuk ke dalam daftar membanggakan ini [Image Source]
Keputusannya mengenai Bank Century bukanlah omongan selintutan, melainkan dipikir matang-matang. Walaupun ini yang akhirnya jadi jalan buatnya untuk didepak secara halus di jajaran kementerian. Usai meninggalkan negeri tercinta yang sudah menyudutkannya sedemikian rupa itu, Sri Mulyani digaet bank dunia dan menjadi senior officer di sana. Kiprahnya di organisasi ini pun juga sangat fenomenal dan mendapatkan applause dari banyak pihak.

Tidak ada sosok Indonesia lain di jajaran wanita paling berpengaruh dunia. Jadi, silahkan tanya pada diri sendiri apakah kita harus merasa lega karena sudah tidak mendapatinya di jajaran ekonom dalam negeri, ataukan miris dan menyesalkan aksi beberapa pihak yang membuatnya harus pergi. Terlepas ia adalah sosok paling berpengaruh dunia, Indonesia sebenarnya sangat membutuhkan jasanya. Namun keputusan sudah dibuat, si pemikir fenomenal ini dibuang hanya gara-gara eksekusinya beberapa waktu lalu yang sebenarnya adalah jalan terbaik.

Baca Juga : 7 Wanita Paling Cantik Se-Dunia Tahun 2015, Awas Kesengsem!

Bangga bukan main ketika Sri Mulyani kita masuk ke dalam daftar paling prestisius yang bisa diraih wanita seluruh dunia. Tak perlu khawatir, tahun depan dipastikan namanya juga akan kembali muncul di daftar ini. Selain karena sangat sulit untuk menyamai kiprahnya, bank dunia bukanlah organisasi murahan yang akan dengan mudah mendepak sosok brilian seperti Sri Mulyani. Sehingga dunia masih akan mampu menikmati jasanya yang sangat terasa itu.