Categories: Trending

Ngerinya Tradisi Setrika Payudara di Afrika yang Bikin Miris Hati

Di saat kecantikan menjadi sesuatu yang paling dicari wanita di dunia, perempuan-perempuan di beberapa negara Afrika justru sepakat jika cantik hanyalah beban hidup yang sebisa mungkin harus dihilangkan. Cantik menurut mereka hanya akan membuat pria makin birahi, kemudian langsung berbuat jahat. Dan akhirnya, semuanya pun hancur. Masa depan, kehormatan dan juga mimpi-mimpi.

Hal seperti ini lah yang dipercaya oleh wanita-wanita di Kamerun, Nigeria, atau Afrika Selatan, yang konon jadi korban pelecehan para pria. Makanya, mindset ini pun kemudian diturunkan ke anak-anak perempuannya. Tak hanya itu, para orangtua, khususnya ibu, juga melakukan aksi nyata dengan menghilangkan atribut kecantikan wanita paling menarik di mata pria. Ya, payudara. Tak main-main, para ibu di negara-negara itu menyetrika payudara anaknya yang berusia remaja.

Baca Juga : 6 Ritual Gila yang Masih Dilakukan Oleh Suku-Suku di Afrika Hingga Hari ini

Sangat ekstrem tentu saja. Bahkan terbayang dengan jelas rasa sakitnya seperti apa. Lalu, bagaimana hal ini terjadi?

Alasan Kuat di Balik Praktik Mutilasi Gila ini

Para ibu di beberapa negara Afrika ini begitu mengkhawatirkan nasib anak perempuannya. Terlebih dengan seringnya kasus pemerkosaan terjadi. Maka, tak pelak, para orangtua khususnya ibu, kemudian terpikirkan untuk menyiasati cara jitu agar anak-anak mereka bisa terhindar sebagai korban pemerkosaan. Lalu, akhirnya tercetuslah metode gila yang tidak rasional itu.

Praktik setrika payudara [Image Source]
Menghilangkan payudara dengan cara disetrika, dipercaya para ibu akan mampu membuat identitas anak perempuan mereka samar. Tidak ada bagian yang menonjol, mereka pun dianggap laki-laki dan bakal selamat dari upaya pemerkosaan. Memang baik maksudnya, namun caranya sama sekali kurang beradab. Namun, para remaja wanita seakan tidak punya daya apa pun selain percaya dan menurut saja.

Bagaimana Praktik Kejam ini Dilakukan

Praktik gila ini konon dilakukan jika si anak perempuan mulai tumbuh payudaranya. Caranya sendiri memang mirip disetrika, namun tidak seperti apa yang kita pikirkan. Biasanya, para ibu akan membakar kayu panas untuk kemudian ditempelkan di bagian dada berulang-ulang. Tak hanya kayu, kadang juga menggunakan logam atau batu agar hasilnya lebih cepat meskipun rasa sakitnya jelas lebih hebat.

Peralatan untuk praktik strika [Image Source]
Setelah itu, anak-anak perempuan ini akan dipakaikan semacam korset yang menutupi bagian dada. Korset ini terbuat dari karet dan dipakaikan secara ketat. Sangat ketat, sehingga bagian tubuh mereka yang tertutupi itu takkan pernah tumbuh lagi. Sangat menyakitkan tentu saja, namun anak-anak perempuan di sana percaya jika ini semua demi kebaikan mereka sendiri.

Jutaan Anak Remaja Mengalaminya

Praktik ini dilakukan sudah sangat lama. Mungkin belasan tahun. Alhasil, sudah tidak terhitung lagi berapa banyak anak-anak remaja yang mengalami siksaan sadis demi kebaikan ini. Ada yang bilang jika jumlahnya bahkan mencapai jutaan jiwa. Menurut data resminya, tercatat memang sudah ada 3,8 juta anak yang pernah mengalami perlakuan semacam ini.

Remaja korban setrika payudara [Image Source]
Praktik ini konon sudah mendapatkan banyak pertentangan. Bahkan sudah banyak relawan yang terjun untuk memberikan penyuluhan tentang bahayanya praktik menyakitkan itu. Sayangnya, meskipun sudah dilakukan aksi preventif seperti itu, di beberapa daerah praktik setrika payudara ini masih tetap dilakukan.

Setrika Payudara Sangat Bisa Berakibat Fatal

Maksud hati memang ingin menyelamatkan anak. Namun, para ibu ini tidak tahu jika praktik setrika payudara itu bisa membuat buah hatinya justru mengalami banyak masalah yang lebih besar bahkan menyangkut nyawa mereka.

Penyuluhan tentang bahaya setrika payudara [Image Source]
Ada banyak akibat yang bisa ditimbulkan dari praktik ini. Misalnya luka permanen yang takkan bisa sembuh, kerusakan jaringan yang parah, payudara tidak simetris, demam ekstrem, bahkan konon bisa menyebabkan kanker juga. Akibat yang juga tak kalah merugikan adalah hilangnya pasokan ASI bagi para bayi.

Baca Juga : 7 Dinosaurus ini Dipercaya Masih Hidup Tersembunyi di Hutan Afrika

Pertama kali dikuak ke permukaan, praktik setrika payudara ini langsung menyita perhatian. Ngeri kalau membayangkan anak-anak yang harus menerima siksaan ini. Sampai sekarang belum ada upaya yang benar-benar nyata untuk menghapuskan praktik ini. Jadi, kemungkinan besar makin bertambah pula anak-anak yang harus merasakan sakitnya proses penyetrikaan itu.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

2 months ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago