in

Ini 5 Waktu Paling Ampuh yang Bikin Pernikahanmu Awet Menurut Tradisi Jawa

Fenomena pernikahan yang terjadi di Indonesia sebenarnya sangat bisa ditandai. Mulai dari ramainya vendor yang dipilih oleh berbagai kalangan, desainer baju pengantin dan make up artist, hingga bulan yang cocok untuk dijadikan hari sakral yang terjadi sekali seumur hidup. Mayoritas pasangan kekasih di Indonesia memilih bulan September dan Desember menjadi hari pernikahan mereka. Agaknya semboyan “September Ceria” ini memang memberi pengaruh besar bagi mereka yang ingin melangsungkan pernikahan.

Namun, jika dilihat lagi, faktor suku yang beragam bisa membuat kesimpulan lain soal fenomena pernikahan di Indonesia. Salah satu suku yang paling teliti dalam memilih waktu untuk melaksanakan pernikahan adalah Jawa. Orang Jawa memiliki keyakinan tersendiri soal waktu agar pernikahan yang terjadi sekali seumur hidup tersebut bisa langgeng. Baiknya kita tilik teladan Jawa untuk menentukan waktu yang baik saat melangsungkan pernikahan dalam ulasan berikut ini.

Bulan Besar

Bulan Besar dalam kalender Jawa merupakan bulan jatuhnya hari raya Idul Adha. Bulan besar dipercaya sebagai bulan paling baik dalam melangsungkan pernikahan, karena pasangan yang menikah akan senang dan dikaruniai keselamatan. Selain itu rezeki yang melimpah juga akan datang kepada mereka yang bisa melaksanakan prosesi pernikahannya pada bulan ini. Sehingga, bulan Besar memang menjadi bulan yang sangat dianjurkan untuk menikahkan dua mempelai.

Siraman [image source]
Tanggal yang cocok bisa disesuaikan dengan hari pasaran atau weton dari masing-masing. Namun, disarankan juga bahwa tanggal 12, 14 atau 5 di bulan Besar merupakan tanggal yang baik. Jadi, sebelum menikah nanti biasakan untuk hitung-menghitung dulu ya, guys, agar bisa senang dan selamat.

Bulan Jumadil Akhir

Dalam kalender Jawa, Jumadil Akhir merupakan bulan keenam setelah Jumadil Awal. Jika Jumadil Awal dipercaya bukan bulan yang baik untuk melaksanakan pernikahan, kebalikannya yaitu Jumadil Akhir lah yang disebut-sebut sebagai waktu yang baik. Hal tersebut dikarenakan kedua mempelai wanita akan mendapatkan kekayaan yang melimpah-ruah. Istilah dalam Primbon Jawa adalah “kaya akan emas dan perak.”

Pernikahan Gibran [image source]
Di dalam kehidupan pernikahan, badai akan tetap menerjang seperti sudah selayaknya. Namun, bagi mereka yang menikah di bulan Jumadil Akhir ini akan diberi kemampuan untuk menyelesaikan hantaman badai dengan cepat sehingga hubungan keluarga bisa segera harmonis kembali. Walau bagaimanapun, bulan Jumadil Akhir juga memiliki tanggal yang paling baik di antara yang lainnya, yaitu 2, 10, atau 14.

Bulan Syawal

Bulan Syawal merupakan bulan jatuhnya hari raya Idul Fitri. Meski banyak yang menyarankan jangan menikah di bulan ini, namun waktu hari raya ini merupakan hari yang baik pula, sehingga masih dianjurkan untuk melakukan prosesi sekali seumur hidup itu. Pasangan yang menikah di bulan ini dapat hidup dengan bahagia di segala kekurangan mereka.

Sungkeman [image source]
Tanggal baik di bulan Syawal bisa ditandai dengan berakhirnya hari raya Idul Fitri. Biasanya banyak orang Jawa memilih tanggal setelah jatuhnya hari raya umat Islam tersebut. Namun, netizen yang ingin mencoba harus tetap waspada, jangan sampai melebihi bulan Syawal karena setelahnya akan jatuh Dulkaidah yang dipercaya akan membuat kedua mempelai sakit-sakitan jika menikah di bulan tersebut.

Bulan Rejeb

Jika banyak orang mengenal bulan Rejeb sebagai tanda akan orang-orang yang banyak berpuasa, sepertinya hal tersebut memang sebuah pertanda. Bulan Rejeb juga merupakan bulan yang baik selain ketiga waktu di atas. Dipercaya bulan Rejeb akan membawa banyak kawan yang datang ketika prosesi pernikahan dilangsungkan, sehingga lebih banyak yang mendoakan agar bahtera rumah tangganya selamat.

Adat Jawa Jogja [image source]
Bulan Rejeb juga bisa membawa keuntungan bagi kedua mempelai. Semisal salah satu dari pasangan tersebut merupakan seorang pedagang, bisa-bisa ia akan selalu beruntung dalam usahanya. Namun, ada beberapa tanggal yang harus dihindari dalam bulan ini jika tidak ingin bernasib sial, yaitu 1, 6, 11, dan 13.

Bulan Ruwah

Urutan bulan Ruwah pas sekali setelah bulan Rejeb, sehingga para mempelai tak perlu khawatir jika sudah berganti bulan, karena akan tetap menjadi waktu yang baik dalam melaksanakan pernikahan. Dipercaya menikah di bulan ini akan mendatangkan keselamatan dan kedamaian dalam rumah tangganya. Namun, akan ada saatnya ketika datang keuntungan yang tidak terlalu besar, sehingga apapun yang datang ke dalam rumah tangganya harus selalu disyukuri.

Adat Jawa Raffi Gigi [image source]
Tanggal yang dipercaya baik untuk menjadi pilihan ada beberapa, yaitu 1, 5, atau 14. Biasanya 13 memang dipercaya sebagai tanggal sial, namun di bulan ini waktu tersebut juga aman untuk melakukan prosesi pernikahan. Namun, walau bagaimanapun hari pasaran atau weton kedua mempelai juga wajib diperhitungkan.

Bagaimana netizen apa sudah tahu sedikit-sedikit soal teladan Jawa untuk memilih waktu pernikahan? Jadi, jangan salah pilih,ya agar pernikahanmu langgeng dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, ilmu ini juga bisa kamu aplikasikan untuk menolong teman-temanmu yang akan menikah, tapi jika masih ada tetua Jawa di kampungmu, hendaknya mereka juga bisa jadi perhitungan untuk menentukan waktu yang tepat, ya.

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Bikin Ngiri! Baru 18 Tahun, Naufal Yazid Udah Jadi Suami Idaman dengan Penghasilan 70 juta Perbulan, Ini Rahasianya

Ini Nih 5 Negara dengan Kuota Internet Termurah, 1 GB Hanya Perlu 5000 Rupiah Saja