Categories: Olahraga

7 Transfer Pemain Sepakbola Paling Aneh di Dunia

Sepak bola merupakan ladang bisnis yang sangat menjanjikan dalam satu dasawarsa ini dimana gelontoran uang yang banyak menjadi tulang punggung keberlangsungan dari sebuah kompetisi. Salah satu fakta yang meng-amini pernyataan tersebut adalah besarnya uang yang terlibat dalam transfer seorang pemain sepak bola dari musim ke musim yang kian tinggi.

Baca Juga :10 Fakta Mengenai Negeri China Yang Bikin Anda Terbelalak

Saat ini rekor transfer termahal di dunia masih dipegang oleh Gareth Bale yang dibeli klub raksasa Spanyol Real Madrid dari klub Tottenham Hotspurs dengan banderol senilai Rp.1,7 triliun. Namun jika menilik beberapa puluh tahun kebelakang, transfer pemain tak selalu dibanderol dengan uang. Berikut tujuh transfer yang bisa dibilang cukup aneh.

1. Tony Cascarion Dibarter Dengan Peralatan Latihan

Dibeli dari klub lamanya Crokenhill menuju Gillingham pada tahun 1982, pemain timnas Republik Irlandia ini dirumorkan dibeli dengan harga satu potong besi seng.

TONY CASCARINO

Namun Cascarino sendiri mengklaim jika Gillingham membayar dengan ‘beberapa peralatan latihan, baju olah raga dan barang-barang semacam itu’.

Selanjutnya :2. Ernie Blenkinsop Berharga Satu Tong Minuman

2. Ernie Blenkinsop Berharga Satu Tong Minuman

Blenkinsop, seorang pemain tim nasional Inggris yang memiliki caps sebanya 26 kali untuk tim berjuluk “The Three Lions” ini menjadi salah satu pemain dengan saga transfer teraneh di dunia.

ERNIE BLENKINSOP

Kepindahannya dari klub kampung halaman ke Hull City pada tahun 1921 cukup sederhana: dengan sejumlah uang dan satu tong bir untuk menyenangkan mantan rekan satu timnya.

Selanjutnya :3. Transfer Marius Cioara Bernilai 15Kg Sosis

3. Transfer Marius Cioara Bernilai 15Kg Sosis

Marius Cioara seorang pemain sepakbola Rumania yang bermain di posisi bek ini ditukar dengan 15 kilogram sosis babi dalam saga transfernya yang terjadi pada tahun 2006.

MARIUS CIOARA

Pada saat itu Cioara di beli oleh klub Regal Hornia dari UT Arad.
Namun ia memutuskan pensiun satu hari sesudahnya dan klub barunya, Regal Hornia pun meminta sosis mereka kembali. Setelah hari itu, Cioara meninggalkan sepak bola dan memilih bekerja di pertanian Spanyol dan mengatakan bahwa momen tersebut adalah ‘sebuah penghinaan besar’.

Selanjutnya :4. Ian Wright, Legenda Arsenal Yang Dibeli Dengan Satu Set Anak Timbangan

4. Ian Wright, Legenda Arsenal Yang Dibeli Dengan Satu Set Anak Timbangan

Menjadi salah satu legenda klub ternama liga Inggris Arsenal, Ian Wright memiliki kisah unik tersendiri di awal karirnya menuju pemain profesional. Ketika itu bakat Ian yang luar biasa ketika bermain untuk klub lamanya Greenwich Borough terendus oleh manajer Palace Steve Coppel.

IAN WRIGHT

Pada tahun 1985 janjinya hijrah ke Palace ditukar dengan satu set anak timbangan, dan enam tahun kemudian ia menuju Arsenal berkat torehan 117 golnya.

Selanjutnya :5. Gary Pallister Dibeli Dengan Peralatan Latihan

5. Gary Pallister Dibeli Dengan Peralatan Latihan

Sebagai pemain Manchester United, Pallister mengukir prestasi yang cukup dibilang sukses. Namun langkah pertamanya memasuki dunia sepak bola tak terlalu glamor ketika ia memutuskan hijrah dari Billingham menuju tim lokal yang lebih ‘besar’: Middlesbrough di usia 19 tahun.

GARY PALLISTER

Nilai yang diberikan The Boro pada waktu itu cukup mengejutkan jika dibandingkan dengan nilai transfer pemain saat ini yakni hanyalah apa yang terserak di sekitar tenda kamp latihan saat itu. United kemudian membelinya dengan nilai transfer yang menjadi rekor untuk seorang bek kala itu, yakni sebesar 2,3 juta pound di tahun 1989.

Selanjutnya :6. John Barnes Dilego Dengan Satu Set Baju Olahraga

6. John Barnes Dilego Dengan Satu Set Baju Olahraga

Barnes menjadi salah satu pemain yang pernah melakoni saga transfer unik di awal-awal karirnya memasuki dunia sepak bola profesional. Pada tahun 1981 Pemain yang kemudian hari menjadi winger andalan Inggris serta legenda Liverpool ini masih berusia 17 tahun kala membela Sudbury Court, dan manajer Graham Taylor memberinya kesempatan seleksi di tim cadangan Watford.

JOHN BARNES

Terkesan dengan performa Barnes, manajemen Watford memutuskan untuk memboyong pemain ini dari Sudbury dengan transfer satu set baju olah raga. Lima tahun kemudian, Liverpool meminang Barnes dengan mahar 900.000 pound untuk memboyongnya ke Anfield.

Selanjutnya :7. Zat Knight Berbanderol 30 Potong Baju Olahraga

7. Zat Knight Berbanderol 30 Potong Baju Olahraga

Pada tahun 1999 Fulham memboyong seorang pemain belakang klub Rushall Olympic dengan mengirimkan 30 potong baju olah raga ke klub lamanya. Pemain itu adalah Zat Knight, ia memiliki catatan caps untuk timnas Inggris sebanyak dua kali.

ZAT KNIGHT

Meskipun pada saat itu secara teknis Knight berstatus bebas transfer, namun Chairman Fulham, Mohamed Al-Fayed mengirimkan 30 potong baju olah raga sebagai itikad baik.

Baca Juga :10 Peraturan Aneh Bin Ajaib Yang Hanya Ada di Amerika Serikat

Share
Published by
Alfry

Recent Posts

Polemik Uang Konsumsi dan Transport Pelantikan Anggota KPPS yang Diduga Disunat

Pemilihan umum atau Pemilu sudah makin mendekati hari H. Namun, beberapa hari lalu ada dugaan…

3 months ago

Profil dan Rekam Jejak Tom Lembong yang Namanya Mencuat Jelang Pilpres 2024

Nama Thomas Trikasih Lembong, atau lebih dikenal sebagai Tom Lembong, kembali mencuat setelah debat cawapres…

3 months ago

Komika Felix Seda Dikecam Netizen Setelah Lontarkan Pelecehan Verbal kepada Najwa Shihab

Nama komika Felixus Juang Seda, atau lebih dikenal sebagai Felix Seda, tengah menjadi pembicaraan hangat.…

3 months ago

Ada-Ada Saja, Orang Jatim Ini Mau Jual Ginjalnya Buat Modal Nyaleg

Sudah menjadi rahasia umum jika biaya kampanye sangatlah mahal. Kebutuhan kampanye memang membutuhkan banyak biaya.…

3 months ago

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi, Ribuan Warga Telah Diungsikan

Salah satu gunung berapi di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, baru saja meletus. Mengeluarkan…

3 months ago

Kiky Saputri Umumkan Kehamilan Anak Pertamanya Saat Sedang Liburan di London

Kebahagiaan sedang menyelimuti Kiky Saputri dan suaminya, Muhammad Khairi atau yang akrab disapa Poy. Menikah…

3 months ago