Dalam beberapa tahun belakangan, media sosial dipenuhi oleh tantangan atau challenge tertentu yang mengajak para netizen seru-seruan saja. Sebut saja dari ice bucket challenge, bird box challenge, momo challenge, keke challenge, hingga yang paling hits belakangan ini adalah 10 years challenge. Sayangnya, semua tantangan di atas malah banyak dikecam unfaedah bahkan bisa membahayakan nyawa si pelaku.

Berbeda lagi dengan yang baru-baru ini dibicarakan di berbagai medsos, yaitu #TrashChallenge. Tantangan ini maksudnya bukan tantangan sampah yang tidak berguna ya, Sahabat, tetapi tantangan berani membersihkan sampah demi lingkungan dan bumi yang lebih baik. Berbeda dari tantangan yang sudah eksis sebelumnya, challenge kali ini direkomendasikan untuk semua orang.

Siapa yang mengawali #TrashChallenge ini?

Trash Challenge [Sumber gambar]
Tantangan ini viral karena berawal dari dua buah foto yang diunggah oleh salah seorang pengguna facebook bernama Byron Roman. Foto pertama memperlihatkan seorang pria yang duduk santai di atas sebuah kursi dengan sampah yang mengelilinginya. Foto kedua menampilkan area tersebut sudah bersih dengan 9 karung sampah yang tertata rapi. Dalam postingan tersebut, pria itu mengatakan ‘here is the new #challenge’ plus imbauan untuk melakukan hal serupa dengan mengambil gambar before-after membersihkan lokasi bersampah. Tak perlu waktu lama ternyata, tantangan bermanfaat ini langsung viral.

Viral dan dilakukan oleh banyak warga dari berbagai penjuru dunia

Tantangan membersihkan sampah [Sumber gambar]
Berterima kasihlah kepada sang pria yang pertama kali punya inisiatif ini. Berkat ajakannya yang sudah lebih dahulu melakukan, banyak warganet yang berlomba melakukan hal serupa. Mereka mengunggah foto diri dengan lautan sampah, kemudian foto kedua yang sudah bersih kinclong tanpa ada plastik ataupun bekas makanan, dan berbagai macam sampah lain. hal ini ternyata ditiru oleh warga negara dari berbagai penjuru dunia, termasuk salah satunya Indonesia.

Tantangan yang sangat patut dicontoh

Menuju Indonesia bebas sampah [Sumber gambar]
Berbeda dengan tantangan lain yang kadang unfaedah bahkan bisa merugikan, #Trashchallenge ini sangat direkomendasikan untuk ditiru. Kamu bisa melakukannya dimulai dari lingkungan di mana kamu tinggal dulu. Karena hal kecil saja bisa membawa manfaat besar jika dilakukan oleh banyak orang, loh. Tetapi jika kamu memang penggiat atau pelestari lingkungan hidup, tantangan ini bisa dilakukan di hutan, pantai, jalanan atau di sudut manapun yang sampahnya sudah tidak tertolong dan harus dibersihkan.

Manfaat untuk bumi dan  banyak makhluk hidup

Tak ada lagi potret yang seperti ini [Sumber gambar]
Saat ini, bumi kita sudah semakin tua, tak heran jika sampah menggunung ratusan ton masuk ke pembuangan setiap harinya. Dengan adanya #Trashchallenge kita telah melakukan satu usaha untuk menyelamatkan bumi dan juga banyak makhluk hidup yang ada di dalamnya. Bayangkan saja, dengan membersihkan sampah di pantai, ada berapa banyak orang yang bisa kembali menikmati keindahannya? Dengan mengambil sampah di sungai ataupun laut, berapa banyak ikan, penyu, serta makhluk air lain yang sudah kita selamatkan? Tantangan ini tidak hanya untuk kita, tetapi juga untuk alam dan sekitar kita.

BACA JUGA: 10 Potret Pilu Akibat Sampah Ini Benar-Benar Akan Membuat Hatimu Tergugah

Hingga sekarang, sudah ratusan orang mengikuti challenge ini. Mereka adalah contoh nyata manusia yang masih peduli dengan lingkungan. Hmm, setelah #Trashchallenge, kira-kira apa lagi ya tantangan bermanfaat yang bisa kita lakukan. Komen di bawah kalau kalian punya saran ya, Sahabat.