Segala hal yang masih bersinggungan dengan Kim Jong Un dan Korea Utara rasanya memang seru untuk dibahas, meskipun ujung-ujungnya, tetap tidak banyak informasi yang bisa didapat karena negara ini memang memilih menutup diri.

Tak hanya rahasia tentang negara saja yang rapat terkunci, informasi tentang pemimpin diktator mereka pun tak banyak diketahui oleh orang. Saat bepergian atau akan bertemu dengan sosok tertentu, Kim Jong Un sangat teliti sekali. Demi menjaga keamanan dirinya, ia rela melakukan hal yang dianggap sangat aneh berikut.

Para pengiring yang berjalan di samping mobilnya

Bodyguard KIm Jong Un [Sumber gambar]
Kim Jong Un dinobatkan menjadi presiden sejak tahun 2011 lalu, menggantikan ayahnya, Kim Jong Il. Sejak saat itu sampai tahun 2018 kemarin, ia tak pernah sekalipun meninggalkan Korea Utara dan tak pernah bertemu dengan pemimpin dari negara lain. Barulah pada 2018, ia disebut beberapa kali melakukan pertemuan internasional, yaitu dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In, Presiden Tiongkok Xi Jinping serta Presiden Amerika, Donald Trump. Anehnya, sebagai upaya perlindungan diri, Kim Jong Un dilindungi oleh sekitar 12 bodyguard yang berjalan di luar mobilnya. Iring-iringan manusia ini lengkap memakai pakaian serba hitam dan mengikuti ke manapun mobil melaju.

Naik kereta yang dilindungi dengan lapisan baja

Kim Jong Un naik kereta [Sumber gambar]
Kalau biasanya para pemimpin negara lebih memilih naik pesawat terbang karena alasan efisiensi waktu, berbeda halnya dengan Kim Jong Un. Dirinya malah lebih suka naik kereta api, yang pastinya memiliki pengamanan ekstra dan anti-peluru. Tentang alasan mengapa ia tak mau naik pesawat, banyak spekulasi yang beredar bahwa hal tersebut sudah jadi tradisi turun temurun dari kakek dan ayahnya. Selain itu, ada pula yang bilang kalau si Kim Jong Un ini takut ketinggian, jadi tidak berani naik pesawat terbang.

Ke mana-mana bawa toilet sendiri

Penjaga toilet Kim Jong Un [Sumber gambar]
What? Yap, ke manapun pergi, Kim Jong Un selalu membawa toilet pribadinya. Ia tak mau buang hajat di toilet umum atau hotel dan sebagainya. Hal ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan masalah kebersihan loh, Sahabat. Menurut Kim Jong Un, ia sengaja membawa toilet pribadi dalam salah satu mobil berlapis bajanya demi tidak terungkapnya informasi tentang kesehatannya. Ya, kan dari tinja, bisa diketahui penyakit apa yang sedang diderita oleh seseorang. Kalau dipikir-pikir, siapa juga yang mau mengambil kotorannya kan? Ada-asa saja deh!

Membawa mesin pembuat mie sendiri

Kim Jong Un dan Moon Jae In [Sumber gambar]
Sama seperti toilet, saat bepergian, Kim Jong Un membawa mesin pembuat mie sendiri. Kejadian ini pernah terjadi saat ia melakukan pertemuan dengan presiden Korea Selatan, Moon Jae-In. Dalam pertemuan ini, menggunakan mesin pembuat mie milik pribadi, ia meminta kepada kepala koki di Okryu-gwan, sebuah restoran terkenal di Pyongyang untuk membuatkan mie soba dingin  atau naengmyeon. Kira-kira di mobilnya Kim Jong Un ini ada apa lagi ya?

BACA JUGA: 6 Hal Tidak Berguna Yang Dilakukan Kim Jong-un Untuk Memenuhi Hasrat Pribadi

Dengan membawa belasan bodyguard, toilet dan barang pribadi, serta naik kendaraan yang punya pengamanan berlapis, itu membuktikan bahwa pemimpin negara komunis ini memang tak ingin privasinya diusik dan memastikan bahwa ia aman ke manapun perginya. Pertemuan Kim Jong Un dengen beberapa petinggi negara tak lain untuk membuktikan bahwa Korea Utara bisa berdiri tanpa bantuan negara manapun.