Satu lagi prestasi yang dicetak musisi Indonesia. Kali ini, pedangdut yang sedang naik daun, Via Vallen mencetak prestasi dari luar negeri. Ia diberi penghargaan dari International Professional Music Awards atau BraVo Awards 2019 di Moskow, Rusia. Tak hanya menerima penghargaan, Via Vallen juga berkesempatan untuk “manggung” di sana.

Sempat menjadi pertanyaan, bagaimana bisa Via Vallen mendapat penghargaan internasional? Bahkan karyanya saja belum go international—seperti layaknya Agnez Mo atau Cinta Laura. Daripada Sahabat Boombastis terus-menerus bertanya-tanya, dalam ulasan berikut, Boombastis.com akan menjelaskan penyebabnya.

Mengenal lebih dekat ajang BraVo Awards di Moskow, Rusia

Enggak setenar Grammy Awards atau Mnet Asian Music Awards (MAMA) memang penghargaan musik ini. Baru menginjak tahun kedua, tak ayal jika memang belum se-bergengsi itu. International Professional Music Awards alias BraVo Awards ini diadakan setiap tahun di Moskow, Russia.

BraVo Awards 2019 [sumber gambar]
Meski umurnya baru dua tahun, musisi yang diundang dan diberi penghargaan tidak main-main. Tahun ini saja mengundang Michael Bolton, John Travolta, Leona Lewis, hingga Timbaland. Dilansir dari situs resmi BraVo Awards, penghargaan ini memang ditujukan kepada para musisi di sekitar Eurasian (Eropa dan Asia), dan Indonesia menjadi salah satu yang disebut nomor tiga.

Musisi Indonesia sudah lama dipandang oleh BraVo Awards

Sebelum Via Vallen, bukan tidak ada musisi yang telah mendapat penghargaan dari BraVo Awards, Sandhy Sondoro telah lebih dulu berdiri di panggung tersebut. Mungkin, saking banyaknya penghargaan internasional yang didapat Sandhy Sondoro, Sahabat Boombastis jadi enggak notice bahwa pelantun Malam Biru ini juga pernah mendapat trofi yang sama dengan Via.

Musisi Indonesia yang dapat penghargaan BraVo Awards [sumber gambar]
Sandhy Sondoro membawa pulang piala untuk Best Foreign Artist—seniman luar negeri terbaik dalam kategori musik populer. Sandhy pun mendapat banyak ucapan selamat, hingga akun facebook KBRI Rusia pun mengucapkan apresiasinya. Sayangnya, penghargaan apa yang diraih Via Vallen masih belum terkuak hingga saat ini.

Kok Via Vallen bisa dapat penghargaan padahal belum go international?

Jika ditanya seperti itu, bahkan Via Vallen sendiri masih terkejut dengan apa yang telah diterimanya. Dikutip dari kapanlagi.com, Via bercerita dirinya dihubungi via kontak yang ada di instagram. Mengira hal tersebut adalah hoax, Via tak menanggapi, hingga akhirnya ia juga mendapat undangan via situs BraVo Awards 2019.

Via Vallen dapat penghargaan di Rusia [sumber gambar]
Alhasil, Via membalas pesan tersebut dengan memberikan kontak produsernya. Pihak dari tim manajemen Via Vallen pun masih tak percaya bahwa penyanyinya akan menerima penghargaan dari ajang bergengsi, meneruskan prestasi Sandhy Sondoro. Dikutip dari jpnn.com, trofi yang dipegang Via Vallen berpredikat “Special Guest from Indonesia.”

Rencana karier Via Vallen untuk dunia musik internasional

Berhasil membawa pulang trofi BraVo Awards 2019 menandakan bahwa dangdut juga sudah diperhatikan oleh dunia. Meskipun Via Vallen tidak secara langsung merilis single-single-nya dalam dunia internasional, tim dari BraVo Awards telah menyeleksi siapa saja musisi Indonesia yang kariernya patut diperhitungkan.

Rencana Via Vallen Go Internasional [sumber gambar]
Mendapat kesempatan untuk menyanyikan lagu Sayang, Meraih Bintang, dan Selow, Via Vallen rupanya belum kepikiran untuk merilis dangdut versi internasional. “Kalau go international kayanya belum, ya, tapi kalau lagu berbahasa Inggris mungkin, ini Via masih cari penulis yang bagus,” ungkapnya, dikutip dari kapanlagi.com.

 BACA JUGA: Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Patut Berbangga Hati Jadi Fans Berat Via Vallen

Prestasi yang baru saja dicetak Via Vallen memang membanggakan sekaligus bikin super terkejut. Pasalnya, baru kali ini dangdut mendapat perhatian dunia dan bahkan penghargaan. Selamat sekali lagi untuk Via Vallen, telah mewakili dangdut dan musik Indonesia di kancah internasional.