Tahun 2018 adalah waktu di mana karier Via Vallen melambung tinggi. Mulai dari tawaran manggung di berbagai kota hingga luar negeri, sampai ajakan manggung di konser-konser yang ditayangkan secara langsung oleh stasiun televisi. Bukan artis namanya jika kesuksesan kariernya tak berbanding lurus dengan skandal yang ditorehkannya.

Hal ini juga dialami oleh Via Vallen secara pribadi. Banyak hal yang terjadi selama tahun 2018, hal-hal yang tentu merugikan nama Via Vallen di jagat hiburan. Meskipun begitu, dengan usahanya yang tak pernah putus, dukungan dari orang-orang tersayang dan Vyanisty, ia masih bisa eksis sebagai artis hingga sekarang. Apa saja ya skandal yang menghampiri Via Vallen di tahun 2018? Throwback, yuk~

Pelecehan seksual secara verbal oleh pesepakbola Indonesia

Beberapa bulan lalu, tepatnya pada Juni 2018, Via Vallen mengunggah sebuah gambar menghebohkan dalam instagram story-nya. Ia memposting sebuah percakapan dalam DM instagram dengan seseorang yang diduga pesepakbola tanah air. Dalam percakapan tersebut, si oknum menulis “I want you sign for me in my bedroom, wearing sexy clothes.”

Via Vallen [sumber gambar]
Via naik pitam dan mengunggah tulisan tersebut dalam instagram story-nya sembari curhat. Namun, tak semua orang setuju dengan apa yang dilakukan Via Vallen. Nikita Mirzani contohnya, ia menyebut Via lebay menghadapi persoalan ini. Sebab, jika ia merasa dilecehkan secara seksual seharusnya tinggal lapor polisi, bukannya curhat di instagram story.

Lipsync di gelaran opening ceremony Asian Games 2018

Banyak masyarakat yang antusias dengan Via Vallen membawakan lagu tema Asian Games 2018 yang diadakan di Indonesia. Lagu berjudul Meraih Bintang tersebut sangat easy listening sehingga banyak orang yang tiba-tiba ngefans dengan Via Vallen. Ketika opening ceremony pun, penampilannya sangat ditunggu oleh semua pemirsa di rumah.

Via Vallen lypsinc [sumber gambar]
Sayangnya, meski sudah mengenakan setelan yang enggak kalah keren dari yang dikenakannya pada hari ulang tahun NET TV, ia tidak menyanyikan lagu Meraih Bintang secara live. Banyak orang yang kecewa karenanya hingga ia memberikan klarifikasi. Ia menyebut, sang director, Wishnutama meminimalisir kesalahan teknis dengan membuat semua penyanyi lipsync.

Disebut telah menikah dan punya anak

Tak lama setelah skandal lipsync Via Vallen terkuak, ia disebut netizen telah menikah dan punya anak. Hal ini terkait dengan perubahan tubuhnya—netizen menyebut pipinya semakin tembam, dan memiliki badan berisi mengindikasikan dirinya sudah bukan perawan. Tentu apa yang dikatakan netizen termasuk body shamming dan patut dihukum.

Perbedaan Via Vallen dulu dan sekarang [sumber gambar]
Sayangnya, Via Vallen lagi-lagi hanya curhat dan mengklarifikasi hal tersebut di instagram story-nya. Bukan melaporkan mereka kepada pihak berwajib. Padahal, bintang sekelas Via Vallen kemungkinan besar mendapat perhatian dari pihak berwajib terkait kasus-kasus seperti ini. Bukan malah dibiarkan pengaduannya menjadi tumpukan berkas.

Bertengkar hebat dengan Jerinx SID

Gara-gara lagu Sunset di Tanah Anarki, Via Vallen dan drummer Superman Is Dead (SID), Jerinx, berseteru hebat. Jerinx menyebut Via Vallen tak pernah izin untuk mengover lagunya di panggung dangdut. Bukan masalah uang, tetapi makna yang disampaikan dalam lagu Sunset di Tanah Anarki hilang setelah dibawakan oleh Via Vallen.

Via Vallen dan Jerinx SID [sumber gambar]
Tak mau dipojokkan terus-menerus, akhirnya Via buka suara. Ia tetap meminta maaf kepada Jerinx karena tak pernah izin untuk menyanyikan lagu Sunset di Tanah Anarki. Namun, Via Vallen malah salah fokus kepada ucapan Jerinx yang menyebut dirinya fu*king wh*re, bukan tanggung jawab ia sebagai penyanyi untuk menyampaikan makna lagu Sunset di Tanah Anarki.

Menjadi endorser produk kosmetik KW

Skandal terbaru Via Vallen adalah dirinya menjadi endorser produk kosmetik KW. Hal ini disampaikan sendiri oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur, bahwa Via Vallen menjadi salah satu artis endorse produk kosmetik oplosan—yang omzetnya mencapai Rp300 juta per bulan, dikutip dari viva.co.id.

Via Vallen jadi artis endorse produk KW [sumber gambar]
Banyak yang menyayangkan kenapa Via tidak menyaring produk-produk endorsement yang ditawarkan kepadanya. Sebab, produk kosmetik KW ini juga otomatis mematikan pasar di Indonesia sendiri. Terlebih lagi, produk oplosan yang dibuat merupakan brand-brand dari Indonesia seperti Mustika Ratu.

BACA JUGA: Curhat Dirugikan Garuda Indonesia, Via Vallen Malah Disebut Alay dan Pamer oleh Netizen

Mengenai skandal terakhir, Via Vallen belum membeberkan klarifikasinya. Sebab, netizen menyebutnya sebagai artis yang sedikit-sedikit melakukan klarifikasi—terhadap skandal yang menimpanya. Semoga tahun 2019 Vyanisty bisa lega karena idolanya tak lagi tersangkut skandal apapun dan kariernya mulus-mulus saja, ya.