in

Ramai #10yearschallenge, Begini Kiprah Ronaldo dan Messi 10 Tahu Lalu Siapa yang Terhebat?

Selain debat yang akan berlangsung Kamis 17 Januari 2019, baru-baru ini Indonesia juga diramaikan dengan challenge bagaimana 10 tahu lalu. Lewat tada pagarnya 10yearschallange, terpantau oleh Boombastis banyak kalangan melakukan tantangan tersebut. Mulai dari artis, mahasiswa sampai pesepakbola. Khusus hal terakhir tersebut banyak nama beken jagad sepak bola melakukannya. Seperti contohnya Paul Pogba, Nemanja Matic dan beberapa lain.

Berangkat dari kejadian berikut penulis akan mencoba membandingkan bagaimana kiprah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi 10 tahun lalu. Siapa kira-kira yang hebat? Ustttttt, tahan dulu jawabanmu, mari bersama buktikan tebakanmu benar atau salah lewat beberapa data dan fakta di ulasan berikut ini. let’s go Boom.

Lionel Messi di 10 tahun yang lalu

Bila dihitung-hitung 10 tahun yang lalu adalah tahun 2009. Dimana ketika sang Bintang Argentina tersebut masuk pada usia 23 tahun. Angka yang untuk pesepakbola adalah sangat belia. Meski masuk kategori pemain muda, namun Messi bukanlah pemain yang bisa dipandang sebelah mata. Bahkan ketika itu ada yang juga menyebut usia tersebut adalah kesempurnaannya di lapangan hijau.

Messi Liga Champions 2009 [Sumber Gambar]
Kiprah Messi sendiri di tahun itu bisa dikatakan gemilang lantaran mampu merengkuh beberapa gelar bersama Barcelona, mulai dari individu sampai untuk tim yang dibela. Gelar individu Messi ketika tahun 2009 adalah top skor dan pemain terbaik Liga Champions dengan sembilan gol, lalu mengoleksi 30 gol dari 34 pertandingan di La Liga. Sedangkan gelar untuk tim yang dibelanya adalah meriah sukses dengan mengangkat trofi La Liga, Liga Champions, Copa del Rey (piala liga Spanyol), Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan mengantarkan Argentina ke Piala Dunia 2010.

Lionel Messi FIFA Ballon d’Or [Sumber Gambar]

Namun dari semua hal itu, kesuksesan Leo tahun 2009 mendapatkan penghargaan Ballon D’Or tentu menjadi capaian besarnya di kala itu. Usut punya usut prestasi tersebut menjadi trofi Ballon D’Or pertama pemain berjuluk si kutu tersebut. Saat ini sepanjang karier di olahraga tersebut, pria 31 tahun ini sudah mendapatkan penghargaan model itu dengan jumlah 5 buah. Menjadi terbanyak bersama Cristiano Ronaldo. Selain itu, 2009 juga menjadi tahun kejayaan Barcelona.

Lalu apa prestasi Cristiano Ronaldo 1o tahun lalu?

Berbeda dengan Lionel Messi tadi, 2009 bisa dibilang menjadi tahun yang bergejolak untuk Bintang Portugal tersebut. Pasalnya ketika itu, ia harus meninggalkan Manchester United, klub yang notabene telah melambungkan namanya di jagad sepak bola Eropa. Kepergian Ronaldo sebetulnya juga meninggalkan luka dimana, ia gagal meraih gelar Liga Champions keduanya kala itu setelah ditaklukkan Barcelona 2-1. Meski pedih, tapi 10 tahun lalu pemain Juventus itu tetap bisa mencatatkan capaian yang bagus.

Cristiano Ronaldo Vs Arsenal [Sumber Gambar]
Seperti menjadi juara English Championships pada musim 2008/2009, lalu di musim sama juga mendapatkan Piala Liga Inggris. Akhir-akhir di Inggris ayah Cristiano Junior ini juga sukses melesatkan 31 gol bersama Manchester United. Selain capaian individu bagus tadi, saat dirinya pindah klub ke Real Madrid, pri 33 tahun ini juga dinobatkan menjadi salah pemain termahal dunia dengan transfernya mencapai 80 Juta Pounds atau setara 1,3 triliun.

Ronaldo Real Madrid 2009 [Sumber Gambar]
Tahun bersama Madrid di musim 2009/2010 juga tidak bisa dikatakan buruk. Meski gagal merengkuh gelar liga, tapi pesepakbola asal Portugal ini sukses menorehkan 33 gol di debutnya bermain di kompetisi Tanah Matador. Seperti halnya Messi tadi, di tahun itu Ronaldo juga sukses membantu Timnas Portugal lolos ke Piala Dunia 2010.

BACA JUGA: Bukan Messi atau Ronaldo, 5 Pemain Inilah yang Memiliki Trofi Terbanyak di Dunia

Begitulah sobat Boombastis beberapa capaian keduanya pada 10 tahun lalu. Kira-kira menurutmu siapa yang terbaik di antara keduanya? Tentu jawabannya bisa di bandingkan sendiri ya. Tapi terlepas dari hal tersebut, 2009 adalah tahun dimana nama mereka mulai menampakkan sinar sebagai pesepakbola yang hebat di olahraga ini. Kira-kira ke depan siapa ya setelah mereka?

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Mengapa Trailer Film Dilan 1991 Rilis Tanggal 17 Januari?

4 Alasan Logis Mengapa Debat Capres Tidak Perlu Dilakukan