in

8 Tips Anti Gugup Ucap Ijab Kabul Ini Wajib Kamu Lakukan Supaya Pernikahanmu Nggak Berakhir Konyol

Dari serangkaian panjang acara pernikahan, yang paling ditunggu-tunggu dan membuat deg-degan adalah prosesi ijab kabul. Konon, bumi dan seisinya terguncang saat para lelaki mengucapkan kalimat ini. Tak ayal, peristiwa hebat itu pun membuat kaum adam gemeteran dan grogi berat sebelum melakukannya. Salah sedikit, ijab kabul yang harusnya sakral dan mengharukan bisa berubah jadi konyol dan ditertawakan.

Ada kasus mempelai pria yang sampai enam kali harus mengulang saking groginya. Suasana pun jadi kacau balau. Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, berikut beberapa tips trik yang harus dilakukan agar ijab kabul bisa dilakukan dengan baik.

Pastikan Menghafal Lafadz Ijab Kabul dengan Baik

Ilustrasi lancar membaca ijab kabul [image: source]
Kesalahan calon mempelai laki-laki umumnya adalah meremehkan lafadz ijab kabul. Memang kalimatnya tidak panjang dan tergolong sederhana. Tapi jika kamu tak menghafalkannya, resiko terjadi kesalahan akan lebih banyak. Juga, perasaan tidak hafal akan membuatmu semakin grogi dan gagap saat berbicara. Untuk mencegah hal ini terjadi, hafalkan dan berlatihlah mengucapkannya dengan teman atau saudaramu. Akan lebih baik jika kamu mau langsung praktek dengan ayah mertua. Agar saat hari H, kamu sudah terbiasa dan melakukannya dengan mudah seperti saat latihan.

Lakukan Olahraga Teratur Minimal Seminggu Sebelum Acara

lari pagi [image: source]
Menurut penelitian, melakukan olahraga ringan seperti lari, renang, atau bersepeda dapat membuat rileks otot-otot yang tegang. Karena sebenarnya, saat seseorang olahraga maka tubuh akan melepaskan hormon-hormon endofin yang memicu munculnya perasaan bahagia dan damai. Kamu bisa mengajak teman-teman, saudara, atau keponakan sehingga olahraga akan lebih menyenangkan.

Pastikan Kamu Tidak dalam Kondisi Lapar

Ilustrasi lapar [image: source]
Prosesi ijab kabul biasanya ditunggu-tunggu dan bakal diperhatikan semua orang. Karena itu, pastikan perutmu tidak kelaparan hingga mengganggu prosesi dengan suara keroncongan misalnya. Selain itu, rasa lapar biasanya membuat seseorang gelisah dan tidak konsentrasi. Karena itu, penting sekali untuk makan, tapi harus diingat makan pun tidak boleh berlebihan.

Bercanda dengan Teman Atau Calon Istri Beberapa Saat Sebelum Acara Akan Membuat Rileks

Pengantin pria dengan teman-temannya [image: source]
Humor dan candaan ringan juga merupakan salah satu hal efektif yang bisa mengurangi ketegangan kamu. Sedikit senyuman dan tawa akan membuatmu lebih percaya diri dan santai. Kalau posisimu tidak memungkinkan untuk bercanda dengan orang-orang, kamu bisa main game ringan atau menonton video lucu. Yang penting, lakukan hal-hal yang tidak menggiring pikiranmu untuk khawatir dan makin gugup.

Nggak Usah Takut Sama Bualan Orang-Orang Tentang Seremnya Ijab Kabul

Ijab Kabul [image: source]
Biasanya, orang-orang akan bertanya padamu apa sudah siap untuk ijab kabul. Nah sembari bertanya hal itu, mereka biasanya sambil menceritakan kehororan seputar ijab kabul. Jangan terlalu dianggap serius, anggap saja apa yang mereka katakan sebagai bentuk perhatian. Sambutlah perkataan mereka dengan membuktikan saat hari H kamu akan melakukannya dengan baik.

Hindari Makanan yang Membuat Peningkatan Detak Jantung

Makanan yang baik untuk mengurangi gugup [image: source]
Banyak yang tidak tahu bahwa mengonsumsi kafein, soda, dan alkohol membuat peningkatan detak jantung. Karenanya, penting untuk sementara menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung hal itu. Sebab peningkatan detak jantung akan membuat rasa gugup meningkat dan konsentrasi buyar. Sebaliknya, beberapa makanan seperti  madu, jambu biji matang, jus anggur, dan lemon balm dapat secara alami mengurangi rasa gugup.

Setelah Habis-Habisan Berusaha, Jangan Lupa Berdoa

Berdoa [image: source]
Berusaha adalah wujud fisik menggapai keinginan. Setelah usai melakukan hal tersebut, doa adalah usaha penyerahan segala upaya yang telah dilakukan pada Tuhan YME. Berdoa pun secara nggak sadar bakal membuat hatimu lebih mantap dan tenang dalam menjalankan segala hal, termasuk prosesi ijab kabul.

Begitu Gugup, Yakinlah Kamu Bisa Mengucapkan Satu Kalimat  Tersebut dengan Baik

Suasana ijab kabul [image: source]
Setelah berbagai persiapan untuk ijab kabul telah kamu lakukan, namun beberapa detik sebelum eksekusi kamu mendadak gugup, berusahalah tenang. Tanamkan keyakinan pada dirimu bahwa kamu sudah siap dan pasti bisa melaluinya. Jangan pernah takut salah, sebab ketakutan malah akan membuatmu tertekan. Tarik nafas dalam-dalam, dan ucapkanlah.

Itulah delapan tips trik yang wajib diperhatikan cowok agar ijab qabul bisa berjalan lancar. Perlu diingat, usaha maksimal akan membuahkan hasil yang maksimal juga ya guys. So, tidak ada salahnya bersakit-sakit dahulu untuk bersenang-senang kemudian. Fighting !!!

Written by Aini Boom

Leave a Reply

Matoa, Buah Langka Asal Papua yang Super Lezat dan Harganya Bikin Dompet Meringis

Bikin Salut, Meski Punya Duit Segudang, Para Orang Kaya Ini Malah Memilih Hidup Kere