7 Hal Ini Akan Terjadi Seandainya Toko Konvensional Banyak yang Gulung Tikar

Budaya konsumtif orang Indonesia sekarang sudah mulai menggila

oleh Harsadakara
14:00 PM on Nov 22, 2017

Berita yang mengejutkan datang dari beberapa perusahaan ritel di seluruh dunia, utamanya Indonesia. Bagi boombers yang belum tahu, perusahaan ritel adalah mereka yang menjualkan produknya langsung ke konsumen atau bisa dibilang toko konvensional.

Beberapa waktu lalu sempat terdengar bahwa gerai Ramayana dan Matahari tutup kan? Nah, mereka adalah contoh dari perusahaan ritel. Ternyata, bukan hanya gerai Ramayana dan Matahari saja loh yang tiba-tiba gulung tikar. Supermarket seperti 7-Eleven, Lotus, dan juga toko CD Disc Tarra mengalami hal yang sama. Jika toko konvensional dibumihanguskan, kira-kira apa ya yang bakal terjadi?

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

1. Menjamurnya Online Shop

 

Online Shop [image source]
Hal pertama yang dapat dipastikan terjadi ketika banyak toko ritel tutup adalah jumlah online shop yang meningkat pesat. Hal tersebut dikarenakan banyak konsumen yang tidak memiliki tempat lagi untuk berbelanja selain di online shop. Selain itu, melihat penggemar online shop yang semakin banyak di Indonesia bakal menguntungkan pihak tersebut. Dewasa ini memang banyak orang lebih suka berbelanja online daripada membeli langsung di toko, selain memang mudah juga banyak promo yang diberikan pihak online shop.

2. Banyak Konsumen yang Tertipu

Ilustrasi Tertipu Online Shop [image source]
Tertipu merupakan sebuah hal dasar jika berbelanja di online shop. karena kita tidak bisa melihat barang serta penjualnya secara langsung. Bukan hanya tertipu oleh para penjual yang lari setelah kita transfer sejumlah uang, tapi juga kadang barang yang tidak cocok, ukuran yang salah, maupun tertukar. Memang sudah resiko jika kita tidak membeli barang tersebut secara langsung. Namun masyarakat kita belum siap dengan segala resiko tersebut tapi sudah memberanikan diri untuk menjadi pelanggan setia di online shop.

3. Berkurangnya Interaksi Sosial dan Obesitas

Hangout ke Mall [image source]
Meski banyak online shop yang memiliki fitur chatting serta foto penjual, hal tersebut tidak bisa menjamin kita sebagai makhluk sosial untuk terus mengasah kemampuan bersosialisasi. Merupakan sebuah hal pokok bagi manusia untuk selalu meningkatkan interaksi sosialnya. Menjamurnya online shop akan berdampak kita akan terus menerus diam di rumah sambil melihat layar smartphone setiap hari untuk berbelanja. Tidak ada yang namanya ke mall, janjian dengan orang-orang terdekat untuk shopping bareng lagi. Paling tidak jalan-jalan ke mall hanya untuk sekedar makan dan menyebabkan obesitas jika tak diiringi dengan olahraga yang cukup.

4. Banyak Maskapai Berlomba-lomba Beri Promo ke Luar Negeri

Sering ke Luar Negeri [image source]
Toko ritel yang tutup di Indonesia memang kebanyakan bukan milik negeri sendiri. Seperti 7-Eleven yang merupakan supermarket asli Thailand. Melihat fenomena tersebut, sebagian besar orang akan mencari barang dari toko ritel yang sudah tutup itu hingga ke negeri asalnya. Alhasil, permintaan untuk pergi ke luar negeri meningkat. Hal ini menyebabkan banyak maskapai berlomba-lomba memberi promo ke luar negeri agar meraup keuntungan yang besar pula. Entah hal ini merupakan sesuatu yang positif karena tiket yang semakin murah, atau malah negatif karena perilaku konsumtif orang Indonesia meningkat pesat.

5. Budaya Asli yang Tergerus

Orang Jawa [image source]
Tak jarang orang Indonesia yang memang doyan ke luar negeri. Bahkan sebagian dari mereka memiliki agenda liburan untuk menjajal berbagai Negara. Hal tersebut tentunya membuat perilaku orang menjadi berubah. Misalnya orang Jawa yang ramah akan tergerus kebiasannya jika kebanyakan bertandang ke Amerika, yang notabene orangnya cuek jika tidak memiliki urusan dengan orang lain. Hal tersebut pun akan terbawa ke Indonesia dan sangat bisa dipastikan menular kepada orang-orang di sekitar mereka. Kita sendiri tahu bahwa sebuah kebiasaan itu seperti virus yang gampang menyebar dan menular bagi siapa saja yang berada di dekatnya.

6. Pengangguran yang Bertambah

Pengangguran [image source]
Kita tahu bahwa satu toko ritel bisa memiliki karyawan hingga ratusan. Mulai dari kurir hingga penjaga di toko (SPG). Jika salah satu cabang toko saja tutup, bayangkan berapa orang yang akan kehilangan pekerjaan dan menjadi pengangguran? Tak masalah jika karyawan yang dipecat paksa itu getol mencari pekerjaan yang lain, untuk sebagian lainnya? Belum tentu dengan mudah mereka mendapat pekerjaan yang sama mengingat susahnya mencari pekerjaan pada era ini. Belum lagi mereka yang membentuk aliansi untuk berdemo, bakal makin runyam jadinya.

7. Impor Naik, Pendapatan Indonesia Menurun

Impor Naik [image source]
Hal ini sangat berhubungan dengan kebiasaan orang Indonesia berlibur di luar negeri. Bagi sebagian dari mereka yang malas atau bahkan tidak sempat bertandang ke luar negeri karena kesibukannya akan memilih belanja online dari sana, alias impor akan naik. Permintaan barang luar negeri yang banyak akan merugikan bagi Indonesia karena semakin naik jumlah impor ke dalam negeri, semakin turun pula pendapatan negeri sendiri.

Nah, boombers itulah kira-kira yang akan terjadi jika toko ritel akan gulung tikar dalam waktu dekat. Positifnya memang produk dalam negeri akan semakin meningkat mengingat banyak toko ritel dari luar negeri yang akan ditutup. Namun, melihat bagaimana orang Indonesia zaman now yang sudah keranjingan produk luar negeri, tampaknya mereka akan tetap mengonsumsinya bahkan jika harus bertandang sendiri ke tempat asalnya. Kalau menurut boombers sekalian apa yang akan terjadi jika banyak toko ritel yang ditutup?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA