Sebagian warga Indonesia rupanya senang berkunjung ke luar negeri, bukan hanya untuk liburan saja, tapi juga untuk memperbaiki masa depan di sana. Tidak sedikit jumlah pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan sekolahnya di luar negeri. Hal tersebut juga berlaku sama bagi para artis yang ingin mengembangkan karirnya di sana alias go international.

Sekarang ini, sudah tak bisa dihitung dengan jari lagi para artis tanah air yang berkarir di luar negeri. Meski begitu, beberapa dari mereka ada yang rela mengganti kewarganegaraannya loh! Namun tenang saja, lebih banyak yang masih mau mempertahankan status Warga Negara Indonesianya kok. Inilah sosok mereka.

1. AgnezMo, Tetap Pertahankan Indonesia Meski Sudah Ditawari Masuk Agensi Justin Bieber

Siapa yang nggak kenal AgnezMo? Penyanyi Indonesia pertama yang bertekad bulat untuk go internasional dan akhirnya tercapai. Meski sangat disibukkan dengan aktivitas manggungnya di luar negeri. Ia masih tetap ingat dengan rumah tempat ia bisa menjadi seperti sekarang.

AgnezMo [image source]
Sempat dirinya mau mengubah kewarganegaraannya ketika ditawari bekerja sama dengan agensi Justin Bieber. Namun, pihak tanah air memohon agar AgnezMo tidak melepaskan status WNI-nya. Sampai sekarang ia tetap menyandang status seperti kita semua, Warga Negara Indonesia.

2. Rich Chigga, Rapper yang Dibanggakan Eminem

Meski masih tergolong baru di industri hiburan, nama Rich Chigga malah lebih terkenal di kancah internasional. Bagaimana tidak? Ia bukanlah artis tanah air yang memulai karirnya di sana. Ia hanya ‘iseng-iseng’ mengunggah video dirinya bernyanyi rap di instagram dan youtube.

Unggahan tersebut lalu menarik perhatian seorang musisi luar negeri dan mengajak lelaki 17 tahun yang bernama asli Brian Imannuel ini untuk bergabung bersamanya. Alhasil, nama Rich Chigga sekarang menjadi besar. Meski jarang berada di Indonesia, ia tetap mengaku pada banyak orang bahwa dirinya asli Indonesia dan tak mau mengubah kewarganegaraannya.

3. Mocca, Digandrungi Banyak Remaja Korea

Biasanya, musisi tanah air yang ngetop di luar negeri memang tak dikenal di negeri sendiri. Seperti halnya band beraliran folk jazz ini. Mereka sangat terkenal di Jepang dan Korea, bahkan lagu-lagunya pernah dijadikan soundtrack drama Korea.

Di Indonesia, hanya sebagian anak muda yang ngeh dengan band satu ini. Meski begitu, positifnya, mereka tetap mempertahankan status kewarganegarannya. Meski banyak tawaran di sana sini, mereka tidak tergiur dan membuktikan rasa cintanya terhadap tanah air kita.

4. Sandhy Sondoro, Menang Penghargaan Luar Negeri

Sekarang-sekarang ini kita mengenal Sandhy Sondoro bergabung dengan Glenn dan Tompi dalam Trio Lestari. Siapa sangka jika dulunya ia berkarir di Inggris? Ya, Sandhy Sondoro memang pernah tinggal lama di Inggris dan berkarir di sana, bahkan sempat menyabet banyak penghargaan.

Sandhy Sondoro [image source]
Namun, pada akhirnya Sandhy lebih memilih tinggal di Indonesia dan melanjutkan karirnya di sini. Ia pun tidak membuang kewarganegaraannya pula. Menurutnya, lebih baik di sini, rumah kita sendiri.

5. White Shoes and The Couples Company (WSATCC), Lebih Sering Manggung di Amerika

Keberadaan grup band yang mengusung irama musik jazz tahun 70an ini jarang terlihat di Indonesia. Pasalnya, WSATCC telah menandatangani kontrak dengan labeh musik di Amerika, sehingga mereka kerap manggung di Negeri Paman Sam tersebut.

WSATCC [image source]
Meski begitu, hal tersebut tidak membuat mereka mengkhianati Indonesia dan berpindah kewarganegaraan. Mereka tetap setia pada Indonesia dan selalu membawa nama tanah air ketika sedang menyanyi di luar negeri. Salut deh!

Itulah kelima public figure Indonesia yang mempertahankan kewarganegarannya, meski mereka lebih terkenal di luar negeri. Meskipun begitu masih ada beberapa sosok yang go internasional dan mengganti status kewarganegarannya seperti Anggun dan Cinta Laura. Namun tak masalah bukan, buktinya masih lebih banyak musisi yang tetap bertahan dengan status WNI-nya kok!